3 Tips untuk membangkitkan semangat ngeblog alasannya yakni malas

Segala hal yang dilakukan secara monoton di satu dikala pasti akan bisa menimbulkan kebosanan, sehingga anda akan merasa jenuh dan timbul rasa malas enggan melakukannya. Salah satu acara yang boleh dikatakan cendrung memiliki sifat monoton ialah blogging, anda pasti tau blogging itu kerjaannya nulis artikel terus-terusan tentu bisa bosanlah, jadi tidak jarang di saat-saat tertentu para blogger  mengalami rasa bosan  luar biasa,  akhirnya mereka malas menerbitkan artikel, kesannya blog yang mereka miliki terbengkalai dan tidak mengalami perkembangan trafik secara signifikan.

Meskipun monoton tentunya di balik acara blogging ada keasikan tersendiri bagi para penggemarnya, sehinggga tidak sedikit mereka yang terus-terusan blogging tanpa di hinggapi rasa bosan, mereka sukses mengembangkan blognya hingga bisa menjaring banyak pengunjung dan menerima penghasilan suplemen bagi pemiliknya.


Memang acara blogging ini terkadang di saat-saat tertentu bisa memacu semangat untuk terus ngeblog namun di saat-saat tertentu bisa membangkitkan rasa bosan, bahkan sulit sekali membuat artikel terkadang rasa ngantuk mendera jikalau dipaksakan, jikalau diamati dengan teliti dibalik semangat ngeblog dan juga rasa malas ngeblog ada faktor-faktor yang mempengaruhinya,

BISA JADI INI YANG MENYEBABKAN ANDA MALAS NGEBLOG!

Dari beberapa pengalaman langsung dan juga pengalaman beberapa blogger, faktor yang membuat anda malas ngeblog dan malas untuk menerbitkan artikel diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Trafik blog tiba tiba turun drastis dan sulit untuk naik kembali.

Ini pernah terjadi pada blog saya ketika di dikala tertentu karena beberapa alasannya blog saya kehilangan trafik, rasa malas mulai menghampiri yang berdampak jarangnya diterbitkan artikel baru, sehingga trafik blog stagnan sulit untuk kembali merangkak naik.

b. Sulit diterima menjadi Publisher Google AdSense.

Saat ini banyak orang terutama generasi muda yang terjun ke dunia blog karena ingin menerima penghasilan dari internet, bahkan banyak juga para pemilik blog akhirnya menginginkan blognya menghasilkan uang setelah mengetahui potensinya. 

Salah satu teknik monetisasi (mengupayakan biar blog bisa menghasilkan uang) yang banyak diminati ialah google AdSense, namun sayangnya untuk menjadi publisher google adsense tidaklah mudah, karena ada syarat-syarat tertentu yang harus terpenuhi, sehingga tidak sedikit mereka yang gagal dan tidak berhasil diterima. karena sudah beberapa kali melaksanakan pendaftaran tidak pernah diterima, akhirnya banyak para blogger yang merasa tertekan, kecewa dan akhirnya putus asa, sehingga memicu rasa malas mereka untuk ngeblog.

c. Upaya SEO Tidak Berhasil

Ini juga sering dikeluhkan oleh para blogger terutama para blogger yang gres mengenal dunia blog dan yang gres mencoba teknik seo. karena ambisinya ingin biar artikelnya muncul dihalaman pertama google, mereka mencoba melibatkan seo baik meningkatkan secara optimal seo onpage maupun meningkatkan secara optimal seo offpage, namun karena memiliki sifat terburu-buru dan ambisinya terlalu berlebihaan, upaya seo yang mereka lakukan tidak kunjung membuahkan hasil, akhirnya mereka putus asa yang berakibat malas ngeblog.

Jika situasi ini pernah terjadi pada anda sehingga anda menjadi malas ngeblog saya hanya bisa meluruskan, bahwa teknik seo itu perlu waktu dan proses, bisa saja percobaan pertama seo anda gagal namun saya yakin seiring waktu dan pengalaman anda yang semakin bertambah, jikalau terus-terusan dicoba, anda akan bisa menemukan triknya dan anda akan menikmati hasilnya.

d. Pendapatan Google AdSense tidak Kunjung Naik

Menyikapi pernyataan sahabat blogger di sebuah postingan group media sosial: 
"Waduh gue males benar-benar males ngeblog karena pendapatan adsense tidak kunjung naik, segitu-gitu aja tiap hari kapan gajiannya!!!". 
Wah... ternyata pendapatan google adsense juga bisa menjadi salah satu penyebab malesnya ngeblog, sepertinya bukan hanya dia, anda juga mungkin mengalami hal serupa.

Hihi...kalo ini yang saya langsung rasakan, yang paling berperan mensugesti besar kecilnya pendapatan google adsense salah satunya ialah trafik, semakin tinggi trafik maka pendapatanpun cendrung meningkat, lain halnya ketika trafik merosot pendapatan adsense pun ikut turun, beberapa bulan mengalami penurunan pendapatan ternyata bisa membuat malas untuk ngeblog akhirnya jarang menerbitkan artikel.


Anda mungkin mengalami hal serupa, setelah diamati ternyata dengan jarang menerbitkan artikel mengakibatkan  trafik malahan cendrung monoton, barangkali solusi yang terbaik ialah jangan pernah berhenti menerbitkan artikel.

e. Trafik blog tidak ada peningkatan

Ini juga sering terjadi pada blogger yang merasa gagal karena blognya tidak kunjung membuahkan target yang diinginkan, salah satunya ialah ia ingin trafik blognya banyak namun belum juga kesampaian padahal banyak sekali cara pernah dilakukan, karena merasa tidak berhasil-berhasil akhirnya merasa kecewa dan memicu rasa malas ngeblog sehingga jarang menerbitkan artikel.

Padahal menurut saya dengan berhenti menerbitkan artikel itu bukan solusi yang baik, jikalau terus terusan menerbitkan artikel pasti akan ada peningkatan seiring dengan bertambahnya artikel, blogger akan mudah kecewa dan rasa malas timbul karena ambisi yang terlalu berlebihan yang tidak pernah tercapai.

f. Anda putus Cinta dan Kecewa

Wah...sedikit membahas yang tidak formal tapi memang benar apa adanya, adakalanya mood insan bisa dipengaruhi oleh lingkungan sekelilingnya dan situasi yang dialaminya, ada lho para blogger yang menjadi malas ngeblog karena mengalami situsi tertentu, salah satunya misalkan karena putus cinta atau ditolak sama gebetan, ini pernah terjadi pada sahabat saya lho..., ia berhenti beberapa bulan tidak bikin artikel, malahan sama sekali tidak mengakses blognya, penyebabnya padahal sepele ditolak sama doi.

Hal ibarat ini memang untuk beberapa orang bisa mensugesti mood, jikalau dialami oleh seorang blogger dampaknya ya ke ativitas bloggingnya, namun hal ibarat ini biasanya hanya sementara, hanya beberapa ahad atau beberapa hari saja, biasanya ia bisa kembali ibarat semula jikalau hatinya merasa sudah tenang.


UPAYA YANG BISA MEMBANGKITKAN KEMBALI SEMANGAT NGEBLOG

Ada akhir tentu ada solusi, dibalik banyaknya faktor penyebab malas ngeblog tentu ada upaya untuk mengembalikan senagat ngeblog sehingga anda kembali ke acara blogging anda yang normal.

#1. Jangan terlalu berambisi ingin menerima penghasilan

Jika tujuan awal ngeblog karena berambisi ingin menerima penghasilan yang banyak setelah melihat mereka yang sudah sukses, maka ini bisa membuat acara blogging anda tidak akan bertahan lama, percaya atau tidak biasanya anda akan cepat merasa putus asa, kecewa bosan, tertekan dan akhirnya malas.

Jika tujuan anda blogging  ingin menerima penghasilan dengan ambisi yang berlebihan, sementara anda belum berpengalaman dan anda masih pemula di dunia blogging dan didunia internet marketing, sebaiknya anda ubah orientasi tujuan ngeblog anda.

Fakta menunjukan bahwa ketika tujuan awal blogger pemula ialah uang dan ingin menerima penghasilan, biasanya tidak akan bertahan dalam 3 bulan, ini pernah saya buktikan kepada beberapa sahabat saya, saya menunjukkan info berharga kepada mereka bahwa blog bisa menghasilkan uang, karena tau blog bisa menghasilkan uang dan sudah terbukti akhirnya dengan semangat menggebu-gebu penuh ambisi mereka membuat blog, di awal memang semangatnya kelihatan, setelah beberapa ahad akhirnya mereka mengeluh dan putus asa blognya belum menghasilkan.

Memang sedikit menggelikan, karena mereka menganggap mudah mencari uang dengan blog padahal tidaklah demikian, sebuah blog hingga bisa menghasilkan uang perlu waktu proses kerja keras dan trik tersendiri. Karena ambisinya dan usahanya merasa tidak berhasil akhirnya kurang dari 3 bulan semuanya berhenti dan tidak melanjutkan acara bloggingnya, alasanya ialah "SUSAH" dan "PSIMIS" usahanya khawatir tidak membuahkan hasil.

#2. Meluangkan waktu untuk selalu membaca pengalaman blogger sukses

Satu lagi sebagai upaya untuk membangikitkan semangat ngeblog adalah, selalu meluangkan waktu untuk membaca cerita blogger sukses, kebanyakan orang mungkin melihat blogger sukses hanya dari satu sisi saja, yaitu melihat setelah ia meraih kesuksesan sehingga untuk beberapa blogger bisa menimbulkan rasa pesimis akhirnya malas ngeblog. 

Oleh karena itu biar anda tidak melihat dari sisi kesuksesannya saja, anda harus membaca perjalanan kesuksesannya, silahkan banyak-banyaklah membaca perjalanan hidupnya, kerja keras apa yang ia lakukan hingga bisa meraih kesuksesan, karena saya yakin siapapun yang dikala ini sudah menerima kesuksesan dengan cara yang legal pasti ada proses kerja keras yang bisa kita pola sehingga dari perjalanan menuju kesuksesan yang ia jalani, bisa membangkitkan semangat blogging anda karena malas.

Blogger sukses linda ikeji
Linda ikeji

Contoh cerita blogger sukses yang bisa membangikitkan semangat ngeblog ialah cerita sukses linda ikeji, seorang blogger muda asal Nigeria yang sama sekali tidak mengerti SEO, blogger yang hanya mengandalkan blogspot gratisan, blogger yang tidak memiliki pengetahuan perihal blogging sama sekali, blogger yang hanya bisa menulis saja, Jika anda ingin tau ibarat apa blognya, silahkan cek dan nilai sendiri ibarat apa blognya (lindaikejisblog.com), sungguh sangat diluar dugaan. 

Tapi sungguh luar biasa dari blognya ia bisa menghasilkan lebih dari 300 juta perbulan, itu dulu mungkin sekarang sudah mencapai miliaran rupiah perbulan, kabarnya ia mulai menerima penghasilan dari blognya setelah blognya berusia lebih dari 5 tahun, dan dikala ini blognya berisi lebih dari 15.000 artikel.

Apa yang patut kita pola ialah semangat ngeblognya, tanpa henti lebih dari 5 tahun ia bisa terus menerus menerbitkan artikel, dan kabarnya ia bisa menerbitkan hingga 25 artikel setiap hari tanpa derma siapapun, tanpa teknik SEO yang mumpuni, namun ternyata kerja keras dan konsisten bisa menjadikan ia sebagai seorang blogger sukses kelas dunia dengan penghasilan luar biasa besar.

#3. Mencari tantangan blogging

Perasaan malas ngeblog ternyata pernah saya alami bahkan mungkin ketika artikel ini dibuat masih ada perasaan malas pada saya pribadi, mungkin jenuh dengan sifat monoton ngeblog, dan saya menulis artikel ini karena berupaya ingin sedikit membagikan info untuk mereka yang kebetulan sedang malas ngeblog, biar termotivasi kembali termasuk untuk saya pribadi.

Salah satu upaya untuk membangkitkan semangat ngeblog ialah dengan mencari tantangan blogging, tentu beberapa orang tertarik dengan tantangan, tentunya tantangan yang ada kaitannya dengan acara blogging, ada banyak tantangan, salah satu tantangan blogging yang cukup efektif dapat membangkitkan semangat ngeblog ialah mengikuti kontes SEO.

Saya langsung untuk dikala ini tidak sengaja mencoba mengikuti kontes seo yang diadakan oleh Group IAPD dengan judul "Potensi Blog untuk Generasi Muda", saya merasa termotivasi untuk ikut hanya sekedar ingin menganalisa kekuatan konten yang dibuat oleh blogger-blogger yang ikut kompetisi.

Kabar baiknya ternyata dengan mengikuti Kontes SEO ada hal yang membangkitkan motivasi saya untuk semangat ngeblog. dan asik saja melihat persaingan artikel dengan judul serupa muncul di pencarian google, sehingga ini yang membuat otak berfikir aktif mencari cara bagaimana menerima posisi terbaik di mesin pencari selain hanya mengandalkan konten, semoga saja artikel saya tidak nyungseb di posisi terakhir ya..he he...kita lihat saja nanti.

#4. Mengubah orientasi berfikir perihal blogging

Blogging ialah sesuatu yang memerlukan waktu yang tidak sebentar, menguras tenaga dan fikiran sera perlu ketekunan dan kerja keras.
Satu lagi yang bisa membuat anda malas ngeblog ialah karena orientasi anda salah mengenai blogging, ada banyak sekali blogger pemula yang ingin sukses ngeblog dalam waktu yang cepat, padahal  proses ngeblog tidak bisa dianggap mudah, perlu waktu yang tidak sebentar dan perlu kerja keras.

Jika anda berfikir bahwa blogging itu mudah buang jauh-jauh, silahkan tanamkan di dalam fikiran anda bahwa biar blog anda sukses menerima trafik berlimpah pasti tidak bisa ditempuh dalam waktu yang sebentar, perlu teknik perlu ketekunan sehingga anda akan fokus untuk memprioritaskan membangun dan mengembangkan blog terlebih dahulu hingga memiliki artikel berkualitas yang sangat banyak.

Buang jauh-jauh jikalau tujuan anda membuat blog karena uang.
Jika dari awal membuat blog karena uang maka anda cendrung tidak akan memperhatikan kualitas konten blog padahal kualitas konten ialah salah satu yang paling utama yang harus dimiliki sebuah blog, sehingga blog anda akan sulit berkembang dan menerima kepercayaan dari pelanggan.

Sebuah kutipan berharga dari mendiang Steve jobs:
"Jika Anda selalu fokus ke profit dan keuntungan, Anda akan mengurangi kualitas produk. Namun jikalau Anda fokus untuk menghasilkan produk yang luar biasa, maka profit dan keuntungan akan mengikuti"

Ubahlah orientasi tujuan blogging anda, tekankan bahwa tujuan anda membuat blog hanya ingin membuatkan info bermanfaat dan berkualitas dan ingin mendokumentasikan apa yang sudah anda pelajari apapun itu namun jangan memiliki tujuan membuat blog untuk uang, karena jikalau anda tidak berhasil anda akan tertekan dan malas untuk ngeblog.

#5. Buat Target Jangka Panjang

Setelah anda tau bahwa blog itu perlu kerja keras, silahkan buatlah target jangka panjang, misalnya "dalam 5 tahun blog saya harus bisa menghasilkan" atau target jangka panjang lainnya, dengan target jangka panjang ibarat itu anda akan fokus meningkatkan kualitas blog dari pada berharap cepat menghasilkan dari blog.

PENUTUP:

Untuk membangkitkan kembali semangat ngeblog karena malas memang banyak intinya kita harus mengupayakan biar acara blogging tidak monoton sehingga kita bisa bertahan terus mengembangkan blog hingga bisa mencapai sukses susuai dengan target yang ingin dicapati.

Anda barangkali punya tips dahshat biar ngeblog tidak malas, semoga bisa ikut berbagi....!

Demikian artikel perihal 3 Tips untuk membangkitkan semangat ngeblog karena malas Semoga bermanfaat.

0 Response to "3 Tips untuk membangkitkan semangat ngeblog alasannya yakni malas"