Cara Memasang Facebook Open Graph di Blogspot

Facebook Open Graph gotong royong yaitu instruksi khusus berupa meta tag HTML yang menggunakan aturan yang diadaptasi dengan standar facebook, instruksi ini dapat diletakan di template blog anda baik itu blog berflatform blogspot, wordpress dan blog lainnya, instruksi ini digunakan untuk menyimpan info khusus yang dapat dibaca dan dikenali oleh plugin facebook.

Jika anda memasang facebook sosial media sharing pada halaman blog anda, maka instruksi facebook open graph setidaknya harus anda letakan juga di template blog anda, tujuannya yaitu semoga facebook dapat membaca dan mengenali setiap info yang terdapat di dalam halaman blog tersebut untuk dishare.

Ketika pengunjung blog anda melaksanakan share halaman artikel postingan tersebut melalui tombol share facebook yang tersedia, maka facebook akan membaca struktur halaman tersebut untuk menerima info konten yang diperlukan untuk konten sosial media share. info tersebut akan diperoleh melalui meta open graph yang anda pasang pada instruksi template blog anda.

Mengenal Kode Facebook Open Graph

Ketika anda mengeujungi dan membaca sebuah halaman situs kemudian anda anggap halaman tersebut patut untuk di share dan anda mencoba melaksanakan share menggunakan tombol facebook sosial media share yang tersedia di halaman blog tersebut maka apa yang akan anda lihat selanjutnya?

Kurang lebih akan terlihat menyerupai gambar dibawah ini:



Konten Share Facebook dengan Open Graph

Konten share akan menyesuaikan dengan halaman blog atau website yang akan dishare, beberapa bab penting yang disajikan konten share adalah:
  • Gambar: menyesuaikan dengan gambar yang digunakan pada artikel yang akan dishare
  • Judul Artikel: sesuai dengan judul artikel yang akan dishare
  • Deskripsi: deskripsi singkat yang mewakili isi artikel
  • Url Blog: URL atau alamat blog yang bersangkutan
Facebook bisa menampilkan gambar, judul artikel dan juga descripsi yang mewakili artikel blog yang berangkutan untuk dishare menyerupai gambar diatas,  itu dikarenakan pada script template blog yang bersangkutan sudah dipasang Tag Open graph. melalui info pada tag open graph tersebut facebook dapat mengenali mana gambar yang akan dishare, dan judul dari artikel yang akan dishare untuk disajikan pada konten share facebook.

Namun Jika blog tersebut tidak memasang tag opengraph pada template blognya maka tampilan konten share tidak akan bisa menampilkan gambar, terlihat menyerupai gambar dibawah ini:

facebook share tanpa open graph
Konten share facebook tanpa gambar alasannya yaitu blog tidak memasang open graph

Menurut anda mana yang terlihat paling menarik, tentu saja yang dilengkapi gambar, dan memang benar, share blog di facebook menggunakan judul disertai gambar yang menarik akan bisa meningkatkan pengunjung untuk mengunjungi blog anda, oleh alasannya yaitu itu untuk menerima konten share blog di facebook lebih menarik disertai gambar maka anda harus memasang facebook open graph di instruksi template blog anda.

Berikut Daftar Kode facebook Open graph yang bisa anda gunakan

Apapun blognya baik itu wordpress maupun blogspot, kalau anda menyertakan tombol facebook sosial media share pada halaman blog anda maka silahkan anda pasang instruksi open graph pada template blog anda.

beberapa instruksi open grap untuk mendukung sosial media share halaman blog anda:

1. og:title
instruksi ini berfungi untuk menyimpan info judul artikel blog yang bersangkutan. kalau facebook menemukan dan membaca instruksi ini, maka akan digunakan sebagai judul konten share facebook.
Contoh Penggunaan:
<meta property=”og:title” content=”Tips Memilih Web Hosting yang cocok untuk situs Anda?”/>
2. og:type
Kode ini digunakan untuk menyimpan info jenis artikel yang akan anda share, ada berbagai go:type yang bisa anda gunakan, secara lengkap anda bisa baca disini.
Contoh Penggunaan:
<meta property=”og:type” content=”article”/>

3. og:description
Kode ini digunakan untuk meletakan info descripsi yang akan disertakan di konten share facebook. untuk blog berfaltform blogspot anda bisa mengisi meta og:description dengan meta description untuk halaman artikel yang akan dishare.
Contoh Penggunaan:
<meta property=”og:description” content=”disini dijelaskan cara memilih web hosting yang sempurna untuk blog anda semoga anda tidak menyesal!“/>

4.og:image
Kode open graph ini dapat dapat anda gunakan untuk menyimpan info mengenai gambar yang akan digunakan dikonten share facebook, kalau artikel yang dishare mencantumkan gambar maka gambar tersebut harus bisa disertakan dikonten share facebook secara otomatis. facebook secara otomatis akan menggenerate konten share dengan gambar yang diambil dari instruksi open graph og:image ini.
Contoh Penggunaan:
<meta property=”og:url” content=”https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgZmcMz3EetQtHsXquq0YnPHxdNZbzciSYmmwbedRKNHmvUdKAiXTeHIBOue35t4cA4HR6E7GYa_jkuH5uD1d-en-QEntJ9gEqnreVhilqMXSBtEH1HqP8CmKUSG9ZwVZL4l3Z3qQOnccqW/s1600/facebook-share-tanpa-open-graph.png”/> 

5. og:url
Tag open graph ini bisa anda gunakan untuk menyimpan info url dari artikel blog yang akan di share ke facebook.
Contoh Penggunaan:
<meta property=”og:url” content=” "/>

7. og:site_name
Kode open graph ini dapat digunakan untuk meletakan nama situs dari artikel blog yang akan dishare. instruksi ini akan dibaca oleh facebook untuk menerima nama situs atau blog yang melaksanakan share.
Contoh Penggunaan:
<meta property=”og:site_name” content=”Struktur Kode”/>
8. fb:admins
instruksi ini bisa anda gunakan untuk mengaitkan halaman facebook anda dengan blog, semoga setiap interaksi fans page blog anda terhadap blog yang anda share statisticnya dapat diktahui secara detail.
Contoh Penggunaan:
 <meta property=”fb:admins” content=”facebook_id_anda″/>

Jika anda ingin menghasilkan konten share yang menarik dilengkapi gambar maka, selain tombol share facebook, instruksi open graph facebook diatas wajib anda pasang juga pada template blogspot anda.

Cara Memasang Facebook Open Graph pada blogspot anda? 

Berikut langkah-langkah memasang instruksi facebook openg raph yang benar di template blogspot anda:

1. Pasanglah instruksi open graph dibawah ini kalau didalam halaman artikel anda anda memasang tombol facebook share.

1. Pastikan bahwa di template blog anda belum terpasang facebook open graph.

2. Masuk ke akun blogspot anda, dibilah menu sisi kiri pilih menu Template kemudian tekan tombol Edit HTML untuk masuk ke editor template blog anda.

3. Klik editor template blog anda, tekan CTRL + F, untuk mengaktifkan kemudahan pencarian, silahkan cari instruksi :
</head
4. Letakan instruksi dibawah ini diatas instruksi </head

 <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<meta content='id_facebook' property='fb:admins'/>
<b:if cond='data:blog.url'>
<meta expr:content='data:blog.url' property='og:url'/>
</b:if>
<meta expr:content='data:blog.title' property='og:site_name'/>
<b:if cond='data:blog.pageName'>
<meta expr:content='data:blog.pageName' property='og:title'/>
</b:if>
<meta content='website' property='og:type'/>
<b:if cond='data:blog.postImageThumbnailUrl'>
<meta expr:content='data:blog.postImageThumbnailUrl' property='og:image'/>
<link expr:href='data:blog.postImageThumbnailUrl' rel='image_src'/>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.metaDescription'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' property='og:description'/>
</b:if>
</b:if>
Kode diatas akan menggenerate konten share facebook secara otomatis menggunakan gambar, judul dan deskripsi (diambil dari meta deskripsi artikel yang akan dishare), gambar yang akan digunakan yaitu gambar yang anda share pada artikel tersebut.

Jangan lupa Silahkan anda ganti id_facebook dengan id facebook anda, kalau kebetulan anda belum memiliki akan facebook, silahkan anda buat dulu akun facebook:

Anda bisa baca: cara membuat akun facebook terbaru

Jika anda sudah memiliki salah satu akun facebook, untuk menerima id facebook anda langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

a. Masuk ke akun facebook anda.
b. pada menu nama anda, kemudian klik kanan, kemudian pilih sub menu "Salin Lokasi Tautan, misal facebook punya saya:

https://www.facebook.com/ajidin

Sebagai teladan facebook punya saya diatas, anda tinggal hapus goresan pena https://www.facebook.com/ sehingga hanya menghasilkan idnya saja  teladan diatas ajidin, setelah itu silahkan anda ganti id_facebook_anda dengan id anda sebagai teladan id punya saya yaitu ajidin. menjadi kurang lebih menyerupai ini:
<meta content='ajidin' property='fb:admins'/>

 Jika sudah silahkan anda simpan template blog anda.


5. Untuk mengetes kinerja facebook open graph yang anda buat, silahkan anda pilih pilih artikel yang anda sertakan gambar didalamnya, tekan tombol facebook share pada halaman blog anda tersebut, kalau konten facebook share menampilkan gambar, judul dan deskripsi menyerupai gambar diatas berarti instruksi facebook open graph yang anda pasang sudah benar.

atau anda bisa menggunakan cara lainnya, yaitu dengan mengunjungi halaman object debug facebook.

kemudian silahkan anda masukan url halaman artikel blog yang ingin anda lihat konten share facebook untuk halaman tersebut,  kemudian tekan tombol debug:

Jika tidak menhasilkan warning error berarti instruksi opengrap yang anda pasang sudah benar.


Demikian artikel tentang Cara Mudah Memasang Facebook Open graph di blogspot, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Memasang Facebook Open Graph di Blogspot"