Informasi mengenai Facebook Interest Performance

Facebook Fitur Interest Performance

Sebelum memulai pembahasan ini, mau tak disclaimer dulu bahwa tidak akan mungkin temen2 akan memperoleh hasil yang sama ibarat yang gw lakuin!
itu yang pertama, dan yang kedua: Setiap advertiser di facebook ads mempunyai stylenya masing-masing dan ini ialah style gw.

..Oke lanjut pembahasannya :-)
Udah lama ga buat note, sengaja buat note ini agar dibilang expert padahal sih masih kacrut haha...
Baru-baru ini FB mengeluarkan beberapa fitur terbarunya salah satunya ialah “Interest Performance” ga tahu deh orang lain sebut apa, tapi gw sebut gitu aja deh ya… dan kata sahabat sebenernya fb sudah keluarkan fitur ini semenjak lama cuman sekarang gres dikeluarkan lagi.
 seperti apa fiturnya? cek ss di bawah:
Fitur gres facebook

Lihat fitur ini dimana? ketika teman2 membuat iklan di facebook dan jika iklan gres tentu saja fitur ini ga akan muncul, temen2 harus test dulu interestnya.

Kegunaannya apa? nah dengan fitur ini temen2 mampu tahu interest manakah yang punya performance yang mengagumkan dibanding performance lainnya.

jika biasanya temen-temen bermain ‘tanpa’ menggunakan interest maka sekarang sudah saatnya arah permainan di rubah, soalnya (beneran) sayang banget jika ga pakai fitur ini.
Mau tahu caranya gw main dengan fitur gres ini? yang terang jika temen2 mau main dengan fitur ini siapkan budget untuk testing.

Gini cara yg gw mainin:  
Gw test dengan cara membuat campaign gres menggunakan bulk interest dengan hasil research berdasar affinity dan kepoin buyer yang komen di iklan kompetitor (reverse engineering)
Diamkan selama 1-3 hari (biasanya kalo gw tuh 3-5 hari) dan biarkan facebook mengoptimasi dan memberitahukan kita, manakah interest/audience yang mempunyai performa yang mengagumkan di banding lainnya.

Setelah menerima hasil bulk test interest dari campaign yang gw jalanin maka gw akan buat campaign gres berdasar dari hasil yang sudah di dapatkan dari hasil bulk campaign test tersebut. Disini gw memilih memasukan interest yang memang mempunyai performa mengagumkan dan diatas rata-rata.

dan akibatnya CTR naik sekaligus terjadi kenaikkan konversi yang sangat signifikan.
Ah… tapi apakah gw puas hingga disitu? tentu saja ngga :)
langkah berikut yang tak lakukan adalah:

Menggali lebih dalam lagi interest-interest gres yang nantinya akan kita test lagi. Tapi disini ada triknya teman2,  kita akan exclude iklan kita kali ini dengan cara, memasukan interest yg mempunyai perfoma mengagumkan di bab “exclude” di bawah include targeting…
Kalau galau soal exclude lihat gambar dibawah
exclude facebook

Masukan interest gres di “INCLUDE” lalu interest yang mempunyai performa mengagumkan di “EXCLUDE” dengan begini facebook akan menyingkirkan audience2 yang memang termasuk dalam interest/audience yang mempunya performa bagus.

dan dengan menggunakan cara diatas facebook akan (kembali) menunjukkan interest2 gres lainnya yang mempunyai performa mengagumkan :-)
Nah sekian catatan pendek wacana performa gres facebook.
Sekali lagi, setiap advertiser punya caranya masing2 mampu jadi cara ini works di gw belum tentu di temen2.

Salam Olahraga!
#DaridanBagi!

0 Response to "Informasi mengenai Facebook Interest Performance"