Mau jadi Affiliate Marketing ? Baca dulu ini !

Affiliate marketing itu bekerjsama model urusan ekonomi yang dari dulu sudah ada, cuma namanya saja yang sekarang tampak canggih, padahal dari dulu aktifitas urusan ekonomi menyerupai ini sudah ada yaitu urusan ekonomi makelar atau perantara.

Bedanya cuma affiliate marketing itu bekerjanya di dunia internet / online sehingga bisa saja disebut makelar online he..he.. Jangan tersingung ya disebut makelar, saya juga affiliate marketer, jadi juga seorang makelar, sama.

Contoh Kasus Makelar Offline


Contoh makelar offline atau makelar di dunia positif yang gampang diceritakan yaitu di urusan ekonomi jasa pernikahan. Semisal salon A yaitu penyedia baju pengantin dan make up bagi calon pengantin. Si Wati cocok dengan disain baju pengantin salon A dan memutuskan untuk mengambil paket yang disediakan salon A yaitu baju pengantin dan make-up / rias pengantin.

Jika pemilik salon A yaitu orang yang arif jualan (kebanyakan orang salon memang arif jualan), beliau akan menunjukkan ke si Wati untuk mengambil sekalian dekorasi panggung pengantin dengan harga yang menurut pemilik salon A yaitu murah dan bagus. Tentu saja pesannya harus lewat pemilik salon A biar bisa lebih murah. Ingat kata kuncinya ‘lewat‘.

Si Wati baiklah untuk memesan dekorasi panggung pengantin lewat pemilik salon A. Belum final hingga disini, si pemilik salon A menanyakan kembali ke si Wati, apakah sudah memesan kendaraan beroda empat pengantin. Tentu saja biasanya belum, kan masih 3 bulan lagi nikahnya. Jadilah si Wati selain membeli baju pengantin dan paket rias di salon A, juga memesan kendaraan beroda empat pengantin dan dekorasi panggung lewat si pemilik salon A.

Si pemilik salon A terang akan mendapatkan komisi dari pemilik jasa dekorasi panggung dan pemilik jasa sewa kendaraan beroda empat pengantin. Ini yaitu relasi yang win-win atau menang-menang.

Si Wati jadi tidak repot harus mencari jasa dekorasi panggung dan sewa kendaraan beroda empat pengantin, dan juga bisa mendapatkannya dengan harga lebih murah. Si pemilik salon A dapat komisi. Si penyedia jasa dekorasi panggung dan jasa penyewaan kendaraan beroda empat pengantin juga senang  karena mereka dapat order tanpa harus mencari lagi, walaupun mereka harus bayar sedikit komisi.

Nah, itulah cara kerja makelar offline.

Cara Kerja Affiliate Marketing / Makelar Online

Nah sekarang bagaimana cara kerja makelar online atau affiliate marketing ? Lihat diagram di bawah ini untuk lebih jelasnya.
cara kerja Affiliate Marketing
cara kerja Affiliate Marketing
Secara sederhana bisa dijelaskan peran utama dari seorang affiliate marketer yaitu mengirimkan visitor / pengunjung sebanyak-banyaknya ke website merchant / toko. Saat visitor / pengunjung itu melaksanakan pembelian atau melaksanakan suatu transaksi di website merchant, si merchant akan tahu bahwa visitor itu datang dari Anda dan oleh karena itu Anda akan diberi komisi oleh merchant tersebut.


Bagaimana si merchant bisa tahu visitor itu datang dari Anda ?

Bagaimana si merchant bisa tahu visitor itu datang dari Anda

Ketika seorang visitor yang datang ke website affiliate Anda dan meng-klik sebuah link yang membawanya ke website merchant, pada ketika itu bekerjsama ada proses di diam-diam yang terjadi.

Sebuah cookie, sebuah istilah teknis, yang bekerjsama yaitu sebuah file kecil yang ditaruh di komputer pembeli ketika mereka meng-klik link ke website merchant. Cookie ini berkhasiat untuk memberitahu si merchant bahwa visitor / pengunjung tadi datang dari affiliate / makelar yang mana sehingga tidak akan terjadi si merchant salah menyampaikan komisi ke affiliate lain.

Yah cuma itu saja bekerjsama affiliate marketing.

Sederhana bukan ? Ya sangat sederhana, apakah mudah ? Tidak selalu. Anda perlu melaksanakan kerjanya untuk berhasil di affiliate marketing, sama menyerupai urusan ekonomi apapun. Ingat ini sebuah bisnis, bukan sebuah lotere

Di luar negeri, hampir semua merchant / toko yang menjual produk dan jasa memiliki aktivitas affiliate. Dari nama besar menyerupai : Walmart, Home Depot, eBay, Yahoo, Dell, HP, Sony hingga merchant-merchant kecil yang kemungkinan besar belum pernah Anda dengar namanya.

Ada ribuan atau bahkan puluhan ribu merchant yang memiliki program affiliate. Sehingga sebagai seorang affiliate marketer, Anda tidak akan pernah kekurangan produk / jasa yang mau di promosikan. Justru sebaliknya, Anda seringkali akan resah mau mempromosikan produk / jasa / penawaran yang mana. Waktu setiap orang hanya maksimal 24 jam, oleh karena itu Anda harus selektif memilih merchant atau aktivitas affiliate yang mana yang mau Anda promosikan.

Sumber tulisan apa itu affiliate marketing ?

Jika sahabat pengen mencoba silahkan baca : cara daftar affiliate atau Affiliasi terbaru

APA SIH PERBEDAAN RESELLER DAN AFFILIATE ?


Istilah reseller dan affiliate dalam urusan ekonomi online memang sudah tidak absurd lagi. Kedua sistem tersebut sering digunakan untuk memperoleh penghasilan melalui internet. Jika pekan lalu telah dibahas ihwal apa itu affiliate, pekan ini kami akan membahas apa sih perbedaan reseller dan affiliate?

Pada prinsipnya sistem affiliate dan reseller yaitu sama. Yaitu sama-sama bertujuan untuk menjualkan produk orang lain, menjadi media perantara antara produsen/distributor dengan end user/konsumen. Atas jasa pemasaran tersebut maka mereka berhak untuk mendapatkan komisi, yang besarannya diubahsuaikan dengan aturan dari pihak produsen/distributor. Yang membedakan antara sistem reseller dan affiliasi yaitu :

Sistem affiliate yaitu salah satu sistem yang digunakan dalam urusan ekonomi online, dengan menjualkan produk atau jasa orang lain tanpa syarat apapun. Sehingga kita hanya diwajibkan mendaftar, tanpa perlu membeli atau memiliki produk atau jasa yang akan kita tawarkan. Namun komisi affiliate juga tidak sebesar komisi aktivitas reseller, biasanya berkisar antara 20% hingga 50%. Misalnya clickbank.com

Sedangkan aktivitas reseller yaitu sistem yang dapat dijalankan untuk urusan ekonomi online, dengan menjualkan produk atau jasa orang lain dengan syarat kita harus membeli atau memiliki produk atau jasa yang akan kita pasarkan. Komisi yang diberikan pun juga bervariasi, namun lebih besar daripada komisi yang diterima affilitor yaitu berkisar antara 30% hingga 80%.

Dalam menjalankan urusan ekonomi online dengan sistem affiliate ataupun reseller diperlukan ketekunan serta dituntut untuk selalu fokus pada satu produk atau jasa saja. Selain itu tidak semua aktivitas affiliate serta reseller yang ditawarkan memiliki kualitas yang bagus, jadi kita harus lebih berhati – hati untuk memilih aktivitas yang tepat. Untuk itu berikut kami berikan tips sukses menjalankan urusan ekonomi affiliate maupun urusan ekonomi reseller :

Sebelum menjadi affiliate ataupun reseller suatu produk, biasakan mempelajari informasi ihwal produk atau jasa yang akan Anda promosikan.

Pilihlah produk yang diminati pasar atau prduk yang anda sukai. Makara selain memasarkan produknya, Anda juga bisa memperoleh kesenangan dari kegiatan tersebut biar tidak mudah bosen.

Lakukan dengan menggunakan taktik marketing atau promosi yang beda daripada yang lain. Sehingga bisa menarik perhatian orang. Contohnya dengan menyampaikan bonus atau komplemen yang menarik minat beli konsumen.

Berikan komplemen pengalaman untungnya mengikuti urusan ekonomi affiliate atau reseller produk tersebut, biar konsumen yakin dengan penawaran yang ada. Bisa menggunakan blog Anda untuk mengoptimalkan promosi, dengan membuat konten gres di blog untuk promosi.

Mengajak kerjasama beberapa orang untuk membantu penjualan kita, misalnya saja mengajak rekan yang belum menjadi reseller untuk membantu memasarkan produk yang kita awarkan dengan membagi komisi yang diperoleh.

Yang kelima yaitu tekun, fokus serta menyampaikan inovasi – inovasi gres yang dapat menarik minat konsumen lebih banyak. Pikirkan ihwal cara meningkatkan penjualan produk yang kita tawarkan.
Banyak cara untuk meraih sukses dengan urusan ekonomi online, setelah mengetahui perbedaan aktivitas affiliate dan aktivitas reseller. Semoga dapat membantu Anda dalam memilih urusan ekonomi online yang bisa dijalankan. Salam sukses selalu.

Ini Dia Cara Menjadi Affiliate Marketing Yang Sukses


istilah affiliate bekerjsama sudah ada semenjak lama, ya affiliate atau aktivitas affiliate sudah dikenal dengan sebutan makelar sebelum bermetamorfosis lebih keren dengan sebutan affiliate. loh kok bisa?, bisa karena makelar atau affiliate itu yaitu penjual yang tidak memiliki barang untuk dijual. sebelum makin binggung coba perhatikan gambar dibawah ini


terlihat digambar terdapat tiga pihak yang terlibat didalam affiliate marketing ini :
Merchant
yaitu si pemilik produk dan pemilik aktivitas affiliate yang ingin memasarkan produknya

Affiliate
yaitu pihak yang mengikuti aktivitas affiliate milik merchant dan diberikan kepercayaan oleh merchant untuk membantu memasarkan produknya

Customer
yaitu konsumen yang akan membeli produk merchant melalu affiliasi

sederhananya affiliasi yaitu orang yang membantu menjualkan produk yang bukan miliknya, tetapi tetap mendapat imbalan dari setiap transaksi yang terjadi antara pemilik dan pembeli melaluli affiliasi.

Menjadi seorang affiliate yang berhasil memang susah - susah gampang untuk dijalankan, memang banyak blogger -blogger yang berpenghasilan lebih dari 5juta per hari, hanya dengan menggikuti aktivitas affiliate ini, tapi itu semua membutuhkan proses yang tidak sebentar, sebagai teladan saya ambil dari pengalaman affiliate sukses yaitu Anne Ahira dan Habibie afsyah, bagi yang sudah berkecimpung dalam dunia affiliate marketing pasti sudah tidak absurd dengan nama - nama diatas, tetapi karna terlalu banyak gosip miring ihwal Anne Ahira, maka saya hanya membahas ihwal Habibie afsyah.

Habibie afsyah merupakan penderita kelainan muscular dytrophy, yaitu cacat fisik yang menimbulkan tidak berfungsinya sistem motorik di dalam tubuh. tetapi dengan kekurangannya itu Habibie afsyah bisa menjadi internet marketing yang sukses melalui aktivitas affiliate, bagaimana caranya?
sebelum jauh lompat ke pertanyaan itu sebaiknya anda baca dulu ihwal Habibie afsyah disini. .
kesuksesan dari Habibie afsyah itu diraih karna ia memiliki ketekunan, tidak mudah menyerah, dan yang terpenting yaitu praktek, jangan terlalu banyak membaca ihwal cara - cara menjadi internet marketing sukses yang ada di artikel - artikel google, kenapa?, karena intinya sama saja, kalau anda sudah membaca satu artikel dan anda berpikir sanggup melakukannya, maka lakukanlah, toh dalam aktivitas affiliate ini kita hanya memiliki peran untuk memasarkan tanpa repot - repot memikirkan ihwal pengiriman, pembayaran, atau komplain. jadikanlah kisah dari Habibie afsyah di atas sebagai inpirasi anda biar dapat memiliki penghasilan menyerupai Habibie afsyah atau bahkan bisa melebihinya.

itu sekilas wangsit untuk anda, setidaknya sekarang anda sudah sedikit paham ihwal apa, cara kerja, dan bagaimana aktivitas affiliate marketing itu dapat menghasilkan.

sekarang saya akan jelaskan cara - cara memasarkan produk affiliate anda

ADVERTISING
yaitu anda membayar situs - situs penyedia Advertising untuk berbagi iklan - iklan produk affiliate yang anda ikuti.dan secara otomatis akan banyak konsumen yang akan melihat iklan anda. tapi cara ini memerlukan biaya, jadi jangan hingga salah dalam perhitungan laba.

BLOG
blog merupakan cara yang paling mudah dilakukan, anda hanya perlu meletakan barnner iklan - iklan affiliate anda di blog yang anda kelola. tetapi memiliki resiko juga, karena kalau anda terlalu banyak memasang iklan di blog, maka pengunjung tidak akan betah melihat blog anda atau yang lebih parah lagi blog anda tidak mendapatkan pengunjung sama sekali.

PPC
PPC atau pay per click, yang dimana cara ini juga membutuhkan biaya untuk melakukannya. caranya hampir sama dengan Advertising, bedanya hanya di PPC kita mencari pemilik blog - blog yang mau memasangkan iklan anda di blognya, tentunya dengan sisem bagi hasil

TRAFFIC
disini sistemnya yaitu bisa disebut saling bantu, yaitu dimana anda akan diberikan kesempatan untuk melihat iklan atau blog milik orang lain, dan dari hasil melihat iklan milik orang lain itu anda akan mendapat credit, yang nantinya dapat digunakan untuk mendapatkan pengunjung blog atau iklan anda, yang tentunya masih tergabung dalam satu aktivitas traffic tersebut.

SEO
yaitu abreviasi dari Seach Engine Optimization. Artinya yaitu suatu kegiatan yang dilakukan untuk meng-optimalkan website atau blog Anda dimata search engine. dengan anda mengerti SEO dan dapat menjalankanya dengan baik, maka itu akan menjadi sesuatu yang paling besar lengan berkuasa dalam pemasaran iklan affiliate anda.

EMAIL
pernahkah anda mendapat Email cara mendapat penghasilan dengan cepat, atau dengan membeli ebook ini maka akan mendapat penghasilan 2000$ perhari?, kalau ya maka anda sudah tau dan mengerti bagaimana cara kerja sistem affiliate marketing melalui Email ini. intinya yaitu anda sebagai pemasar mengirimkan Email kesejumlah orang dan berharap mendapat adanya transaksi yang dilakukan oleh si akseptor Email tersebut.

SOSIAL MEDIA
nah cara ini yang sering dilakukan oleh affiliate yaitu menyebar link - link produk affiliate di social media. social media apa saja yang cantik untuk dipakai menjalankan aktivitas affiliate?, kalau itu pertanyaan yang ada di benak anda, maka saya bisa katakan semua social media itu cantik untuk mempromosikan produk affiliate, semakin sering anda promosi maka semakin besar pula pendapatan yang bisa anda hasilakan. tetapi pastinya dengan ketekunan, semangat , dan impian untuk belajar.

Selanjutnya saya akan menyampaikan list dari aktivitas affiliate yang sudah terbukti dan baik untuk anda pertimbangkan mencari aktivitas affiliate yang cocok dengan kemampuan.

AMAZOM
siapa yang tidak pernah medengar ihwal amazon di internet, walaupun yang masih newbi dalam dunia online, pasti sedikit tidaknya pernah mendengar ihwal toko online terbesar ini, menjadi affiliate amazon anda akan mendapat 4% dari penjualan yang terjadi. yang tentunya melalui anda
alexa rank : peringkat 6 di dunia.

NAMECHEAP
situs terbesar penyedia web hosting dan domain ini menyampaikan anda 15% dari setiap penjualan yang berhasil anda lakukan
alexa rank : peringkat 2326 di dunia

CLICKBANK
clinkbank yaitu situs terbesar yang menjual produk - produk digital berupa software, ebook, DLL, dengan statistik yang baik dan pembayaran yang selalu lancar(paling lambat 2 minggu) click bank patut anda coba.
alexa rank : peringkat 3518 di dunia

LAZADA
untuk dalam negeri lazada mungkin memilki reputasi yang baik, komisi yang diberikan yaitu 8% dari setiap penjualan yang anda dapatkan.
alexa rank : peringkat 888 di dunia

IDHOSTINGER
yaitu sebuah layanan web hosting indonesia yang menyediakan layanan web hosting gratis dan aktivitas ini sangat mudah dilakukan, yaitu dengan mencari 10 downline maka anda sudah akan mendapat bayaran
alexa rank : peringkat 29.622 di dunia

setelah membaca artikel ini saya harap anda sudah mengerti prinsip dari affiliate marketing dan siap untuk pribadi praktek, dan tidak akan salah memakai dalam iklan yang sempurna atau cocok untuk anda, dalam hal ini saya katakan secara sederhana tidak akan mungkin ada yang berminat kalau misalnya anda yaitu seorang pria tetapi memakai pakian wanita, gimana mau berminat dilihat aja udah ga ada yang mau, sekian dulu semoga anda mengerti ihwal apa yang saya jelaskan dan selanjutnya ACTION.

0 Response to "Mau jadi Affiliate Marketing ? Baca dulu ini !"