Mengenal Menu dasar di blogger

Mengenal Menu dasar di blogger, Blogger atau blogspot merupakan layanan weblog (Blogging) yang mudah untuk digunakan dan dapat dipakai secara gratis. Blogger juga bab dari produk Google, sehingga layanan blogger terintergasi penuh dengan produk google lainnya menyerupai Google +, Google drive, Picasa, dll. Pada postingan kali ini saya akan memperlihatkan sedikit penjelasan mengenai Menu – menu dasar yang ada di Blogger. 

Bagi siswa – siswi SMK, SMA, ataupun Mahasiswa yang mendapat peran membuat blog biasanya rada – rada kurang paham mengenai menu – menu yang ada blogger. Tentu saja, sebagai seorang yang masih pemula atau yang gres mencar ilmu blogging hal menyerupai ini sangatlah wajar. Tetapi perlu anda ketahui bahwa menu – menu yang ada diblogger sangat mudah untuk dipahami berbeda dengan wordpress yang memang sedikit lebih sulit dan ribet.

Memahami Menu Dasar Blogger

Mengenal Menu dasar di blogger

Hal pertama hal biasanya dilakukan oleh para blogger pemula setelah membuat blog ialah membuat postingan artikel. Namun hasilnya postingan yang dibuat terlihat acak – acakan, tidak berkualitas dan orang yang berkunjung malas untuk membacanya. Perlu anda ketahui bahwa seorang blogger itu tidak hanya mencar ilmu ngeblog tetapi juga mencar ilmu menulis layaknya seorang penulis. Jadi, apabila anda ingin postingan yang anda tulis terlihat berkualitas dan menarik untuk dibaca tentunya anda harus mencar ilmu menulis.

Nah, bagi anda yang gres mengenal perihal Blogger dan ingin tahu fungsi menu – menu dasar yang ada di blogger, berikut penjelasannya untuk anda.

Menu-Menu Dasar Yang Ada Di Blogger

Menu – menu dasar yang ada di blogger antara lain Entri Baru, Ikhtisar, Pos, Komentar, statistik, kampanye, tata letak, template, penghasilan dan setelan. Berikut penjelasan dari masing – masih menu tersebut.

Menu - Menu Dasar Blogger.com

1. Entri Baru

Entri gres ialah menu yang difungsikan untuk membuat postingan artikel ataupun konten berupa goresan pena dan gambar. Untuk membuat artikel, menu yang tersedia tidak berbeda jauh dengan Microsoft word. Makara anda tidak perlu gundah dalam mengatur ukuran atapun warna font artikel.  Dalam menulis artikel anda mampu memilih 2 opsi mode yaitu mode compose atau mode HTML. Bagi yang masih pemula sebaiknya pilih mode compose.

2. Ikhtisar 

Di bab Ikhtisar anda mampu melihat statistik blog yang ada, mulai dari lalu lintas, jumlah posting, jumlah komentar, penayangan dan lain-lain. 

3. Pos

Dibagian menu pos anda mampu melihat semua daftar postingan yang diterbitkan atau masih dalam daftar. Selain itu, anda juga mampu mengedit, menghapus, dan menambah label gres pada postingan.

4. Laman

Dibagian laman, anda mampu membuat halaman penting atau menghapus halaman. Dibagian laman biasanya digunakan untuk membuat halaman about, contact us, sitemap, privacy policy, disclaimers, dll.

5. Komentar

Dbagian menu komentar anda mampu melihat semua komentar yang masuk. Dengan adanya menu ini anda mampu mengontrol komentar mulai dari mederasi, menghapus, atau menerbitkan komentar.

6. Google+

Blogger memang terintergasi pribadi dengan akun Google+, sehingga anda mampu mempublikasikan artikel lewat Google+.

7. Statistik

Dibagian statistik anda mampu melihat jumlah kunjungan pada blog anda secara keseluruhan. Mulai dari postingan yang paling banyak dikunjungi, kata kunci pencarian, dan browser yang digunakan, dll. Jika dirasa kurang lengkap mampu juga dengan menggunakan Google Analysis.

8. Tata Letak

Dibagian tata letak, anda mampu mengatur widget sesuka hati, mulai dari menambah, mengedit, dan menghapus widget. Blogger menyediakan widget yang bermacam – macam eperti populer post, label atau kategori, arsip blog dan lainnya.

9. Template

Dibagian menu template, anda mampu mengubah tampilan blog anda. Ada 2 versi template yang ada diblogger, yaitu versi desktop dan versi seluler. Gunakanlah template responsive dan SEO friendly semoga blog anda terlihat lebih baik dimata Google.

10. Setelan 

Setelan digunakan untuk mengatur blog anda mulai dari diskripsi blog, judul blog, costum domain, menambahkan id google analytics, Moderasi Komentar, post, robots.txt dan lain-lain.

11. Penghasilan

Mungkin diblog anda belum terlihat menu penghasilan. Nah, untuk menampilakan menu penghasilan ubah bahasa blog anda ke English US. Menu penghasilan merupakan rincian hasil dari klik iklan Google Adsense.

Itulah penjelasan singkat mengenai menu – menu dasar yang ada diblogger, semoga dengan penjelasan diatas mampu menambah wawasan anda mengenai Blogger. Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis melalui kolom komentar yang telah disediakan. Terima kasih :)

0 Response to "Mengenal Menu dasar di blogger"