Cara Mengatasi Memori Tidak Terbaca di android

Hai selamat malam sahabat rampok yang kece, Sudah pada ngecek dashboard masing masing ? Dapat earning adsense berapa dollar hari ini semoga terus bertambah ya ^_^ hari ini admin mau share ne bagaimana sih caranya mengatasi kartu memori yang tidak kedetek di android, atau tidak kebaca bahkan rusak jadi kalau kalian punya memory card yang rusak cobadeh kalian praktekin dulu cara memperbaikinya dibawah ini ^_^

Memori yaitu salah satu hal yang terpenting untuk sebuah smartphone, alasannya yaitu adanya memori ini kita dapat menyimpan file atau berkas – berkas penting serta file yang menawarkan suatu hiburan dikala kita resah atau sakit hati mungkin. Tutorial yang mimin kali ini bagikan ialah bagaimana cara memperbaiki memori yang rusak atau yang tidak mampu terbaca oleh android.

Cara Mengatasi Memori Tidak Terbaca di android
Cara Mengatasi Memori Tidak Terbaca di android

Cara Mengatasi Memori Tidak Terbaca di android

Memory ini biasanya disebut dengan Micro SD atau memori external dimana alat ini digunakan dan sangat penting terpasang di gadget menyerupai smartphone, tablet atau kamera. Memori external yaitu cadangan dari memori internal dimana tidak sedikit orang yang mempunyai smartphone dengan kapasitas memori internal yang besar maka dari itulah memori external ini sangat dibutuhkan.

Pada dasarnya memori external atau yang disebut Micro SD ini aman untuk digunakan, namun mungkin ada beberapa virus yang mampu merusakan atau membuat memori external tidak mampu terbaca. Jika memori rusak, memang benar-benar tidak mampu di atasi akan tetapi jikalau memori tidak terbaca oleh android maka ada beberapa solusi yang sempurna untuk mengatasi dan memperbaikinya. Perlu anda ketahui sebenarnya tidak semua memori micro SD tidak mampu terbaca oleh smartphone android. Untuk mengatasi hal ini maka kita membutuhkan beberapa sentuhan atau settingan biar dapat digunakan sebagai mana mestinya.

Berikut ini yaitu tips bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki kartu memori micro SD yang rusak atau tidak mampu terbaca di android dengan mudah dan cepat. Semoga beberapa trik di bawah ini mampu anda gunakan untuk memperbaiki kartu memori yang tidak mampu terbaca tersebut.


Cara memperbaiki kartu Memori Micro SD yang tidak dibaca oleh android.


Diantara beberapa aktifitas yang sering dilakukan, dapat menjadikan micro SD anda menjadi rusak atau tidak terbaca menyerupai halnya aktifitas mengganti dan menukar kartu memori dari smartphone satu ke smartphone lainnya akhirnya yang memicu terjadinya kerusakan yaitu lempengan kuning dengan garis sempurna di memori kartu sehingga kerugian yang dimunculkan menjadi tidak terbaca oleh android alias rusak.

Hanya saja bila kerusakan lempeng kuning sempurna pada memori tersebut terjadinya kerusakan yang parah menyerupai halnya tergores, terpotong, terlipat atau lain sebagainya hal ini menjadi sangat mustahil untuk diperbaiki. Mengapa mampu begitu?  Perlu kalian ketahui bahwa lempengan kuning tersebut yaitu pengantar harus file untuk dibaca oleh android.

1. Cara mengatasi kartu memori rusak yang tidak terbaca android dengan menggosok Lempengan Kuning


Cara mengatasi kartu memori rusak yang tidak terbaca android dengan menggosok Lempengan Kuning

  • Sediakan penghapus pensil berwarna putih.
  • Setelah itu matikan handphone anda, lalu buka smartphone dan keluarkan memori micro SD tersebut.
  • Ambil penghapus pensil, kemudian anda gosokan sempurna di lempengan kuning dengan cara halus tidak terlalu di tekan.
  • Jika sudah bersih lempengan kuningan tersebut, lalu anda masukkan kembali memori ke smartphone dan lihat apakah terbaca atau tidak.

2. Memperbaiki kartu memori Micro SD rusak atau tidak mampu dibaca android dengan aplikasi error checking di PC


Untuk menggunakan cara kedua ini anda sangat membutuhkan beberapa alat menyerupai komputer atau laptop dan kabel data smartphone. Untuk langkah memperbaiki ikuti caranya pada berikut ini.

  • Hubungkan HP Android ke PC dengan menggunakan kabel data.
  • Pastikan sebelum HP android terhubung dengan PC, anda sudah menggunakan mode mass storage (MSC) bukan media transfer mode (MTP)
  • Setelah itu buka windows explorer, kemudian anda klik kanan pada kartu drive memori anda. Pilih properties > tools > error checking. Tunggu beberapa menit untuk proses pengecekan.
  • Jika proses telah selesai, maka anda eject kartu memori dan masukkan kembali ke HP dan lihat apakah sudah terbaca atau belum kartu memori Micro SD anda.

3. Cara Mengatasi dan memperbaiki kartu memori Micro SD yang rusak atau tidak mampu terbaca oleh android dengan menformat kartu memori tersebut.


Jika cara di atas tersebut kartu memori anda masih juga belum kembali menyerupai semula, maka langkah terakhir anda butuhkan yaitu memformat kartu memori tersebut. Memang cara ini sangat terbilang merugikan data-data di memori tersebut akan hilang dan tidak mampu dikembalikan terkecuali anda sudah membackup data pada memori smartphone anda.

Langkah ini mampu anda lakukan di device manapun menyerupai di PC komputer, laptop ataupun smartphone anda sendiri. Namun bila kartu memori anda tidak terbaca di smartphone, maka anda harus menggunakan laptop atau PC komputer. Apabila masih mampu tidak mampu terbaca maka dipastikan memori tersebut telah rusak dan tidak mampu diperbaiki kembali.

  • Untuk memformat kartu memori SD melalui HP android caranya yaitu masuk ke menu Setting > Storage > Erase Data Card atau dalam bahasa indonesianya Pengaturan > Penyimpanan > Hapus Semua Data.
  • Untuk Di komputer atau PC maka hubungkan Smartphone android anda ke PC Komputer kemudian klik kanan pada device kartu memori anda dan pilih format.

Demikianlah beberapa tips cara memperbaiki kartu memori Micro SD yang rusak atau cara mengatasi kartu memori yang tidak mampu terbaca di android. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Mengatasi Memori Tidak Terbaca di android"