Bisakah Artikel Tanpa Backlink Mendatangkan Banyak Visitor organik?

Bisakah Artikel Tanpa Backlink Mendatangkan Banyak Visitor organik? - pertanyaan menyerupai ini banyak saya temukan di beberapa forum online dan juga group  sosial  media, bahkan masih dipertanyakan termasuk oleh saya pribadi, berbicara mengenai visitor organik berarti visitor atau pengunjung yang datang dari mesin pencari (terutama google), tidak dapat dipungkiri bahwa hingga ketika ini yang paling mensugesti sebuah artikel blog bisa nangkring di posisi terbaik hasil pencarian salah satunya yakni peranan backlink, backlink menyerupai halnya sebuah vote yang menunjukkan point untuk artikel sehingga kehadiran backlink akan bisa membuat artikel tampil lebih baik di hasil pencarian google (SERP).

Namun Tahukah anda bahwa ternyata artikel tanpa backlink bisa mendatangkan banyak pengunjung?, bahkan bisa hingga ribuan lebih, mungkin ini pengaruh dari perkembangan mesin pencari yang semakin user-oriented.

perlu diketahui bahwa untuk ketika ini mesin pencari selain melibatkan faktor optimasi seo onpage dan juga meningkatkan secara optimal seo offpage, ternyata mesin pencari juga sangat melibatkan faktor pengguna untuk menentukan peringkat blog atau website di hasil pencarian.

artikel tanpa backlink mendatangkan banyak visitor


Untuk blogger berpengalaman, ini mungkin bukan hal ajaib alasannya yakni mereka mungkin saja sudah membuktikannya, namun untuk saya langsung yang belum banyak pengalaman di dunia blogging dan masih harus banyak berguru hal tersebut setidaknya perlu dibuktikan, dan pernyataan di atas saya dukung dengan pengalaman pribadi, sudah hampir satu tahun saya sengaja tidak pernah lagi membangun backlink ke alamat home page maupun ke setiap artikel yang saya buat di blog saya, dan ternyata akibatnya sungguh diluar dugaan, kebanyakan artikel bisa mendatangkan banyak pengunjung organik, bahkan beberapa artikel bisa mendatangkan ribuan pengunjung padahal sama sekali tidak pernah didukung oleh backlink sedikitpun.

Faktor Pengguna yang mensugesti popularitas artikel blog anda dimata mesin pencari

Meskipun google secara spesifik tidak pernah secara gamblang menyebutkan bagaimana mereka melaksanakan penilaian terhadap peringakat sebuah situs di hasil pencarian, namun berdasarkan gosip dari pakar seo, beberapa hal berikut sangat berperan sekali dalam menunjukkan pengaruh terhadap  popularitas dan jumlah visitor artikel anda di hasil pencarian terlepas dari jumlah backlink yang dimiliki oleh blog atau artikel tersebut:


a. Page View Artikel (semakin banyak page view yang dimiliki oleh sebuah artikel maka artikel tersebut akan bisa merangkak ke posisi terbaik), jumlah pengunjung yang banyak memiliki potensi meningkatkan page view setiap artikel.

Artikel terkait: Cara meningkatkan page view untuk artikel baru

b. Dwell Time (waktu yang dihabiskan pengunjung terhadap sebuah artikel hingga ia kembali ke hasil pencarian), semakin lama waktu yang dihabiskan pengunjung maka google akan menilai artikel tersebut berkualitas.

200+ google ranking faktor yang dapat menunjukkan sinyal atau petunjuk kepada mesin pencari yang dapat mensugesti rangking suatu halaman blog yakni bookmark yang dilakukan pengguna untuk artikel tersebut.

Lantas Bagaimana caranya supaya artikel tanpa backlink bisa mendatangkan banyak pengunjung?

Tips membuat konten yang dapat  meningkatkan visitor organik ke blog anda

Berdasarkan analisa, eksperimen dan pengalaman yang didukung menggunakan meningkatkan secara optimal seo onpage, teryata beberapa hal berikut ini bisa meningkatkan pengunjung dari artikel blog anda tanpa melibatkan backlink sedikitpun

1. Buatlah Judul yang memiliki SERP CTR Yang tinggi

Apa itu serp CTR, SERP (Search enggine result page) CTR (Click Throught Rate) merupakan sebuah perhitungan perbandingan jumlah klik terhadap jumlah sebuah judul tersebut ditemukan dihasil pencarian.

Misal, Untuk kata kunci tertentu, Judul blog anda bisa muncul dihasil pencarian sebanyak 100 kali, dan ternyata jumlah klik yang dilakukan oleh pengguna terhadap judul artikel blog anda di hasil pencarian yakni 10, maka SERP CTR untuk artikel anda tersebut yakni 10/100 x 100%=10%, semakin tinggi nilai CTR yang dimiliki oleh artikel blog anda maka itu akan semakin baik dimata mesin pencari.

Tahukan anda bahwa SERP - CTR yakni salah satu faktor yang dapat meningkatkan otoritas artikel anda dimata mesin pencari namun harus didukung oleh konten yang benar-benar berkualitas.

ketika judul artikel blog anda berhasil diklik oleh pengguna internet dan mereka menjadi pengunjung blog anda kemudian menemukan bahwa artikel yang anda bahas berkualitas maka lambat laun popularitas dan peringkat artikel anda dihasil pencarian akan semakin baik.


#Trik membuat judul yang memiliki SERP CTR Tinggi?

Ada sebuah pernyataan dari para pakar seo bahwa sebuah judul menarik akan bisa meningkatkan CTR (click trought rate) artikel yang bersangkutan, dan ini memang benar, anda harus bisa menyajikan judul menarik unik dan membuat penasaran pengunjung blog anda.
beberapa tips membuat judul dengan serp ctr yang tinggi:

a.Libatkan angka misal 7 cara, 5 tips dll

b. Libatkan kata-kata yang membuat penasaran pengunjung, misal terbaik, tips ampuh, tercepat termudah dll.

c. Buat judul yang sedikit berbeda dengan judul sejenis yang sudah diterbitkan oleh pesaing anda, Untuk membuat judul setidaknya salah satu yang harus anda lakukan yakni mengecek judul tersebut dihasil pencarian, kemudian buatlah judul tersebut sedikit menarik namun masih relevan (anda targetkan bahwa judul tersebut akan bisa memancing perhatian pengunjung)

Misal anda ingin membuat artikel dingen judul utama "Cara membuat blog", setelah anda cek di hasil pencarian ternyata berbagai judul yang persis sama dengan judul tersebut, supaya judul anda kelihatkan  menarik anda bisa menambahkan unsur-unsur judul yang dapat memancing pengguna namun berbeda dengan judul yang sudah anda tapi masih relevan, misal "Cara membuat blog dengan 5 langkah praktis" dll

2. Buatlah Konten yang berkualitas

Satu hal yang jangan hingga anda lupakan yakni jangan pernah sekali-kali membuat artikel yang asal-asalan, meskipun anda banjiri artikel tersebut dengan backlink, dan artikel anda pada awalnya bisa berada diposisi pertama, lambat laun artikel tersebut akan merosot, karen saya percaya semakin hari teknologi mesin pencarian google semakin menggunakan pendekatan pola pikir insan (user oriented), meskipun awalnya artikel blog anda bisa menjaring pengunjung organik namun kalau artikel anda kurang informatif serta tidak banyak mengandung gosip yang diharapkan oleh pengunjung, lambat laun artikel anda akan merosot.

Akan ada banyak artikel pesaing anda di hasil pencarian google, dan bisa jadi pengunjung tidak hanya mengunjungi artikel anda saja, ketika pengunjung mengunjungi artikel anda dan merasa puas dengan apa yang anda sajikan tanpa mereka mengunjungi artikel lainnya di hasil pencarian google, maka ini sebuah nilai plush yang bisa meningkatkan reputasi artikel anda artikel anda di hasil pencarian, dan google tau bahwa artikel anda benar-benar informatif serta bisa menunjukkan gosip yang memauskan terhadap pengunjung blog anda.

Artikel terkait: Cara membuat artikel berkualitas seo

# Bagaimana saya mengukur kualitas konten artikel blog?

Berikut beberapa hal yang bisa anda jadikan pola untuk mengukur akan seberapa berkualitas konten anda dimata mesin pencari:

a. Apakah konten anda bisa menjadi solusi setiap permasalahan yang dicari pengunjung?
Untuk membuat konten menyerupai ini anda harus bisa mengidentifikasi setiap permasalahan terget pengunjung blog anda, kemudian menyajikan solusinya diartikel blog anda.

Ini bisa jadi sebuah proses yang harus anda persiapkan sebelum anda membuat sebuah artikel, setelah anda mengantongi judul untuk artikel yang akan anda buat, maka selanjutnya anda harus mengetahui setiap permasalahan yang mewakili judul tersebut. sehingga anda bisa membahasnya didalam artikel anda. artikel menyerupai ini akan bisa memuaskan pengunjung blog anda.

Silahkan anda cari gosip komplemen di beberapa forum tanya jawab, menyerupai yahoo answer, quora, atau di dalam komentar-komentar blog dengan judul yang relevan, temukan pertanyaan yang di layangkan oleh pengguna disana dan sajikan bahasannya di artikel blog yang akan anda buat.


b. Dwell Time yang baik
Dwell time ( seberapa lama pengunjung blog anda menghabiskan waktu untuk membaca artikel anda hingga mereka kembali ke hasil pencarian), Ini merupakan salah satu google ranking faktor yang berkaitan dengan dwell time (waktu yang dibutuhkan pengunjung ketika mengunjungi artikel anda) semakin berlama-lama itu bisa menunjukkan sebuah sinyal kepada mesin pencari bahwa artikel anda sangat informatif dan menyenangkan).

c. Seberapa panjang artikel anda?
Artikel panjang tentu akan bisa menyajikan gosip yang benar-benar detail dan memiliki potensi yang kaya dengan LSI Keyword (sebaiknya anda menyajikan artikel panjang namun sangat informatif dan bukan hanya sekedar panjang).

Ada beberapa blogger yang mengatakan bahwa artikel panjang menurutnya sangat membosankan, itu bukan berarti setiap artikel pendek menyenangkan, kalau artikel panjang yang anda sajikan bisa mewakili semua yang diinginkan pengunjung saya kira itu akan lebih baik dan tentu berpeluang meningkatkan bouncerate dan dwell time blog anda kalau dibandingkan dengan artikel pendek.

d. Apakah ada yang memborkmark artikel anda?
Google bisa mendeteksi bokmark yang dilakukan oleh browser google crome, kalau ada berbagai penggunjung yang mengunjungi blog anda melaksanakan borkmark terhadap artikel anda, itu bisa menunjukkan sinyal kepada mesin pencari bahwa artikel anda berkualitas.


 e. Artikel anda harus bisa menjadi artikel satu-satunya yang dapat memuaskan pengunjung
Saya yakin judul yang kita buat pada umumnya akan memiliki berbagai pesaing, bahkan mungkin dengan judul yang sama namun tentu dengan pembahasan dan penyajian artikel yang berbeda.

Ketika pengguna internet melaksanakan pencarian menggunakan mesin pencari google maka akan ada berbagai tentangan untuk artikel anda, dengan judul serupa bahkan mungkin dengan judul yang sama persis, ketika artikel anda berhasil dikunjungi kemudian pengunjung membaca artikel anda dan ia merasa puas  dengan artikel yang anda sajikan,  dan artikel tersebut bisa membuat pengunjung tidak mengunjungi artikel serupa lainnya yang mereka temukan dihasil pencarian google, maka itu menunjukkan sinyal kepada mesin pencari bahwa arikel anda sangat berkualitas.

Untuk membuat artikel semacam ini tentu bukan perkara mudah, anda harus bisa mengidentifikasi setiap permasalahan yang dimiliki oleh setiap pengunjung blog anda untuk judul yang relevan., kemudian anda uraikan dan sajikan solusinya secara dtail dan terperinci pada artikel tersebut.

Optimasi SEO Onpage yang baik

Setidaknya anda harus melibatkan meningkatkan secara optimal seo onpage yang baik, baik untuk artikel yang anda buat maupun untuk template blog yang anda gunakan. 

Bisa saja artikel blog anda sangat berkualitas dan benar-benar sangat dibutuhkan oleh pengunjung blog anda, namun jangan  lupa sebisa mungkin anda harus melibatkan meningkatkan secara optimal seo onpage untuk artikel blog anda tersebut, sehingga artikel blog anda memiliki kesempatan untuk muncul di page one google dengan lebih baik.

Kuantitas Update Artikel 

Ada dua pilhan untuk mendatangkan banyak pengunjung ke blog anda, yang pertama yakni membangun backlink berkualitas dan yang kedua yakni sering-seringlah secara terencana untuk mengupdate artikel.

Membangun backlink memang memerlukan waktu, menguras tenaga dan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, tentu akan sulit sekali apalagi potensi membangun backlink yang salah akan merugikan blog, bukan popularitas yang akan blog kita dapatkan namun bisa jadi penalty dari google.

Jika anda kesulitan membangun backlink alternatif untuk meningkatkan pengunjung ke blog anda yakni menerbitkan artikel secara kontinue dan teratur.

# Kesimpulan

Perlu anda ketahui bahwa untuk mendatangkan banyak pengunjung  organik ke blog anda, artikel anda tidak harus nagkring di no 1 google, cukup bisa berada di halaman 1 (page one) google sudah cukup memiliki potensi blog anda kebanjiran pengunjung, setiap kali pengguna merasa tertarik dengan judul yang anda buat  maka artikel tersebut akan bisa mendatangkan banyak pengunjung ke blog anda.

Point tertinggi yang dimiliki oleh sebuah blog yakni konten yang terdapat di dalam artikel tersebut, menyajikan konten yang baik akan dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung blog anda sehingga bisa meningakatkan personal branding dan juga site branding blog anda, bukan hanya itu, penyajian artikel yang baik dan dikelola secara serius akan bisa meningkatkan otoritas mesin pencari terhadap blog anda, sehingga potensi blog anda menjadi salah satu blog populer bisa anda dapatkan.

Buatlah artikel berkualitas, pelajari seo, dan jangan menjadi tukang copas.

demikian artikel sederhana perihal Bisakah Artikel Tanpa Backlink Mendatangkan Banyak Visitor organik? semoga bermanfaat untuk anda. happy blogging :)

0 Response to "Bisakah Artikel Tanpa Backlink Mendatangkan Banyak Visitor organik?"