Cara Setting Feedburner yang benar di blogspot

Untuk anda  yang sering berinteraksi dengan dunia blog barangkali anda tidak absurd lagi dengan istilah rss feed dan juga feedburner, keduanya sangat berkaitan, namun sebelum kita bahas lebih jauh mengenai  cara setting feed burner yang benar untuk blog, alangkah baiknya kita ulas  sedikit mengenai apa itu rss feed dan apa itu feedburner.

RSS Feed yakni salah satu akomodasi yang dimiliki oleh setiap blog baik itu blog berfaltform blogspot, wordpress maupun blog lainnya, rss feed biasanya disajikan dalam bentuk file xml yang umumnya digenerate secara otomatis oleh mesin blog yang bersangkutan.

rss feed dibuat untuk memfasilitasi blog semoga dapat mendistribusikan konten artikel postingan blog secara mudah ke setiap pelanggan blog yang bersangkutan.
cara setting feedburner yang benar di blogspot
Sedangkan  Feedburner,  yakni salah satu tool online milik google yang dapat digunakan untuk mengelola dan mengatur  segala hal yang berkaitan dengan feed yang dimiliki oleh sebuah blog,  tool ini dapat memodifikasi tampilan feed serta membantu memfasilitasi para pembaca setia blog untuk berlangganan melalui akomodasi subcriber feedburner.

Alasan Feed blog Harus menggunakan Feedburner ?

Banyak sekali tool online pihak ke3 yang dapat digunakan untuk feed blogspot, sesungguhnya untuk blog berflatform blogspot, Pengelola feed memang fasilitasnya sudah disediakan secara terbatas, oleh alasannya itu semoga feed blog dapat dikelola secara maksimal, kita mampu menggunakan tool pihak ke 3 yang khusus dapat mengelola feed blog lebih baik salah satunya yakni feedburner.

 Beberapa alasan feed blogspot harus diintegrasikan menggunakan feedburner yakni sebagai berikut:

1. Agar Feed blog dapat dikelola secara Optimal
Dengan mengintegrasikan feed blog dengan feedburner, maka tampilan feed dapat dimodifikasi dan diubahsuaikan dengan kebutuhan, salah satunya yakni anda mampu mengatur feed semoga setiap artikel dapat menampilkan beberapa aksara saja ketika blog diakses melalui rss feed, sehingga mampu meminimalisir pencurian artikel lewat rss feed.

Artikel terkait: Cara memperpendek RSS Feed untuk keamanan blog


2. Agar dapat menggunakan akomodasi subcriber feedburner
Dengan mengintegrasikan feed dengan feedburner, anda mampu menggunakan akomodasi subcriber yang disediakan feedburner, subcriber berupa aba-aba widget yang dapat dipasang pada blogspot anda.

Widget Subcriber yang anda pasang dapat memfasilitasi pengunjung blog anda untuk berlangganan artikel blog anda. untuk berlangganan mereka dapat memasukan email aktif milik mereka, setiap kali anda membuat artikel maka secara otomatis feedburner akan mendistribusikan artikel anda lewat email ke pelanggan blog anda.

Bagaimanakah Seting Feedburner yang benar untuk blog berflatform blogspot?

Untuk mengintegrasikan Feedburner dengan blog berflatform blogspot memang tidaklah sulit, yang pertama yang harus anda lakukan adalah, anda harus memiliki akun feedburner terlebih dahulu, alasannya feedburner ketika ini yakni milik google, maka untuk memiliki akun feedburner cukup dengan email google anda tinggal login menggunakan email google yang anda miliki.
Adapun langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

Langkah #1 - Registrasi RSS blog anda di feedburner

Untuk mendaftarkan rss blog di feedburner langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

a. Silahkan menuju situs feedburner.com
Jika anda sudah login di blog anda menggunakan email google maka ketika situs feedburner anda saluran anda otomatis sudah dalam keadaan masuk akun feedburner.

b. Pada halaman utama feedburner, silahkan masukan alamat rss feed blog anda.
Untuk blog berflatform blogspot alamat rss feed blog biasanya terletak di
nama_blog.blogspot.com/rss.xml.

Misal alamat blog saya yang akan saya integrasikan dengan feedburner yakni javaharcode.blogspot.com, maka alamat rss blog tersebut adalah: javahardcode.blogspot.com/rss.xml.

Silahkan masukan alamat rss blog anda ibarat ilustrasi diatas, terlihat ibarat gambar dibawah ini:

mendaftarkan rss blog ke feedburner


c. Tekan tombol next untuk ke tampilan berikutnya, kurang lebih akan tampil ibarat gambar dibawah ini:
cara daftar feedburner

Silahkan anda masukan feed title sesuai dengan harapan anda, misal, saya masukan title untuk judul feedburner blog saya, "Java Hard Code Depelover".

Kemudian masukan juga FeedAddress, feed address sebaiknya jangan mengandung space, feed address ini akan menjadi alamat feedburner anda untuk anda integrasikan dengan feed blog anda, silahkan anda masukan  Feed address dengan alamat feed yang mudah diingat

Misal untuk feed address punya saya, saya masukan javahardcode, ibarat terlihat pada gambar diatas.

Silahkan tekan tombol "Next" untuk ke tampilan berikutnya:

d. Di tampilan berikutnya anda akan menerima isu alamat feedburner blog anda ibarat terlihat pada gambar dibawah ini:

Cara daftar feedburner untuk blog
Seperti terlihat pada gambar diatas, alamat feedburner blog yang saya daftarkan adalah: http://feeds.feedburner.com/javahardcode, Silahkan anda catat alamat tersebut, alamat ini nanti akan digunakan di pengaturan feed akun blogspot anda. 

Jika sudah silahkan tekan tombol "Next" untuk ke tampilan berikutnya.

e. Pada tampilan berikutnya silahkan anda eksklusif tekan lagi tombol "Next dan Next Lagi,
Sampai anda masuk ke halaman utama akun feedburner anda terlihat ibarat gambar dibawah ini:

setting pengaturan feedburner yang benar


Anda akan melihat daftar menu yaitu "Analyze", "Optimize", "Publicize" dan  "Troubleshootize", ibarat terlihat pada gambar diatas.
 
f.  Buat Sumary Burner
Summary burner digunakan untuk membuat uraian singkat setiap artikel blog anda ketika  feed blog diseting singkat, ketika feed diakses, maka untuk setiap artikel tidak akan ditampilkan seluruhnya dan hanya akan menampilkan summary feed (beberapa kalimat urama saja setiap postingan), ini harus anda lakukan untuk menghindari pencurian artikel lewat feed blog anda dengan autoblog.

Caranya:
Klik Menu Optimize, kemudian pada bilah menu sisi kiri silahkan klik lagi menu "Summary Burner".
ibarat terlihat pada gambar dibawah ini:

mempersingkat memperpendek feed untuk kemanan blog

Maksimum length, silahkan anda tentukan jumlah aksara untuk feed blog anda.
Teaser, silahkan anda masukan beberapa kalimat, misal "[Klik judul untuk selengkapnya]", kalimat yang anda masukan akan muncul di bab bawah setiap tampilan artikel singkat rss feed blog anda,
Tekan tombol aktivate kalau sudah selesai.

Sampai tahap diatas berarti anda sudah sukses membuat tampilan singkat feed untuk rssfeed blog anda.

Lankah #2 - Mengintegrasikan Feedburner dengan feed blogspot Anda.

Setelah anda mendaftarkan blog anda di feedburner, semoga rss feed blog anda mengikuti pengaturan yang terdapat di feedburner, anda harus menginstegrasikan feedburner dengan feed blog anda, langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

a. Silahkan Masuk ke akun blogspot anda kemudian pilih dan aktifkan salah satu blog anda.

b. Pada bilah menu sisi kiri silahkan anda pilih menu "Setelan", kemudian pilih submenu "Lainnya".
Pada Umpan situs silahkan anda pilih singkat, kemudian pada label "Posting URL Pengubah Arah Feed" silahkan masukan alamat feedburner anda yang telah anda catat pada langkah sebelumnya. terlihat ibarat gambar dibawah ini:

cara mudah setting feedburder di blogspot

-Izinkan umpan blog, silahkan anda pilih singkat, tujuannya semoga artikel di tampilan rss feed singkat, tujuannya untuk menghindari atau meminimalisir pencurian artikel yang mampu dilakukan melalui feed.

- Posting URL Pengubah arah feed, silahkan anda masukan alamat url feedburner blog anda, yang anda sudah catat pada langkah sebelumnya.

Jika sudah, silahkan anda tekan tombol "Simpan Pengaturan".
Sampai tahap ini berarti anda sudah berhasil menghubungkan rss feed blog anda dengan feedburner.


Langkah #3 -  Cek Halaman RSS Feed Blog Anda.

Langkah terakhir yakni melaksanakan cek terhadap pengaturan feed blog anda, untuk memastikan apakah pengaturan feed yang anda lakukan sudah benar atau belum.

Untuk melaksanakan cek rss feed blog anda, anda mampu mengaksesnya menggunakan alamat nama_blog_anda.blogspot.com/rss.xml, misal untuk blog saya saya akan cek alamat rss feed blog saya di alamat, /rss.xml,

Jika berhasil alamat tersebut secara otomatis akan di-redirect ke alamat feedburner untuk blog tersebut menjadi http://feeds.feedburner.com/strukturkode

Anda akan melihat halaman feed untuk blog anda tersebut, yang disajikan dalam bentuk detail artikel blog anda berupa judul dan juga isi artikel yang di sajikan singkat (hanya sebagian isi artikel saja).

Jika anda melihat feed anda ibarat itu maka sudah dipastikan pengaturan feedburner pada blog anda sudah benar.

Demikian artikel sederhana mengenai Cara Setting Feedburner yang benar di blogspot, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Setting Feedburner yang benar di blogspot"