Mengkaji perbedaan situs wordpress.com vs wordpress.org

Mengkaji perbedaan wordpress.com dan wordpress.org - Ketika berkeinginan untuk membuat blog, ternyata berbagai pilihan situs penyedia layanan blog yang mampu kita gunakan, dan hampir sebagian besar situs penyedia layanan blog bersifat gratis. Diawal aku mulai ngeblog, situs penyedia layanan blog yang pertama kali aku kenal dan aku gunakan ialah blogspot.com atau blogger.com, aku lebih memilih layanan blog tersebut di karenakan ada brand google dibelakangnya, namun seiring dengan banyaknya tumpuan yang aku dapatkan mengenai dunia blog, ada satu blog lagi yang ketika ini membuat aku penasaran dan tertarik untuk menggunakannya, blog tersebut ialah wordpress, silahkan baca: Alasan memakai wordpress untuk top level domain.

Setelah menerima isu yang cukup mengenai apa itu wordpress dan bagaimana cara membuat blog di wordpress, pada karenanya aku menerima isu bahwa dibelakang nama wordpress ternyata ada dua situs besar yang menggunakan nama tersebut, yaitu wordpress.com dan wordpress.org,   munculah pertanyaan dibenak aku mengenai perbedaan kedua situs besar tersebut, terutama dalam membedakan wordpress.com dan wordpress.org, barangkali pertanyaan aku tersebut mengenai wordress sempat juga terlintas dibenak anda, pada artikel ini aku akan coba membahas sedikit mengenai perbedaan kedua situs wordpress tersebut.

Mengkaji perbedaan wordpress.com vs wordpress.org

Perbedaan wordpress.com dan wordpress.org

Sebenarnya kedua situs tersebut memiliki brand yang sama yaitu wordpress, dari beberapa tumpuan yang aku baca, keduanya sama namun memiliki perbedaan tujuan, adapun perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org sebagai berikut:

Wordpress.com

Wordpress.com ialah situs penyedia layanan blog gratis menyerupai halnya blogspot.com / blogger.com, jadi kalau anda berkeinginan ingin membuat blog semi gratis menggunakan wordpress, maka  anda mampu buat di situs wordpress.com, namun sayangnya blog yang kita buat di wordpress.com akan memiliki banyak keterbatasan, sebagai berikut:

a. Kapasitas blog yang dibatasi hingga 3 GB, kalau lebih maka kita akan dikenakan biaya tambahan.

b. Blog tidak mampu dikostumisasi secara pribadi, tidak menyerupai di blogspot.com blog yang kita buat di wordpress.com hanya mampu menggunakan template-template blog bawaan yang disajikan oleh wordpress.com dan tanpa mampu di modifikasi dan di customisasi ulang

c. Blog yang dibuat di wordpress.com tidak mampu dimonetisasi.

d. Kurang akrab dengan mesin pencari google, tetap saja google lebih mengutamakan blogspot kalau dibandingkan dengan blog yang dibuat dengan layanan blog lain.

e. Meskipun blog yang kita buat di wordpress.com mampu kita ganti menjadi top level domain, semuanya penuh dengan keterbatasan dan kita sebagai pemilik blog tidak punya kendali penuh atas  blog yang kita miliki, semuanya ada di kendali team wordpress sendiri. dan semuanya secara berdikari di maintenance atau dirawat oleh team dari wordpress.com.

f. Fasilitas-fasilitas aksesori menyerupai plugin dan lain sebagainya yang diperlukan oleh blog wordpress.com tidak gratis.

Namun dibalik keterbatasan ternyata blog yang kita buat di wordpress.com masih memiliki kelebihan, sebab kendali penuh berada di team wordpress.com, blogger tidak berlu bersusah payah untuk melaksanakan maintentance terhadap struktur arahan blog yang bersangkutan, baik itu seo maupun yang lainnya, barangkali untuk blogger yang hanya mampu posting, ini akan sedikit menguntungkan. sebab mereka tidak perlu bersusah payah melaksanakan pemeliharaan struktur template secara mandiri.

Baca juga: cara membuat blog terbaru di blogger: lengkap

Wordpress.org

Sedangkan situs Wordpress.org ialah salah satu situs yang menyajikan segala macam kemudahan yang diperlukan untuk membangun cms blog wordpress,  kalau wordpress.com merupakan penyedia layanan blog, maka wordpress.org ialah sebuah komunitas global yang menyediakan segala bentuk kemudahan wordpress, salah satunya  menyajikan file cms wordpress yang mampu kita unduh dan mampu kita gunakan untuk blog dengan hosting dan domain eksklusif secara gratis.

Jika kita ingin membuat blog wordpress eksklusif atau blog dengan nama domain sendiri (.com, .org, .co.id, dll)  atau blog yang kita hosting secara eksklusif namun dengan menggunakan cms wordpress, kita mampu mendownload-terlebih dahulu file cms wordpress secara gratis di situs wordpress.org, kemudian membeli domain eksklusif beserta web hostingnya, dan gunakan file cms wordpress untuk halaman blog eksklusif kita.

Adapun beberapa kerugian dan keuntungan membuat blog top level domain dengan wordpress ialah sebagai berikut:

a. Harus mengeluarkan biaya, setidaknya kalau kita memutuskan untuk membuat blog dengan hosting eksklusif menggunakan cms wordpress, kita harus mengeluarkan biaya, biaya akan menyesuaikan dengan kapasitas blog yang kita gunakan

b. Anda harus memiliki keahlian memodifikasi arahan template wordpress, ini akan merepotkan kalau saja anda tidak tau seluk beluk bahasa pemrograman web, untuk meintenance arahan template blog wordpress, setidaknya anda harus memahami bahasa pemrograman web, menyerupai HTML, CSS, javascript dan PHP, untuk kasus ini sepertinya tidak perlu khawatir kalau anda mau belajar, sebab banyak template-template gratis yang siap kita gunakan.

c. Situs sepenuhnya milik anda, beda halnya ketika kita membuat blog domain eksklusif di wordpress.com, tetap saja kepemilikan situs bukan sepenuhnya milik anda, namun tetap menjadi milik wordpress.com, namun kalau anda membuat blog wordpress dengan hosting pribadi, kepemilikan situs tersebut sepenuhnya milik anda, anda mampu modifikasi, mengganti template dan yang lainnya dengan lebih leluasa.

e. Blog wordpress yang dihosting eksklusif akan memiliki nilai jual yang cukup berharga, beberapa situs penjualan blog hampir seluruhnya didominasi oleh blog wordpress yang dihosting secara pribadi, dengan nilai jual yang cukup fantastis.

f. Banyak sekali plugin-plugin wordpress yang siap kita gunakan, kalau harus memodifikasi blog secara eksklusif maka anda harus memiliki keahlian khusus, namun ternyata untuk cara cepatnya misal untuk membuat strukturk blog seo friendly, dan lain sebagainya, yang kita butuhkan hanya menginstal plugin khusus yang berbagai tersedia baik itu gratis maupun berbayar.

g. Blog mampu dimonetisasi, sebab blog wordpress yang dihosting secara eksklusif ialah milik kita sepenuhnya, maka blog memiliki kesempatan untuk dimonetisasi dengan lebih leluasa.


Jika harus memilih membuat domain eksklusif antara blog yang kita buat di wordpress.com dengan yang kita hosting secara eksklusif menggunakan template yang kita unduh di wordpress.org, kita kembalikan ke tujuan dan minat masing-masing, kalau anda tidak mau direpotkan dengan urusan arahan template sebaiknya anda memilih blog wordpress.com untuk anda upgrade dan anda jadikan domain eksklusif anda, kesibukan anda barangkali hanya dengan memposting artikel saja, namun kalau anda memiliki skil khusus dan senang mengotak-ngatik dan ber eksperimen dengan arahan template, dan lain sebagainya, aku sarankan anda  memilih membuat hosting eksklusif dengan wordpress, maka blog tersebut akan sepenuhnya menjadi milik anda.

Demikian artikel sederhana perihal Mengkaji perbedaan wordpress.com dan wordpress.org, agar bermanfaat.


0 Response to "Mengkaji perbedaan situs wordpress.com vs wordpress.org"