Trik Menulis Artikel Seo Friendly semoga mampu muncul di halaman 1 google (page one)

Hallo gan, waduh sudah lama sekali saya tidak lagi berkecimpung dalam membuat artikel di blog ini hasilnya blog ini kurang terawat, dampaknya yakni trafik relative turun walaupun lambat, dengan adanya kasus ini saya jadi bisa narik kesimpulan ternyata kuantitas dan kualitas dalam menerbitkan artikel berbanding lurus dengan trafik yang didapat.

Oh ya ngomong-ngomong perihal trafik sebuah blog,  ternyata ada berbagai factor yang menentukan tinggi rendahnya sebuah trafik, yang paling punya andil menurut saya yakni pemilihan kata kunci (keyword) dan kualitas yang dimiliki sebuah artikel, jikalau kita sempurna dalam memilih kata kunci dengan  volume pencarian tinggi dan persaingan rendah serta sanggup menyusunnya menjadi sebuah artikel berkualitas dan seo friendly, maka bukan tidak mungkin artikel tersebut akan bisa tampil di halaman terbaik pencarian google, serta akan bisa mendatangkan trafik berlimpah.

trik menulis artikel seo friendly dan berkualitas

Berbicara mengenai artikel berkualitas dan seo friendly tentu bukanlah istilah absurd terutama untuk  anda yang sering berkecimpung di dunia seo, tapi saya yakin masih banyak yang belum terlalu paham bagaimana cara menyajikan artikel yang seo friendly namun berkualitas, alasannya yakni memang tidak ada aturan baku atau aturan standar untuk duduk perkara ini, tapi walaupun begitu, kita masih bisa meraba-raba untuk membuat artikel berkualitas dan seo friendly, tentu saja berbekal referensi  factor seo dan juga pengalaman.

Yang harus dijadikan patokan ketika ingin menulis artikel berkualititas dan seo friendly yakni bagaimana menyusun sebuah artikel yang benar-benar informatif  bermanfaat bagi pembaca, didukung oleh data terpercaya yang bisa dipertanggung jawabkan, serta didalamnya melibatkan factor-faktor seo yang disukai oleh mesin pencari terutama optimasi seo onpage. Dengan begitu maka artikel akan memiliki peluang disukai oleh mesin pencari dan disukai oleh pembaca, jikalau kedua hal tersebut dapat dipadukan dalan sebuah artikel, maka artikel kemungkinan besar akan bisa nangkring bukan hanya di page one google namun bisa menduduki posisi terbaik di search enggine result page (SERP) google, sehingga trafik pun akan merangkak naik.

Setelah membaca uraian singkat di atas, Sekarang yakni saatnya bagaimana sih langkah-langkah menulis artikel seo friendly itu, untuk itu disini saya akan sajikan panduan bagaimana cara menyajikan artikel seo friendly yang disukai mesin pencari dan juga pembaca, artikel ini saya buat tentu berdasarkan pengalaman eksklusif dan orang lain yang didukung oleh data dan acuan seo dari para pakar.

Panduan Menulis artikel Seo Friendly dan berkualitas yang terbukti bisa masuk halaman 1 google

Berikut beberapa panduan untuk membuat artikel seo friendly dan berkualitas yang disukai mesin pencari.

#1. Cara kata kunci Judul yang memiliki volume pencarian tinggi namun minim pesaing

Untuk menerima judul ibarat ini tentu tidak sekonyong-konyong hanya main tebak saja, meskipun dengan tebakan terkadang berhasil, namun yang terbaik tentunya yakni membuat judul melalui langkah riset, walaupun terkadang sulit untuk menemukannya, tapi ada banyak teknik resit kata kunci untuk judul beberapa yang bisa anda coba yakni sebagai berikut:
  1. Riset kata kunci menggunakan google keyword planer
  2. Riset kata kunci menggunakan google trends
  3. Trik menerima judul yang paling banyak dicari

Judul akan sangat menentukan popular tidaknya artikel anda, jikalau judul tidak memiliki potensi dicari orang maka kemungkinan besar walaupun artikel anda berkualitas dan sudah melibatkan factor=factor seo onpage kemungkinan besar judul akan sulit mendatangkan pengunjung dari mesin pencari percaya deh, ya pikirkan saja, artikel mengagumkan namun tidak ada yang nyari kan ndak mungkin mendatangkan pengunjung, mungkin hanya bisa mendatangkan pengunjung robot mesin pencari.

Kaprikornus untuk kontek atau ruang lingkup mesin pencari, jangan heran jikalau berbagai blogger yang sudah mengklaim bisa membuat artikel berkualitas namun trafik blognya sedikit, bisa jadi salah satu penyebabnya alasannya yakni judul yang diambil ngasal. Akhirnya usaha menyusun artikelnya hanya buang-buang waktu dan tenaga kecuali target pengunjungnya bukan dari mesin pencari maka sah-sah saja judul apapun bisa diambil, sekalipun judul kacangan, cieeeeeee......

2. Tempatkan target kata kunci di judul artikel dengan Tag H1

Setelah menerima tarket kata kuncu yang tepat, maka langkah selanjutnya yakni melibatkan kata kunci pada judul artikel, missal jikalau kata kunci yang anda target yakni perihal Cara menulis artikel seo friendly, maka anda harus melibatkan kata tersebut pada judul, misalnya menjadi:
  • Trik cara menulis artikel seo friendly ala mas udin katro”
  • Rahasia Gue membuat artikel berkualitas yang bisa page one ”
  • Menulis artikel berkualitas dan seo friendly yang dapat mendatangkan trafik melimpah”
  • Dan judul-judul lainnya.
Lihat teks yang ditebalkan, itu yakni target kata kunci anda yang dilibatkan di judul artikel, akan sangat mengagumkan jikalau dilengkapi komplemen kata –kata yang memikat . Untuk duduk perkara judul beberapa pakar seo menyarankan untuk menempatkan target kata kunci sebisa mungkin di awal kata, mereka menganggap itu akan lebih seo friendly jikalau dibandingkan dengan penempatan ditengah atau di final (silahkan buktikan sendiri semoga saja benar…kalo saya sih percaya saja….xixi).

Judul yang baik dan mendukung seo biasanya harus menggunakan heading 1 (tag H1 HTML), Untuk template yang sudah seo friendly,  judul artikel biasanya sudah otomatis akan ditampilkan menggunakan tag html <h1> (headline) judul akan kelihatan paling besar, dan ini poin penting dalam meningkatkan secara optimal artikel.

Pakar seo sepakat bahwa peranan tag H1 dalam artikel sangatlah penting, dan tag h1 sebaiknya digunakan untuk memasang judul, dan sebaiknya jumlahnya harus 1, walaupun si matt cuts sang engginer google serch sempat berujar, penggunaan H1 lebih dari 1 di dalam sebuah artikel tidak masalah. Kalo menurut saya sih tinggal pilih saja percaya mattcuts atau pakar seo, kalo saya sih lebih percaya pakar seo yang banyak pengalaman daripada si mattcut, bisa saja kan ia hanya membual, xixi... up to you....

Jangan pusing mengenai caranya, untuk menyebabkan judul semoga memiliki tag h1, biasanya harus dioprek arahan templatenya, namun anda jangan khawatir jikalau merasa kesulitan , pastikan saja template blog yang anda gunakan yakni template blog seo friendly, biasanya template blog ibarat itu sudah diseting sedemikian rupa sehingga, setiap judul artikel otomatis akan menggunakan tag html <h1>.

Untuk judul H1, ini Pakar seo sebut saja Tuan brian dean pemilik backlinko.com pernah berujar di salah satu artikelnya bahwa salah satu untuk menentukan kualitas sebuah konten selain panjang serta didukung dengan data yang dapat dipertanggung jawabkan yakni penempatatan kata kunci menggunakan tag <h1>. Kaprikornus pastikan judul pada artikel anda sudah menggunakan tag h1 yach.

#3. Latakan kata kunci pada Tag H2.

Ini yakni saran dari beberapa pakar seo sebut saja ibarat Brian Dean pemilik backlink.com, bahwa untuk mengukur kualitas artikel mudah dikalahkan atau tidak, selain factor lainnya, lihat saja penyajian kontennya, jikalau si pembuat konten meletakan kata kunci di tag H1 dan H2, maka konten patut diperhitungkan, itu artinya tag H2 memiliki peranan yang sangat penting untuk meletakan judul artikel semoga artikel lebih seo friendly.

Kata kunci yang dapat diletakan di h2 bukan hanya kata kunci utama saja, kata kunci turunan atau kata kunci relevanpun bisa dilibatkan. kalo saya sih sering melibatkan kata kunci menggunakan H2 untuk sub-sub judul di dalam artikel.

Untuk membuat sub judul yang mengandung kata kunci  menjadi tag H2, bekerjsama sangat mudah, seleksi teks yang ingin dijadikan sub judul, kemudian pilih  format heading ketika anda membuat artikel, ibarat gambar di bawah ini:

heading h2


#4.  Libatkan LSI Keyword (Kata kunci LSI) di dalam artikel anda

Apa itu LSI Keyword ?, LSI atau Latent Semantic  Indexing yakni kata kunci yang memiliki relevansi dengan kata kunci target, untuk menemukan kata kunci ibarat ini ada beberapa cara yang bisa anda coba, bisa dengan tunjangan tool seo atau tidak, tapi di sini saya tidak akan menjelaskannya secara panjang lebar, untuk mengetahui caranya baca saja artikel yang pernah saya buat beberapa tahun yang lalu mengenai cara menemukan LSI Keyword.

Jika anda sudah menemukan LSI Keyword maka langkah selanjutnya anda coba libatkan di dalam artikel anda, sebarkan kata yang terdapat di LSI tersebut di dalam artikel anda, di sub-sub judul di alt tag gambar dan di lokasi lainnya. Kata kunci LSI yang digunakan bisa utuh atau potongan-potongan kata yang terdapat di LSI tersebut, tapi anda harus bisa menjaga artikel dengan kata kunci lsi tersebut  tetap enak dibaca oleh pengunjung. Memang sulit tapi jikalau banyak berlatih maka anda akan bisa menguraikannya dengan mudah.

Misal judul yang anda target yakni “Cara membuat artikel seo friendly

Misalkan saja untuk kata kunci tersebut anda menerima kata kunci LSI sebagai berikut:
  • “Cara menulis artikel berkualitas dan seo friendly”
  • “Contoh artikel yang baik dan benar”
  • “Masuk halaman 1 google dengan artikel seo friendly”
LSI juga meliputi Sinonim dan kata-kata yang memiliki relevansi dengan kata kunci lainnya.

Penggunaan LSI Keyword di dalam artikel, selain dapat memperkuat relevansi artikel terhadap kata kunci utama, artikel anda juga akan bisa muncul dengan kata kunci lainnya yang masih memiliki relevansi dengan kata kunci utama, dengan kata lain artikel anda akan bisa muncul dengan kata kunci beragam yang diumpan oleh pengguna.

#5. Libatkan Kata-Kata Turunan Penguat Judul yang memiliki relevansi

Sulit menjelaskan untuk duduk perkara ini, dan saya kira memang ini masih LSI namun sulit untuk menemukannya, Maksud kata-kata penguat disini yakni kata-kata yang dapat memperkuat judul utama artikel blog yang anda gunakan di mata mesin pencari.

Ingat bahwa mesin pencari dikala ini selalu memprioritaskan untuk menampilkan artikel yang benar-benar sangat relevan, bahkan moto google: “Mampu menampilkan informasi cepat dan paling relevan untuk pengguna”. Oh ya… ini terlepas dari faktor-seo lainnya ibarat UX Faktor, factor seooff page, ibarat backlink dan seo offpage lainnya, jikalau artikel dianggap sangat relevan dengan judul yang digunakan di kata kunci pencarian maka judul artikel tersebut akan bisa muncul di posisi terbaik.

Kata kunci ibarat apa maksudnya?
Sebagai ilustrasi anggap saja anda sedang membuat artikel yang menceritakan perihal apple merk computer, maka kata kunci paling relevan yang dapat memperkuat judul artikel tersebut jikalau yang dijelaskan yakni perihal apple merk  diantaranya adalah:
  • Merk,
  • Komputer,  hardware, software
  • Perusahaan,
  • Steve Job.
  • Sistem operasi, aplikasi
  • dan lain sebagainya

Namun jikalau judul yang diangkat perihal apple buah, maka kata kunci turunan yang dapat memperkuat judul adalah:
  • Harum
  • Merah, hijau, warna
  • Manis, asam asin
  • Perkebunan
  • Tanaman,
  • Kandungan vitamin dan kata-kata turunan lainnya.

Itu hanya ilustrasi saja,  kata-kata ibarat itu memang secara otomatis akan muncul dengan sendirinya, itu juga jikalau si pembuat konten menguasai materinya, namun jikalau materi kurang dikuasai kemungkinan kata-kata tersebut akan minim digunakan.

Kaprikornus untuk judul artikel yang anda angkat semoga relevansinya kuat, tentunya anda harus mencari sendiri padanan kata ibarat ilustrasi di atas, lalu libatkan pada artikel anda senatural mungkin semoga artikel enak dibaca, sulit memang, namun semakin banyak jumlah kata yang anda libatkan di dalam artikel anda, dan semakin banyak kata-kata turunan yang anda libatkan maka itu akan membuat artikel anda semakin relevan di mata mesin pencari, dan itu artinya artikel patut di perhitungkan untuk menerima posisi terbaik di mata google.

#5. Perhatikan UX Faktor

Salah satu pintu masuk UX factor yakni judul yang nenarik dan SEO, biasanya semakin seo artikel akan bisa masuk halaman pertama google dan Semakin menarik sebuah judul artikel maka itu akan membuat judul tersebut lebih mudah untuk diklik pengguna, semakin banyak klik pengguna, maka google akan merekam jejak pengguna, bagaimana respon pengguna terhadap artikel yang disajikan, jikalau pengguna betah berlama-lama maka google akan menganggap artikel tersebut berkualitas, jadi bukan hanya judul menarik saja untuk membuat artikel lebih seo, namun harus didukung dengan konten yang berkualitas.

Anda mungkin pernah mendengar UX Faktor (User Experience factor) dikala ini UX sudah dimasukan ke dalam salah satu google rangking factor, sehingga dengan UX ini google dapat menilai pantas tidaknya sebuah artikel bisa menduduki posisi pertama, sudah banyak saya buktikan, artikel tanpa backlink sekalipun bisa mendatangkan ribuan pengunjung ketika saya memperhatikan factor yang satu ini. Kaprikornus jangan hingga dilupakan perihal UX factor ini, usahakan anda menyajikan artikel sebisa mungkin disukai dan membuat nyaman pembaca.

Apa saja yang menjadi tolak ukur UX Faktor?

User Experience faktor untuk seo dikala ini

Berikut beberapa tolak ukur untuk meningkatkan UX Faktor pada artikel anda:
Faktor-faktor lain yang mensugesti user experience misalnya :
  • Desain Website / Blog yang professional terutama kombinasi warna upayakan nyaman di mata
  • Navigasi yang mudah
  • Ukuran dan jenis font yang nyaman dibaca
  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)
  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
  • Kecepatan loading
  • Responsive design
  •  dsb.

#6. Judul Yang Unik & menarik dan mengundang banyak klik

Berikutnya anda harus bisa menyajikan judul dengan kombinasi  kata yang menarik dan mengundang klik pengguna, tapi tidak lepas dari kata kunci utama, memang perlu sedikit kreatifitas untuk membuatnya, jikalau anda bisa maka artikel anda bisa menjadi salah satu pilihan pengguna ketika ditemukan di hasil pencarian walaupun bukan di posisi pertama pencarian google.

Jika pengguna melihat judul artikel anda dianggapnya menarik maka biasanya ini akan mengunadang klik dari pengunjung walaupun harus bersaing dengan 9 artikel lainnya di halaman pertama pencarian, untuk membuat judul menarik beberapa tipsnya yakni :

  • Melibatkan emosi pembaca misalnya: paling banyak dicari, paling mudah dll
  • Membual tapi masih dalam batas normal, seperti  misalnya: terbaik, rahasia, dalam 1 detik, trik dll…
  • Dll..

Dan juga jangan lupa sebisa mungkin judul anda sedikit unik, artinya penyajian susunan kata di judulnya sedikit berbeda dengan judul yang sudah lebih dulu terbit.

Misalnya untuk kata kunci artikel seo friendly, jikalau judul yang ditemukan misalnya, cara menulis artikel seo friendly, maka anda bisa membuat judul relevan namun unik seperti, Rahasia Menulis artikel seo friendly terbukti page one.

Dll. Dengan membuat judul sedikit unik maka itu biasanya bisa memancing klik dari pengguna sehingga walaupun judul artikel bukan posisi 1 tetap akan memiliki kesempatan untuk dikunjungi.

#7. Keyword Diversity (Penyebaran Kata kunci)

Yang berikutnya yakni penyebaran kata kunci, jikalau anda sudah memiliki kata kunci utama, kata kunci turunan dan kata kunci lainnya, maka anda bisa menyebar kata kunci tersebut di artikel, tapi pastikan artikel tetap enak dibaca dan kelihatan natural.

Teknik penyebaran kata kunci yang paling disarankan yakni menggunakan kata kunci utuh, potongan kata dalam kata kunci dan kombinasinya.

Seperti misalnya saya memiliki kata kunci cara membuat artikel seo friendly, maka dalam menyebar kata kunci di konten artikel, bisa ibarat pola berikut:

Cara membuat artikel seo friendly itu gambang-gambang susah, anda harus melibatkan meningkatkan secara optimal seo baik offpage maupun onpage, jikalau artikel sudah dianggap seo friendly maka artikel akan bisa muncul di posisi terbaik google, itu artinya …..
Sekali bisa menggunakan kata kunci utuh, pecahan kata di dalam kata kunci ibarat pola teks yang ditebalkan di atas.

#8. Artikel panjang

Berikutnya yakni buat artikel panjang, beberapa riset mengambarkan bahwa semakin panjang setiap artikel maka kemungkinan besar akan lebih mudah ditemukan di hasil pencarian. Hubungan antara panjang artikel dengan posisi di serp ini pernah diteliti oleh serp iq dan juga backlinko terhadap 1 juta pencarian.

Jumlah kata dalam konten semoga page 1 serp google


Kesimpulannya artikel yang nangkring di posisi halaman pertama google rata-rata yakni artikel dengan jumlah kata minimal 2.000, tapi tentu saja bukan hanya sekedar artikel serampangan, namun harus didukung dengan kualitas artikel.

Dan memang secara kecerdikan sangat masuk akal, alasannya yakni semakin panjang artikel, maka akan berbagai melibatkan kata kunci natural, itu artinya artikel akan semakin berpengaruh relevansinya di mata mesin pencari terhadap kata kunci pencarian relevan.

#9. Libatkan Internal Link dan Ekternal Link

Yang berikutnya jangan lupa untuk melibatkan internal link dan ekternal link, internal link yakni link yang menuju halaman lain yang relevan namun masih dalam blog yang sama. sedangkan ekternal link yakni link yang menuju artikel relevan namun berada di alamat blog berbeda.

Internal link terang sangat bermanfaat terutama untuk meningkatkan bouncerate dan pageview sebuah blog, keberadaannya biasanya akan membuat pengunjung berlama-lama membaca artikel lainnya pada blog anda, begitu juga ekternal link, ini menurut saya cukup berperan juga untuk membuat artikel berkualitas, walaupun beberapa pihak menganggapnya akan mengurangi rangking halaman, tapi menurut saya selama alamat yang dituju memiliki konten yang benar-benar relevan dan blognya memiliki reputasi yang baik di mata google ibarat wikipedia misalnya,  maka ini justru bisa meningkatkan rangking halaman di mata mesin pencari, google akan menganggap bahwa artikel artikel patut diperhitungkan alasannya yakni didukung oleh acuan yang terpercaya.

#10. Libatkan gambar

Jangan lupa untuk melibatkan gambar yang sudah dioptimasi, baik ukuran gambar, nama gambar maupun atribut yang dimasukan di gambar tersebut (baca meningkatkan secara optimal gambar berkualitas seo), adanya gambar dalam sebuah konten blog selain bisa membuat blog lebih interaktif, gambar ternyata bisa meningkatkan kualitas seo dan juga akan memiliki peluang lebih banyak dikunjungi, alasannya yakni jikalau ada pengguna menggunakan pencarian gambar dan menemukan gambar pada halaman artikel blog yang kita buat itu bisa mengundang pengunjung untuk masuk.

Ada berbagai faktor yang bisa dilibatkan semoga dapat membuat artikel yang seo friendly dan berkualitas, untuk urusan seo maka anda setidaknya harus mengetahui dan memahami meningkatkan secara optimal seo onpage, selebihnya mungkin anda sudah baca di blog ini.

Demikian perihal trik bagaimana cara menulis artikel blog yang seo friendly, semoga dengan artikel ini bisa menunjukkan anda gambaran dan wawasan tambahan dalam ranah blogging tertutama yang dekat kaitannya dengan teknik seo onpage. semoga bermanfaat.

0 Response to "Trik Menulis Artikel Seo Friendly semoga mampu muncul di halaman 1 google (page one)"