Cara Submit SITEMAP atau peta situs ke bing dan google

Cara Submit sitemap atau peta situs di bing dan google webmaster tool - Sitemap atau peta situs yaitu sebuah file dalam format xml yang menjelaskan mengenai struktur url dalam sebuah blog yang kita miliki, sitemap dibuat berdasarkan aturan standar menggunakan aturan penulisan xml, namun untuk blog atau situs dengan flatform blogspot kita tidak perlu bersusah payah membuat sitemap secara manual, alasannya yaitu blogspot sudah menggenerate dan mengupdate sitemap secara otomatis setiap kali kita final menerbitkan artikel. untuk blog berflatform blogspot anda mampu melihat sitemap blog anda, dengan mengakses alaman nama_blog_anda.blogspot.com/sitemap.xml, silahkan anda unduh untuk melihat strukturnya.

Untuk mengawali Optimasi SEO Onpage maupun Offpage,sitemap atau peta situs blog harus kita submit  secara manual ke mesin pencari, hendaknya ketika blog pertama kali dibuat dan artikel pertama anda terbitkan yang harus anda lakukan pertama kali yaitu mendaftarkan blog mesin pencari terutama mendaftarkan blog ke google webmaster tool dan ke bing webmaster tool kemudian mensubmit sitemap blog ke mesin pencari dengan menggunakan akomodasi yang terdapat pada tool tersebut, tujuannya yaitu biar mesin pencari dapat lebih cepat mengenali dan  mengetahui apa saja yang harus mereka crawl atau telusuri dalam situs atau blog kita, dengan demikian isi blog akan mudah untuk diindex oleh mesin pencari, semakin cepat terindex maka peluang artikel blog atau situs muncul di hasil pencarian mesin pencari (SERP) akan semakin cepat, dan semakin banyak yang diindek maka artikel dari blog yangbersangkutan akan sangat mudah sekali ditemukan oleh mesin pencari.

A. Cara Submit Sitemap / peta situs di google webmaster tool (GWT)

Google webmaster tool yaitu sebuah tool berbasis web milik google untuk webmaster yang berfungsi untuk memonitor interaksi robot mesin pencari terhadap blog atau situs yang anda miliki, sitemap sangat perlu sekali disubmit ke google, dikarenakan google yaitu mesin pencari terbesar didunia, untuk menggunakan tool ini, situs atau blog harus didaftarkan terlebih dahulu ke GWT, kemudian kita submit sitemap blog atau situs yang kita miliki didalamnya, berikut langkah-langkah submit sitemap blog ke google webmaster tool:

a. Masuk ke situs webmaster.google.com

b. Jika blog anda belum didaftarkan, silahkan anda daftarkan terlebih dahulu blog anda ke google webmaster tool tersebut, sebagai panduan anda mampu baca artikel sebelumnya perihal cara mendaftarkan blog ke bing dan google webmaster tool

syarat untuk daftar anda harus memiliki alamat email google terlebih dahulu, sebagai panduan silahkan anda baca cara membuat email google.

b. Setelah anda berhasil daftar, pada halaman utama akun google webmaster tool anda, silahkan klik nama blog yang anda daftarkan.

c. Pada tampilan berikutnya, pada bilah menu sisi kiri, silahkan anda pilih menu Crawl > Sitemap

Cara mendaftarkan blog ke google webmaster tool
d. Kemudian silahkan lihat ke pojok kanan atas, cari dan klik tombol Add/Test Sitemap

Cara submit sitemap atau peta situs ke google webmaster tool
Silahkan anda ketikan sitemap.xml pada kotak isian yang disediakan, kemudian tekan tombol "Submit Sitemap"

e. Silahkan refresh browser anda, kalau berhasil maka sitemap sudah anda masukan biar dapat dikenali mesin pencari google.

Sampai tahap diatas berarti anda sudah sukses melaksanakan penaftaran sekaligus mensubmit sitemap blog anda di google webmaster tool.

Silahkan baca juga: Cara biar judul postingan muncul di pencarian google

B. Cara Submit Sitemap di Bing Webmaster Tool

Bing yaitu mesin pencari cukup populer milik microsoft yang dikala ini sudah berkolaborasi dengan yahoo, artinya, baik mesin pencari bing maupun yahoo, memiliki aturan main yang sama, sitemap blog atau situs sangat perlu sekali kita submit di bing webmaster tool, berhubung pengguna bing cukup banyak, sehingga blog kita berkesempatan menerima visitor dari mesin pencari bing ini, adapun langkah-langkah mensubmit sitemap blog atau situs di bing webmaster tool yaitu sebagai berikut:

a. silahkan anda masuk ke alamat http://www.bing.com/toolbox/webmaster

b. Jika anda kebetulan belum mendaftar, silahkan daftarkan blog anda ke bing webmaster tool, anda akan diminta untuk membuat akun email outlook microsoft, untuk panduannya anda mampu baca  cara mendaftarkan blog ke bing dan google webmaster tool.

c. Setelah anda berhasil mendaftarkan blog anda dan berhasil masuk ke halaman utama akun bing anda, silahkan pilih nama blog anda pada daftar yang tampil.

d. pada tampilan selanjutnya, pada bilah menu sisi kiri silahkan anda pilih menu Dashboard > Configure My Site > Sitemap.

Cara submit sitemap atau petasitus di bing webmaster tool


e. Pada Kotak input untuk submit sitemap, silahkan anda ketikan http://nama_blog_anda.blogspot.com/sitemap.xml, misal untuk blog saya, saya akan ketikan, https://topbloggergallery.blogspot.com/sitemap.xml, atau kalau situs anda bukan berflatform blogspot, silahkan masukan url lokasi sitemap situs anda berada.

Cara submit sitemap atau petasitus di bing webmaster tool

f. Kemudian Tekan submit, dan refresh browser yang anda gunakan

Sampai tahap diatas berarti anda telah sukses melaksanakan submit sitemap di bing webmaster tool, dengan mendaftarkan blog anda kemudian mensubmit sitemap blog anda di bing webmaster tool, kini blog anda berpeluang muncul di mesin pencari bing maupun yahoo.

Demikian artikel sederhana tentang  Cara Submit sitemap atau peta situs di bing dan google webmaster tool, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Submit SITEMAP atau peta situs ke bing dan google"