Jasa Pengiriman

Ads Here

Monday, November 13, 2017

Search Intent: Melihat Nilai dan Fungsi Keyword

 hal sederhana yang sering dilupakan wacana Keyword Search Intent: Melihat Nilai dan Fungsi Keyword
Ada 1 hal sederhana yang sering dilupakan wacana Keyword.

...Search intent.

Sederhananya, search intent yakni maksud pencarian (terjemahan dari bahasa Inggris).

Setiap pengguna internet pasti memiliki tujuan saat mencari info di interne. Dan kerennya, mesin pencari sudah tau apa yang mereka inginkan.

Anda pasti tau kalau keyword A trafficnya lebih besar daripada keyword B. Atau keyword AF trafficnya lebih kecil dari keyword JS

Tapi yang perlu Anda ingat yakni setiap keyword nilai bisnisnya berbeda.

Contoh:

  1. Acer
  2. Notebook acer
  3. Beli notebook acer
  4. Notebook acer terbaru harga 2 jutaan

Maka yang diinginkan pengunjung (urut sesuai nomornya) adalah

  1. Menuju web resmi Acer
  2. Produk notebook dari Acer
  3. Beli notebook bermerek Acer
  4. Rekomendasi notebook dari Acer seri terbaru dengan harga 2 jutaan

Entah Anda sadari atau tidak, saat Anda salah memahami search intent, maka Anda meloloskan keuntungan lewat begitu saja.

Untungnya, saya akan membantu Anda menerima keuntungan itu lagi.

Karena konten ini dibuat khusus untuk Anda yang sedang bergelut di bisnis online jual-beli.

Memahami Search Intent Pengunjung


Baiklah mari kita pahami 4 jenis intent pengunjung saat mencari informasinya di internet.

Anda juga mampu mencoba mencarinya di internet sebagai pembanding.

#1 Search Intent Informational


Seperti namanya, intent dari orang-orang ini yakni informasi.

Secepat mungkin mereka ingin menemukan jawaban dari permasalahan mereka.

Contoh keyword dengan intent ini:

  1. Paskibraka adalah
  2. Cara memutihkan wajah
  3. 10 anggota ASEAN
  4. Rumus keliling lingkaran

Untuk intent jenis ini, konten-konten berisi info merajai SE dan trafficnya pun besar alasannya yakni setiap hari pasti ada saja yang tidak tau.

Namun Google sekarang pintar, mereka tau kebutuhan warganet.

Untuk mempercepat warganet menemukan info yang dibutuhkan, mereka menambahkan fitur cuplikan unggulan.

Apa itu cuplikan unggulan? Coba baca penjelasan resminya.

Dan ada banyak fitur-fitur keren lainnya yang dibuat hanya demi mempermudah warganet menerima jawaban.

Ini beberapa diantaranya...

 hal sederhana yang sering dilupakan wacana Keyword Search Intent: Melihat Nilai dan Fungsi Keyword

 hal sederhana yang sering dilupakan wacana Keyword Search Intent: Melihat Nilai dan Fungsi Keyword

 hal sederhana yang sering dilupakan wacana Keyword Search Intent: Melihat Nilai dan Fungsi Keyword

 hal sederhana yang sering dilupakan wacana Keyword Search Intent: Melihat Nilai dan Fungsi Keyword

 hal sederhana yang sering dilupakan wacana Keyword Search Intent: Melihat Nilai dan Fungsi Keyword

 hal sederhana yang sering dilupakan wacana Keyword Search Intent: Melihat Nilai dan Fungsi Keyword

 hal sederhana yang sering dilupakan wacana Keyword Search Intent: Melihat Nilai dan Fungsi Keyword

Ya itu beberapa fitur yang telah diberikan Google untuk usernya supaya lebih cepat dan mudah menemukan informasi.

Saran saya, Anda harus lebih berhati-hati memilih keyword informational.

Karena sangat mungkin bahwa volume pencariannya tinggi tapi traffic kunjungannya tidak ada jawaban info pada cuplikan unggulan sudah lengkap.

#2 Search Intent Navigational


Keyword-keyword ini yakni keyword brand.

Volume trafficnya mampu sangat besar bila brand tersebut terkenal (misalnya Facebook).

...tapi tidak ada gunanya bila dipilih sebagai keyword utama.

Alasannya alasannya yakni pasti warganet ingin pergi ke website resmi brand tersebut.

Contoh dari keyword navigational:

  1. Facebook login
  2. Samehadaku
  3. Kaskus
  4. PopCash

Apalagi bila brand itu yakni brand terkenal, pasti di halaman 1 di dominasi oleh situs itu.

Contohnya: coba search dengan kata kunci "Unilever"

Hasil penelusurannya menyerupai ini

Saran saya, jangan hanya memakai keyword navigational saja bila ingin membuat artikel.

#3 Search Intent Commercial Investigation


Yang ketiga ini yakni keyword review.

Pasti Anda pernah mencari info wacana suatu produk untuk memastikan bahwa pilihan Anda sudah benar.

Apalagi produk harganya mahal plus sangat penting bagi perkembangan bisnis Anda.

Kita akan mencari semua hal yang bersangkutan wacana produk itu, mulai dari harga, spesifikasi, daerah belinya, biaya distribusinya, hingga cara pembayarannya.

Contoh keyword di kategori ini:

  1. Review laneige bb cushion
  2. Apakah poptm scam?
  3. Hotel di Solo
  4. Harga laptop lenovo terbaru

 hal sederhana yang sering dilupakan wacana Keyword Search Intent: Melihat Nilai dan Fungsi Keyword
Keyword "hotel di Solo" untuk info lebih lanjut silakan lihat penjelasannya di sini

Saran dari saya, apapun jenis usaha Anda, carilah keyword dengan intent commercial investigation di bisnis Anda sebanyak mungkin.

Pakai keyword-keyword itu dan pakailah dalam konten supaya memperbesar peluang konversi.

#4 Search Intent Transactional


Pasti Anda sudah paham search intent transactional yakni intent yang ada pada orang yang sudah siap membeli atau memakai produk.

Contoh keyword yang dipakai:

  1. Beli sepeda murah
  2. Jual sepatu nike original
  3. Sewa kamar kos Solo

Jika website Anda menunjukkan jasa atau produk pasti sudah ada konten dengan intent ini.

Intent transactional trafficnya cenderung sedikit.

Selain itu, kombinasi keywordnya tidaklah banyak maka otomatis persaingannya lebih sulit.

Karena banyaknya toko besar di internet menyerupai Lazada, Bhinneka, BliBli, Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain. Kalau di kehidupan faktual itu layaknya sebuah mall.

...pasti berat persaingannya.

Tapi itu sebanding dengan konversi yang ditawarkan.

Lantas bagaimana supaya mampu bersaing dengan website raksasa itu?

Untuk tahap selanjutnya Anda mampu melihat 2 konten ini.

  1. Cara meriset keyword dengan TMK
  2. Cara memenangkan persaingan

Semangat!


Nah, itu yakni 4 jenis search intent warganet saat mencari info di internet.

Anda harus berilmu memahami search intent mereka.

SEO is all about creativity.

Dan saya akan sangat senang bila Anda membagikan konten ini.

Terima kasih.

No comments:

Post a Comment