Awal Mula Saya Mengenal Blog, SEO dan AdSense

Blog bahwasanya bukan hal yang gres bagi kebanyakan para netter, apalagi jaman sekarang, teknologi semakin canggih, salah satunya banyak tersedianya provider internet yang menyampaikan akomodasi berinternet portable dengan banyaknya modem yang dijual murah, sehingga berinternet semakin mudah mampu dimana saja dan kapan saja, sehingga pertumbuhan blogger sangat cepat luar biasa, kadang saya iri dengan anak jaman sekarang, jaman sekarang di abad teknologi yang semakin canggih, dari balita bahkan sudah dikenalkan internet, beda halnya dengan jaman dulu, saya langsung benar-benar gres mengenal dan gres pertama kali memegang yang namanya komputer pertama kali di awal tahun 2001 dan gres mengenal internet pertama kali pada tahun 2002, alasannya ialah adanya peran kuliah yang mengharuskan peran tersebut dikirim via email.

Internet jaman dulu beda dengan sekarang, sekarang sangat mudah dan cepat, sedangkan dulu penuh dengan keterbatasan, sangat lambat dan mahal, saya masih ingat ketika pertama kali memberanikan diri nyewa warnet 5.000 rupiah per jam menggunakan window 98, dengan kecepatan yang sangat lemot, belum apa-apa waktu sudah habis, mungkin alasannya ialah gugup belum mengenal internet dan tidak cerdik mengetik, jadi kebanyakan melongok saja di depan layar monitor tanpa tau apa yang harus dilakukan kesannya uang Rp 5.000 yang boleh dibilang cukup besar pada waktu itu kesannya ludes tanpa menerima hasil apapun, semenjak itu saya tidak pernah lagi membuka internet hingga selesai tahun 2007.

Awal Mula saya mengenal Blog !


Ya lupakan saja itu masa lalu terpuruk yang saya alami, seiring waktu di pertengan tahun 2013 atas acuan dari teman, saya iseng membuat blog di blogger, ini blog pertama saya yang masih aktif hingga dikala ini, saya membuat blog sedikitpun tanpa ada tujuan yang jelas, mungkin hanya sekedar iseng, dan tidak punya teknik apapun perihal dunia perbloggingan, apalagi dunia SEO dan yang lainnya mengganti template blog saja tidak tau, benar-benar tidak tau sama sekali, yang ada dipikiran saya pada waktu itu, saya cuma ingin menulis kembali ilmu yang saya pelajari biar tidak lupa dan dikemudian hari mampu dibaca kembali secara online. saya memberi nama blog dengan nama , alasannya ialah pada awalnya blog ini ingin digunakan untuk mendokumentasikan source code java dan bahasa pemrograman web yang saya pelajari.

Di awal bulan pertama saya mencoba menerbitkan kurang lebih 6 buah artikel, masih ingat artikel yang saya terbitkan kebanyakan saya kopi dari ms word, padahal bahwasanya kopi paste menyerupai itu kurang mengagumkan dan memperbesar kapasitas konten alasannya ialah banyaknya instruksi format ms word akan ikut terkopi.

Karena tanpa tujuan yang jelas, kesannya beberapa bulan saya lupa sama sekali dengan blog saya ini, gres mulai dibuka dan dilanjutkan kembali di pertenggahan tahun 2014, bulan juli 2014 kalo tidak salah, saya terpaksa membuka blog lama saya ini alasannya ialah harus mengajar mata pelajaran membuat blog di sebuah kursusan di kota garut, padahal saya kurang hebat tapi terpaksa saya ambil, jadi dibuat demo saja blog saya ini,padahal tetap masih tidak tau apa tujuan membuat blog sebenarnya, bahkan pada waktu itu saya masih bertanya-tanya apa tujuan orang rela menghabiskan waktu hanya untuk terus menulis banyak artikel untuk blognya?.

Mulai mengenal SEO alasannya ialah tidak sengaja

Masih ingat ketika siswa bertanya bagaimana biar blog muncul di pencarian, haha gua galau waktu itu jawabnya apa brow...., lawong saya juga tidak tau...., untuk menutupi ke tidak tauan saya, kesannya saya jawab saja nanti saya jelaskan hehe....padahal tidak tau!!!.

Peristiwa ini ternyata menjadi awal mula saya mengenal istilah SEO, alasannya ialah itu jadi pertanyaan langsung saya juga bagaimana biar blog mampu muncul dipencarian google, kesannya saya mulai browsing, dan mengenallah yang namanya SEO, saya menerima kesimpulan bahwa agar blog mampu muncul dipencarian google dan mampu menempati posisi terbaik harus tau bagaimana caranya meningkatkan secara optimal mesin pencari atau istilah lainnya SEO.

Dari semenjak itu saya jadi tertarik dengan yang namanya seo, biar apa yang saya pelajari tidak lupa saya putuskan untuk selalu menulis kembali apa yang saya pahami perihal seo di blog saya ini, jadi asing juga ya, blog yang tadinya digunakan untuk menulis dokumentasi bahasa pemrograman, jadi melenceng ke SEO, memang benar dengan menuliskan kembali apa yang kita pahami ternyata jadi memperpanjang ingatan.

Mulai Mengenal Google Adsense

 Seiring dengan berjalannya waktu dan sedikit demi sedikit tau perihal istilah-itilah seo, namun tetap masih belum menemukan jawaban mengenai petanyaan saya pribadi, apa tujuan orang membuat blog bahkan hingga rela disibukan membuat artikel untuk membuat blog?

Sampai suatu hari saya membaca status seorang sahabat lama saya di halaman facebook saya, yang sedang pamer penghasilan dolar, katanya diperoleh dari internet, masih ingat pada waktu menjelang idul qurban tahun lalu, status sahabat saya "total bulan ini dapat 1.000$ lumayan buat qurban, status yang beliau bikin dilengkapi dengan Screen shoot nilai penghasilan yang iya dapatkan, awalnya saya tidak percaya dan itu hanya bohong saja. namun yang membuat saya jadi yakin dan percaya ialah celotehan tanggapan komentar temannya yang sepertinya sedang bersaing, dan dari komentar temennya yang saya baca saya menyimpulkan bahwa mereka ternyata sedang bermain google ads dan juga amazon.

Dari sana saya mulai menyapa sahabat saya mengenai perihal cara bagaimana mampu menerima dolar sebesar itu", tapi beliau jawab "rahasia katanya !!!!", haha jawaban menyerupai itu yang membuat saya semakin penasaran,  dengan pertolongan paman saya yang baik "Om Google", kesannya saya mencoba mencari tau bagaimana cara menerima dolar dari internet melalui google ads. hingga pada kesannya dengan berbekal pengetahuan tentang  google adsense yang masih pas-pasan, saya mencoba iseng mendaftarkan blog saya ini, untuk pertama kalinya, dan alhamdulilah dengan banyak mengikuti saran-saran para master yang berpengalaman, kesannya saya berhasil diterima google AdSense dalam sekali daftar.

seiring dengan diterimanya saya menjadi publisher google adsense, saya terus mencoba memahami dan memperdalam tips dan trik bagaimana cara bermain google ads yang baik, dan saya berhasil dibulan pertama mampu memperoleh dolar melebihi ambang batas dikirimkannya PIN google adsense, bulan pertama dan kedua pin tak kunjung datang hingga pada kesannya bulan ketiga kesannya PIN google adsense hingga juga ke rumah saya.

Pendapatan Pertama dari google AdSense.

Seiring dengan sampainya PIN ternyata saldo ads saya untuk 3 bulan pertama sudah mampu di cairkan, masih ingat untuk pertama kali saya dapat dolar dari adsense saya anggap lumayan cukup besar untuk blogger pemula menyerupai saya, bahkan kalo diuangkan dan dibandingkan dengan gaji saya ketika masih bekerja dulu di software hause di kota bandung. lebih besar perolehan saya pertama kali dari google adsense, bahkan mencapai 2x lipatnya, namun dikala itu alasannya ialah mungkin belum punya pengalaman mencairkan pendapatan google adsense, masih banyak keraguan dan bertanya-tanya "Apakah benar-benar ini mampu dicairkan?"

Dengan mengikuti acuan dari para blogger, saya kesannya memberanikan diri untuk mencairkan menggunakan WU di kantor pos di kota garut dengan membawa syarat-syarat yang diperlukan, haha ingat pertama kali, dengan perasaan kurang yakin, saya mulai menulis di formulir WU, kemudian menuju salah satu petugas Pos disana, benar-benar gemetaran, Alhamdulilah ternyata pendapatan dolar saya benar-benar mampu dicairkan, saya ambil itu uang dengan gemetaran dan seraya mengucap syukur "Alhamdulilah ternyata benar!", sungguh  pengalaman pertama yang bikin deg-degan dan tidak mampu dilupakan.

Dari semenjak itu kesannya saya tau, pertanyaan saya mengenai kenapa banyak blogger yang rela menghabiskan waktunya untuk membuat artikel kesannya terjawab pada waktu itu, ternyata-eh ternyata blog mampu menghasilkan uang.

Namun Sejak itu saya menyesal sangat dalam, Apa yang saya sesalkan adalah, kenapa saya tidak dari dulu mengenal dunia blogging, barang kali itu penyesalan saya yang paling dalam yang tidak mampu saya lupakan.

Hikmah Ngeblog dan Google Adsense

Saya mulai berfikir ternyata apa yang saya peroleh hingga dikala ini dari adsense bahwasanya ialah jawaban dari Yang maha kuasa mengenai do'a saya, 5 tahun saya bekerja di software hause di kota bandung terpaksa harus keluar alasannya ialah tidak mampu meninggalkan istri saya di kota garut  yang sering pingsan akhir efek kecelakan ditabrak yang menyebabkan  tertanggunya saraf motorik dikepalanya, dan hingga dikala ini sering pingsan dan pingsan, setiap habis pingsan maka harus istirahat total selama 2 hari, sungguh tidak mampu ditinggalkan.

Masih ingat di awal keluar dari pekerjaan, tidak punya pekerjaan, bahkan beberapa bulan hanya menerima 100 ribu rupiah, dan sedihnya ketika menjelang lebaran tidak punya penghasilan sepeserpun padahal istri dan anak sulung saya, belum sama sekali membeli baju lebaran...untung istri saya ialah istri solehah hehe....

Ternyata dengan bekerja menjadi seorang blogger mampu terus berdekatan dengan anak istri dan keluarga dan cukup untuk membiayai mereka, ini yang membuat saya memutuskan untuk semangat ngeblog hingga selesai hayat.

Saya hanya berharap mudah-mudahan apa yang saya peroleh hingga dikala ini mampu langgeung seumur hidup saya dan mampu bertambah, dan mudah-mudahan apa yang saya sajikan melalui artikel blog ini bisa  bermanfaat bagi siapapun. Salam

0 Response to "Awal Mula Saya Mengenal Blog, SEO dan AdSense"