4 Strategi Bersaing dengan Blog Papan Atas Untuk Meningkatkan trafik

Trafik blog anda sangat ditentukan oleh kualitas artikel yang anda buat dan juga judul dari artikel tersebut, ada 2 alternatif yang bisa anda pilih saat membuatkan judul, memilih kata kunci judul dengan jumlah pencarian sedikit atau memilih judul dari kata kunci atau keyword populer yang memang benar-benar memiliki peminat yang banyak , apapun kata kunci yang anda pilih untuk anda kembangkan menjadi judul artikel maka tentu saja yang paling memiliki potensi untuk mendatangkan banyak trafik ke blog anda yakni memililih kata kunci yang memiliki tingkat pencarian yang banyak. 

Namun sayangnaya kata kunci menyerupai itu bukanlah kata kunci yang mudah yang bisa begitu saja mendatangkan banyak trafik untuk blog anda, alasannya pada umumnya kata kunci populer yang memiliki tingkat pencarian yang tinggi biasanya persaingannya cukup sulit sehingga anda harus bisa bersaing dengan blog-blog papan atas yang sudah lebih dulu populer dan memiliki otoritas yang baik di mata mesin pencari.

Cara meningkatkan trafik bersaing dengan blog papan atas

Artikel berikut akan menjelaskan bagaimana seni administrasi bersaing dengan blog papan atas saat anda memilih judul dengan kata kunci populer yang banyak peminatnya, sehingga meskipun judul artikel yang anda buat yakni judul artikel yang sangat sulit persaingannya dan sudah banyak dikuasai oleh blogger papan atas anda masih berpeluang menerima pengunjung yang dapat meningkatkan trafik blog anda dari artikel tersebut.

Strageti Bersaing dengan Blog Papan Atas Untuk Meningkatkan trafik


Ketika anda memutuskan menganbil judul artikel yang memiliki tingkat pencairan tinggi maka kata kunci tersebut biasanya dikuasai oleh blog papan atas yang sudah lebih dulu menerbitkan artikel dengan kata kunci tersebut dan bisa mendominasi hasil pencarian di posisi terbaik, maka supaya artikel postingan yang anda buat bisa bersaing ada beberapa teknik atau seni administrasi yang anda gunakan supaya bisa menerima trafik dari judul tersebut.

Beberapa seni administrasi bersaing dengan blog papan atas yang bisa anda coba yakni sebagai berikut:

#1. Buat judul dengan Long tail Keyword

Ketika anda mengetahui bahwa kata kunci yang akan anda gunakan untuk membuat judul artikel memiliki level persaingan yang sangat sulit maka buatlah judul artikel tersebut menggunakan long tail keyword.

Bagaimana saya memastikan bahwa judul yang saya buat memiliki tingkat persaingan yang sulit?

Caranya sederhana, silahkan anda lakukan pencarian menggunkan kata kunci yang anda target, kalau di hasil pencarian ditemukan jutaan hasil pencarian dapat dipastikan bahwa kata kunci tersebut memiliki tingkat persaingan yang sulit.

Sebagai referensi misal untuk kata kunci "cara membuat blog", saat di cek di google keyword planer, kata kunci ini memiliki tingkat pencarian yang sangat luar biasa banyaknya (kata kunci populer), bisa dilihat pada gambar berikut:

kata kunci persaingaan tinggi

Kata kunci tersebut ternyata memiliki rata-rata jumlah pencarian perbulan sebanyak 90.500 pencarian, tidak heran banyak blog-blog besar menarget kata kunci ini, dan memang benar setelah di cek di hasil pencarian kata kunci ini memiliki tingkat persaingan yang cukup sulit yaitu sekitar 6.300.000 hasil, menyerupai terlihat pada gambar di bawah ini:


Artinya kalau menarget kata kunci ini maka anda harus bersaing dengan 6.200.000 artikel lainnya.

Salah satu cara yang bisa anda andalkan untuk ikut bersaing dengan kata kunci tersebut yakni menyajikan judul artikel menggunakan long tail keyword, Judul long tail keyword akan bisa membuat artikel anda berpeluang muncul dengan beragam kata kunci yang relevan sehingga artikel anda akan banyak memiliki peluang untuk ditemukan di hasil pencarian dan dapat meningkatkan trafik ke blog anda.

Seperti yang dijelaskan oleh pakar internet marketing neil patel, bagaimana optimasi seo onpage, supaya meningkatkan secara optimal onpage menerima hasil maksimal maka anda bisa melibatkan judul yang menggunakan long tail keyword.

Lantas berapakah jumlah kata untuk judul long tail keyword yang paling ideal?, jawabannya yakni 4 hingga 5 kata atau lebih, semakin panjang judul yang anda buat untuk artikel blog anda maka akan semakin mudah artikel tersebut menerima ranking di hasil pencarian dengan beragam kata kunci relevan.

Jika anda memilih judul short tail atau judul pendek yang hanya terdiri dari 3 suku kata atau kurang untuk kata kunci dengan tingkat persaingan tinggi, maka judul anda akan sulit bersaing dengan blog papan atas, alasannya pada umumnya judul-judul artikel yang terdiri dari 3 suku kata atau kurang bisanya sudah dikuasai oleh blog papan atas yang sudah memiliki reputasi yang sangat baik di mata mesin pencari dan sudah memiliki umur yang cukup lama.

Baca juga: bagaimana cara memilih longtail keyword yang tepat
 

#2. Buat Artikel Panjang 

Istilah konten  yakni raja (content is king) memang benar, dan konten yang panjang yang terdiri dari 1000 hingga dengan 2000 kata atau lebih memang cendrung lebih mayoritas di mata seach enggine, dan ternyata semakin panjang sebuah konten maka artikel tersebut memiliki kesempatan muncul di halaman pertama google lebih baik.

Berdasarkan analisa serp IQ, yang melaksanakan analisa terhadap 20.000 kata kunci menyatakan bahwa rata-rata artikel yang bisa muncul di halaman pertama google (page one) yakni artikel yang terdiri dari 2.000 kata atau lebih, semakin banyak jumlah kata dalam konten maka ranking di hasil pencarian pun akan cendrung baik.

jumlah kata dalam artikel


Bisa kita lihat pada gambar grafik diatas, bahwa konten yang terdiri dari 2.000 kata atau lebih memiliki peluang untuk muncul di 10 besar hasil pencarian google, semakin panjang konten paka posisi di hasil pencarian akan semakin baik, namun anda bisa melihat bahwa ranking pertama diduduki oleh artikel yang memiliki jumlah kata lebih sedikit (2416 kata) daripada artikel kedua dan ke3 (2494 da 2492 kata), itu membuktikan bahwa google juga memperhatikan kualitas dari konten itu sendiri, semakin berkualitas sebuah konten dan semakin panjang jumlah kata yang disajikan dalam sebuah konten maka itu akan sangat baik. 


Artikel terkait: Cara menulis artikel berkualitas seo yang disukai mesin pencari

#3. Memilih Judul Unik dan menarik

Artikel yang memiliki peluang yang paling baik untuk mendatangkan trafik organik yakni saat judul artikel tersebut muncul di 3 besar hasil pencarian google, namun anda harus tau bahwa posisi sepuluh besar semuanya punya kans untuk mendatangkan trafik, kalau pengunjung merasa tertarik dan penasaran terhadap judul yang anda sajikan.

Di hasil pencarian anda bisa meningkatkan CTR (click throught rate) terhadap artikel anda dengan memanfaatkan judul dan deskripsi yang unik untuk artikel anda, alasannya saat pengguna internet menemukan judul artikel di hasil pencarian maka mereka pertama kali akan melihat judul artikel blog anda, kalau judul mereka anggap menarik dan membuat penasaran maka kemungkinan besar pengguna internet akan mengunjungi artikel anda yang mereka temukan dihasil pencarian, walaupun posisi judul artikel anda bukan di 3 besar.

Memang benar belum tentu posisi pertama menerima klik, dan bisa jadi posisi 4 s/d 10 bisa menerima banyak trafik, selama judul artikel yang dibuat untuk artikel tersebut dianggap unik, menarik dan membuat pengguna penasaran, oleh alasannya itu yang harus anda perhatikan sebelum membuat artikel yakni bagaimana membuat judul artikel seunik dan semenarik mungkin supaya peluang menerima pengunjung lebih baik walaupun artikel anda bukan di posisi 3 besar.

Langkah-langkah untuk membuat judul yang menarik

Jika anda mau anda bisa membaca referensi detail cara membuat judul artikel berkualitas seo

#4. Jangan lupa untuk melibatkan meningkatkan secara optimal seo offage

Optimasi seo offpage memiliki peranan yang sangat penting untuk blog anda supaya bisa menerima posisi terbaik di hasil pencarian, salah satu meningkatkan secara optimal offpage yang paling berperan dan masih menjadi faktor penentu yang sangat berpengaruh hingga 2016 ini yakni backlink.

Silahkan bangunlah backlink dengan cara-cara yang legal dan juga lakukan teknik promosi lainnya yang baik, sehingga artikel blog anda bisa mendatangkan pengunjung atau visitor berlimpah yang dapat meningkatkan trafik blog anda.

Silahkan baca: #7 diam-diam mempromosikan konten terbaik untuk meningkatkan trafik blog anda.

Kesimpulan

Ketika blog anda masih digolongkan sangat baru, akan ada aneka macam blog pesaing blog papan atas yang usianya sudah lama, sudah memiliki otoritas yang baik di mata mesin pencari dan mendominasi di hasil pencarian, maka salah satu seni administrasi untuk bersaing dengan blog papan atas supaya blog anda dapat menerima trafik dari persaingan kata kunci populer yakni dengan cara menyajikan artikel berkualitas, panjang, menggunakan judul long tail keyword dan membuat judul unik, menarik dan membuat penasaran pengguna.

Dengan seni administrasi diatas maka blog anda akan menerima peluang untuk ditemukan di hasil pencarian google di posisi terbaik dan sering menerima klik dari pengunjung, dengan begitu trafik blog anda lambat laun akan terus meningkat.

0 Response to "4 Strategi Bersaing dengan Blog Papan Atas Untuk Meningkatkan trafik"