Tips Cara Menggunakan TWITTER Terbaru: Lengkap

Tips Cara Menggunakan TWITTER Terbaru : Lengkap - Twitter yaitu salah satu jaringan informasi yang sangat terkenal dan banyak penggunanya dari seluruh dunia, banyak orang beranggapan bahwa twitter sama dengan facebook, namun kenyataannya twitter tidak sama dengan facebook dan sangat berbeda sekali, bahkan twitter tidak digolongkan sebagai sebuah media social atau jejaring social, pembuat twitter sendiri lebih mengkategorikan twitter sebagai jaringan informasi, sedangkan facebook lebih dikategorikan sebagai situs media jejaring social, diantara kedua situs terkenal tersebut saya kira keduanya memiliki kelebihan masing-masing, kalau kita tau cara penggunaanya maka kita akan seru memainkannya.

Selain itu untuk dapat menggunakan twitter sepertinya sangat jauh berbeda dengan menggunakan facebook, langkah pertama supaya anda bisa mengetahui cara memakai twitter terlebih dahulu anda harus memahami istilah-istilah sering digunakan oleh para penggunanya, ingat twitter sangat berbeda sekali dengan facebook, jadi anda jangan berfikir ketika anda bisa facebook maka belum tentu anda akan bisa memakai twitter, oleh alasannya yaitu itu yang pertama kali perlu anda ketahui yaitu isitlah dasar twitter, dengan mengerti istilahnya saya yakin setelah itu anda akan mengerti bagaimana cara memainkannya dan mengoperasikannya dengan baik.

Tips Cara Menggunakan TWITTER : Baru, Lengkap & detail
  Site-seeker.com

Sub Pokok Bahasan dalam artikel Ini yaitu sebagai berikut:

1. Cara Daftar Twitter
2. Memahami Istilah Dasar Twitter
  • Apa itu Tweet
  • Apa itu Mention @
  • Apa itu Hastag #
  • Retweet RT
3. Memahami istilah pertemanan dalam twitter
  • Pengertian Follower
  • Pengertian Following
 4. Memahami tampilan dasar twitter,
  • Menu dalam twitter dan akomodasi yang ada didalam twitter (Beranda, Notifikasi, pesan, #Discover)
5.Cara Mengoperasikan twitter
  • Bagaimana cara membuat Tweet
  • Bagaimana cara Mention
  • Bagaimana cara Membuat hashtag
  • Bagaimana Cara ReTweet RT
6.  Seting dan konfigurasi dasar twitter
  • Cara Mengganti bahasa
  • Cara Mengganti Foto Profil

1. CARA DAFTAR TWITTER

Tentunya yang paling pertama sebelum kita bahas bagaimana cara menggunakan twitter, anda diharuskan memiliki akun twitter terlebih dahulu, untuk daftar akun twitter silahkan anda jalan masuk cara daftar membuat akun twitter terbaru lengkap.
Anda juga bisa baca perihal Layanan email untuk daftar twitter atau facebook

2. MEMAHAMI ISTILAH DASAR TWITTER

Sebelum anda mengetahui cara menggunakan atau bermain twitter, yang perlu anda pahami yaitu istilah dasarnya terlebih dahulu, untuk Memahami istilah dasar di twitter secara detail dan terperinci anda bisa membaca artikel saya perihal Mengenal Kode dan Istilah Twitter (RT,#,@) : lengkap, namun disini saya akan ulas kembali dan jelaskan sedikit mengenai istilah dasar yang sering digunakan di twitter sebagai berikut:

a. Tweet
Tweet yaitu isitlah lain dari membuat status, kalau di facebook lebih dikenal dengan update status sedangkan di twitter lebih dikenal dengan istilah tweet.

b. Reply dan Mention (@)
Reply yaitu istilah untuk membalas tweet seseorang, atau di facebook lebih dikenal dengan istilah, komentari, di twitter untuk membalas seseorang akan menggunakan mention (@nama_alias akun pengguna twitter), Mention juga digunakan untuk menuliskan status ke wall twitter yang memiliki nama mention tersebut,  pengguna twitter biasanya memiliki nama alias yang didahului oleh tanda @, misal nama akun twitter saya Didin Ajidin nama alias saya yaitu @didinajidin, nama alias tersebut dapat digunakan untuk saling mengirim status ke wall twitter yang bersangkutan. kalau di facebook untuk menulis status di wall sobat kita harus mengunjungi frofil sobat tersebut kemudian kita menulis status di wall sobat kita tersebut, beda halnya dengan twitter, untuk menulis di wall pengguna twitter lain kita cukup menyertakan nama alias di tweet atau status yang kita buat.
Misal anda membuat tweet dengan isi @didinajidin hello apa kabar, maka tweet anda tersebut akan muncul di wall twitter saya, selain itu mention juga digunakan untuk membalas komentar.

c.ReTweet (RT)
Retweet yaitu membagikan tweet seseorang, kalau difacebook dikenal dengan istilah bagikan status, ditwitter lebih dikenal dengan istilah Retweet, kalau anda meretweet status twitter seseorang maka status twitter tersebut akan bisa dilihat orang yang menjadi follower kita dan juga muncul pada halaman beranda kita.


3. MEMAHAMI ISTILAH PERTEMANAN DALAM TWITTER

Didalam facebook kita mengenal istilah pertemanan, untuk menambah sobat kita bisa mengajak untuk berteman atau kita diajak untuk berteman, kalau kita mengajak berteman anggota facebook lain maka kita akan menjadi sobat kalau anggota yang kita ajak untuk berteman mengkonfirmasi undangan pertemanan kita, begitu juga kalau kita diajak untuk bertemanan kita akan menjadi sobat orang tersebut kalau kita mengconfirmasi undangan pertemanan mereka.

Namun Lain halnya dengan twitter, twitter tidak mengenal istilah pertemanan, di twitter untuk itilah yang ibarat dengan pertemanan lebih dikenal dengan follower (yang mengikuti) dan following (yang diikuti),

a. Follower
Follower adalah, anggota lain yang mengikuti kita (difacebook dikenal dengan diajak anggota lain untuk berteman), di twitter untuk menjadi follower tidak ada istilah konfirmasi, jadi kalau ada anggota lain yang memfollow kita secara otomatis anggota tersebut akan menjadi follower kita dan jumlah follower kita akan bertambah. status atau tweet yang kita buat akan muncul pada beranda twitter anggota tersebut dan tidak sebaliknya.

b.Following 
Following adalah, kita yang mengikuti anggota lain (didalam facebook lebih dikenal dengan istilah, mengajak anggota lain untuk berteman), di twitter untuk menjadi following tidak perlu ada konfirmasi dari anggota yang kita ikuti, kalau kita memfollow anggota lain maka jumlah following kita akan bertambah, dengan begitu setiap status atau tweet yang dibuat anggota tersebut akan secara otomatis muncul pada halaman beranda twitter kita, dan tidak sebaliknya.

4. MEMAHAMI TAMPILAN DASAR TWITTER

Setelah anda memahami istilah-istilah dasar twitter diatas, selanjutnya kita sebaiknya memahami tapilan dasar dari twitter dan fungsi dari masing-masing akomodasi dan manfaat yang tersedia didalamnya, berikut saya uraikan secara lengkap dan terperinci mengenai tampilan dasar dari twitter

Silahkan lihat gambar tampilan twitter berikut:

Tips Menggunakan Twitter terbaru cepat dan lengkap
Gambar Tampilan dasar Twitter

Dari tampilan dasar twitter diatas, berikut bagian-bagian penting yang harus anda pahami:

I. Fasilitas Menu Utama

Coba lihat tampilan dasar twitter diatas untuk kotak menu utama, menu utama dalam twitter terdiri dari Menu dibawah ini:

a. Menu home, yaitu menu untuk menuju halaman beranda anda, kurang lebih akan terlihat ibarat gambar diatas.

b. Menu Notification / Notifikasi.
Menu Notification yaitu menu yang digunakan untuk melihat para pengguna twitter yang me mention anda didalam tweet atau statusnya, setiap kali ada anggota lain baik itu follower anda maupun bukan pemberitahuannya akan muncul di menu notification tersebut.

c. Menu Messages / Pesan.
Menu Messages yaitu menu untuk mengelola pesan, baik itu menulis pesan kepada anggota lain atau membaca pesan dari anggota twitter lain.

d. Menu #Discover / Temukan
Menu discover digunakan untuk melihat segala sesuatu yang dianggap paling baik menurut twitter, twitter memiliki algoritma tersediri untuk menampilkan informasi terbaik untuk anda. beberapa yang bisa kita temukan melalui menu ini terlihat ibarat gambar sebagai berikut:

Fungsi menu Discover pada twitter

Berdasarkan tumpuan yang disajikan tutorial twitter mengenai  menu discover yaitu sebagai berikut:

-Tweet, digunakan untuk menerima informasi mengenai tweet atau status pengguna twitter yang paling menarik.

-Aktivitas, digunakan untuk melihat banyak sekali macam acara menarik twitter.

-Untuk Diikuti, digunakan untuk menemukan pemilik akun-akun twitter pilihan yang bisa anda ikuti.

-Temukan teman, menemukan sobat yang bisa anda ikuti atau follow berdasarkan informasi kontak email dari banyak sekali penyedia, yahoo, google maupun outlook.

-Akun Populer, menemukan pemilik akun-akun paling populer yang bisa anda follow.


II. Fasilitas Kontak Pencarian

Sekarang coba anda lihat gambar tampilan dasar twitter diatas untuk kotak pencarian, kontak pencarian digunakan untuk mencari segala sesuatu perihal pemilik twitter, untuk melaksanakan pencarian anda bisa ketik dengan menggunakan nama orang maupun nama alias untuk anggota yang anda cari yang didahului dengan abjad @.

III. Fasilitas Kontak Profil

Kotak profil digunakan untuk mengatur dan mengelola profil anda, segala sesuatu mengenai setingan twitter anda bisa di atur melalui kotak profil tersebut.

IV. Tombo Tweet

Tombol yang digunakan sebagai alternatif untuk membuat status atau tweet anda. untuk membuat status tweeter anda bisa menggunakan tombol tweet tersebut, atau anda bisa menuju menu beranda dan membuat twitter menggunakan kitak isisn yang disajikan pada menu beranda ibarat layaknya membuat status di facebook.

V. Informasi Counter

Coba anda lihat gambar tampilan dasar twitter diatas untuk kotak counter, Informasi counter yaitu informasi yang bisa kita lihat, kalau kita memilih menu home / beranda, terletak di sebelah kiri layar, informasi counter menunjukkan info perihal jumlah tweet, jumlah follower dan jumlah following, counter mengindikasikan sebagai tanda jumlah follower anda atau jumlah following anda, informasi yang ditampilkan yaitu sebagai berikut: 


a.Jumlah Tweet
Jumlah tweet mengambarkan jumlah status yang kita buat selama kita bergabung dengan twitter.

b. Jumlah Follower
Jumlah Follower, Menunjukan jumlah follower anda atau anggota lain yang mengikuti anda

c. Jumlah Following
Jumlah Following, Menunjukan jumlah following anda atau jumlah anggota lain yang anda ikuti.

 VI. Fasilitas Untuk Membuat Tweet/Status

Coba lihat gambar tampilan dasar twitter diatas untuk kotak akomodasi membuat tweet/status, kotak diatas yaitu untuk membuat tweet atau status, jumlah tweet yang harus anda masukan maksimal 140 karakter, ini yang membuat twitter berbeda dengan facebook, untuk membuat status di facebook jumlah abjad yang bisa kita masukan lebih banyak kalau dibandingkan dengan twitter, dan itu yang membuat informasi setiap status twitter lebih informatif dan lebih cepat untuk hingga dan tersebar diseluruh dunia.
Untuk Membuat status di tweeter sama halnya ibarat facebook kita bisa melibatkan unsur multi media ibarat gambar didalalamnya, dan juga lokasi.


VII. Fasilitas Wall Status

Coba lihat lagi gambar tampilan dasar twitter diatas untuk kotak wall status, wall status yaitu daerah tampilnya status-status dari anggota- lain yang anda ikuti, setiap anggota lain yang anda ikuti atau following anda, statusnya akan muncul di wall status tersebut.

5. CARA MENGOPERASIKAN TWITTER

Setelah anda mengerti mengenai istilah dasar twitter dan juga memahami tampilan dari twitter, kini saatnya anda mengetahui cara mengoperasikan atau menggunakan twitter secara terperinci. gotong royong dalam menggunakan twitter ada beberapa bab yang sering digunakan pengguna twitter diantaranya yaitu sebagai berikut:

a. Cara Membuat Tweet atau status

Cara membuat tweet atau status di twitter bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama bisa menggunakan tombol Tweet, atau menggunakan Input kotak status pada halaman beranda ibarat halnya kotak update status di facebook, tampilannya kurang lebih ibarat gambar dibawah ini:

Cara membuat Tweet atau status gres di twitter

Silahkan anda tuliskan tweet atau status anda pada kotak yang disediakan ingat gunakan kalimat se efektif dan seinformatif mungkin karena, abjad yang bisa anda masukan hanya 140 abjad saja, selain goresan pena anda juga bisa menyertakan gambar atau foto, untuk menyertakan foto pada tweet anda silahkan anda tekan Tombol Tambahkan Foto, dan untuk menambahkan lokasi silahkan anda tekan Tombol Tambahkan Lokasi, kalau tweet yang anda buat sudah selesai silahkan tekan Tombol Tweet.

Tweet anda ibarat halnya status di facebook, namun kalau di facebook status bisa dilihat oleh setiap anggota facebook yang menjadi sobat anda, sedangkan di twitter tweet atau status yang anda buat hanya akan bisa dilihat oleh anda dan setiap anggota twitter yang menjadi follower anda.

b. Cara Membalas (Reply) Twitter

Untuk membalas status di facebook kita mengenalnya dengan nama balas atau komentari, ditwitter untuk istilah serupa tersebut lebih dikenal dengan sebutan Reply. untuk membalas tweet following anda, anda bisa menggunakan tombol tweet yang lokasinya persis dibawah status atau tweet yang anda ingin komentari, ibarat terlihat pada gambar dibawah ini:

Cara Reply atau mengomentari tweet di twitter

Untuk Reply atau mengomentari tweet following kita silahkan tekan tombol reply ibarat terlihat pada gambar diatas, komentar yang kita masukan akan di lengkapi dengan @nama_alias dari pemilik  tweet yang kita komentari, ibarat terlihat pada gambar diatas, saya mengomentari Metro TV dengan nama alias @Metro_TV, jawaban yang kita buat akan bisa dilihat oleh semua anggota yang menjadi pengikut metro tv tersebut, juga dapat dilihat oleh follower kita.

c. Cara ReTweet (RT) atau membagikan status

Membagikan status twitter atau tweet seseorang di twitter lebih dikenal dengan istilah ReTweet, sedangkan di facebook lebih dikenal dengan istilah bagikan. untuk re tweet status di twitter dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

Cara Retweet atau membagikan tweet di twitter

Untuk Membagikan Komentar anda tinggal menekan tombol Retweet ibarat terlihat pada gambar diatas, tweet dari following anda yang anda bagikan atau retweet akan dapat dilihat oleh semua follower anda dan juga bisa dikomentari oleh semua follower anda.


d.Cara Menggunakan Mention @

Mention digunakan untuk melibatkan user twitter tertentu didalam status yang kita buat, anggota twitter yang dimention akan bisa membaca status / tweet yang kita buat, artinya kalau kita membuat status mengandung mention didalamnya maka status tersebut akan bisa dilihat di menu notification orang yang kita mention, untuk membuat status mention kita bisa melibatkan @nama_alias anggota yang kita mention.

Misal kita membicarakan farhat abas dengan user alias @farhatabaslaw didalam tweet yang kita buat, maka status tweet yang kita buat harus mengandung @nama_alias dari farhat abas tersebut seperti:
@farhatabaslaw sangat pupuler alasannya yaitu tweetnya kontroversial.
Tweet diatas otomatis akan terlihat dan akan ada pemberitahuan ke menu notofication farhat abas, kita bisa melibatkan lebih dari 1 mention didalam status twitter yang kita buat namun jangan terlalu berlebihan alasannya yaitu mention juga akan dihitung sebagai abjad dari 140 abjad maksimal yang diperbolehkan untuk setiap status atau tweet yang kita buat.
Sebenarnya fungsi utama mention yaitu supaya Orang yang dibicarakan bisa memantau dimana, oleh siapa dan berapa banyak dirinya dibicarakan

f. Cara Menggunakan Hastag #

Hashtag yaitu Kata yang dikombinasikan dengan tanda # didepannya, hashtag bisa kita gunakan dan kita letakan didalam tweet yang kita buat, dan sifatnya opsional boleh ada boleh tidak didalam tweet, fungsi dari hastag yaitu mengklasifikasikan atau mengelompokan tweet yang kita buat. semakin banyal orang yang melibatkan salah satu hashtag di setiap tweet yang mereka buat maka hashtag yang bersangkutan akan menjadi trending topik atau topik terpopuler, misal kita membuat hashtag didalam tweet atau status twitter yang kita buat ibarat pola dibawah ini:
Luar biasa lagi #sakitnyakudisini sangat populer mengalahkan lagu-lagu agnes mo.
Status twitter yang diatas yaitu pola status twitter yang kita golongkan untuk #sakitnyatuhdisini, semakin banyak orang melibatkan hashtag #sakitnyatuhdisini di setiap tweet yang mereka buat maka hashtag tersebut akan semakin populer dan bisa menjadi tranding topik twitter.

Anda bisa menggunakan hashtag apapun ciptaan anda sendiri di tweet yang anda buat atau anda juga bisa melibatkan hashtag yang sedang populer, namun jangan terlalu berlebihan juga alasannya yaitu hastag akan dihitung juga sebagai karakter.

6. SETING DAN KONFIGURASI DASAR TWITTER

Seting atau konfigurasi digunakan untuk mengelola segala sesuatu yang berkaitan dengan akun twitter, dari mulai password tampilan, foto, data profil maupun merubah bahasa. seting atau konfigurasi perlu anda lakukan sehingga akun twitter anda sesuai dengan yang anda harapkan, anda bisa melaksanakan konfigurasi melalui menu yang disajikan dalam kotak profil anda, apapun konfigurasi yang akan anda lakukan semuanya terletak pada menu profil anda, terletak di pojok kanan atas, setelah kotak pencarian, atau menu kotak foto anda yang terletak antara akomodasi pencarian dengan tombol tweet:

Menu Profil Twitter

Berikut beberapa konfigurasi dasar yang bisa anda lakukan:

a. Merubah /Mengganti Bahasa Twitter

Bahasa twitter secara bawaan yaitu berbahasa inggris namun twitter sendiri menyediakan banyak sekali bahasa didunia yang bisa anda pilih diubahsuaikan dengan kebutuhan anda, kalau anda merubah bahasa maka tampilan bahasa di akun twitter anda akan berubah sesuai dengan bahasa yang anda pilih, berikut yaitu langkah-langkah cara merubah bahasa menjadi bahasa indonesia:

Silahkan klik menu profil twitter anda, pada menu yang muncul pilih submenu pengaturan seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Konfigurasi Twitter merubah bahasa

Pada halaman yang ditampilkan silahkan anda cari Bahasa dan pilih bahasa indonesia, atau anda juga bisa memilih bahasa yang anda kehendaki.

b. Mengganti Foto Profil

Untuk Mengganti foto Profil, silahkan anda pilih menu profil ibarat diatas, kemudian pilih submenu lihat profil ibarat terlihat pada gambar dibawah ini:

Mengganti Foto Profil di Twitter

Kemudian pada tampilan berikutnya silahkan anda tekan Tombol Edit Profil yang letaknya di bawah gambar sebelah kanan layar anda, terlihat ibarat gambar berikut:

Edit ganti foto profil twitter

Kemudian pada tampilan berikutnya, silahkan anda download atau upload foto profil anda.

Sebenarnya masih banyak konfirgurasi twitter yang bisa anda lakukan melalui menu profil anda, namun sepertinya saya tidak akan terlalu detail dan panjang lebar menjabarkannya, apa yang diuraikan melalui artikel ini yaitu dasar-dasar yang saya sajikan dengan singkat-jelas, padat, yang dianggap penting untuk panduan anda berguru memahami twitter, sehingga diperlukan dengan membaca artikel diatas, anda sebagai pemula khususnya bisa mengerti dan pada kesannya bisa dan bakir untuk bermain dan mengoperasikan twitter.

Demikian artikel tentang  Tips Cara Menggunakan TWITTER Terbaru Anda pasti bisa, semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Cara Menggunakan TWITTER Terbaru: Lengkap"