Cara Membuat Blog Agar Mobile Friendly dan lebih SEO

Cara Membuat Blog Agar Mobile Friendly dan lebih SEO - Setelah algoritma terbaru mesin pencari google mobilegeddon resmi diluncurkan pada tanggal 21april 2015, maka untuk menghadapi algoritma terbaru google mobilegeddon tersebut, mau tidak mau setiap blog atau website harus support perangkat mobile (mobile friendly), kalau tidak maka tentu akan mensugesti rangking halaman di hasil pencarian google menjadi semakin tidak baik, ini merupakan salah satu alasan besar lengan berkuasa blog harus mobile friendly, dikarenakan algoritma mobile geddon memasukan faktor mobile friendly sebagai salah satu dari 200+ google ranking faktor terbaru, artinya blog mobile friendly akan lebih SEO dan mesin pencari akan lebih memprioritaskan blog yang support dengan perangkat mobile atau mobile friendly untuk menduduki posisi terbaik di hasil pencarian (SERP), kalau kebetulan blog yang anda miliki belum mobile friendly hingga ketika ini, maka disarankan untuk segera memodifikasi atau mengaktifkan template versi mobile pada blog anda.

Alasan google meluncurkan algoritma terbaru mobile geddon ini dikarenakan banyaknya pengguna internet yang menggunakan perangkat mobile untuk susukan internet, berdasarkan data statistik mereka bahwa hingga ketika ini penggunaan perangkat mobile sudah hampir mendominasi perangkat personal computer (PC), sehingga untuk menunjukkan pengalaman pengguna yang lebih baik maka google mengeluarkan algoritma mobile geddon, dengan cara ini, sebetulnya secara tidak eksklusif memaksa setiap webmaster atau pemilik situs web  atau blog semoga menyajikan situs atau blog miliknya bisa tampil menjadi indah di layar handphone atau perangkat mobile lainnya, sehingga situs tersebut mampu lebih menarik, lebih indah dan keren serta nyaman kalau diakses menggunakan perangkat mobile.


Cara mengetahui blog apakah mobile friendly atau tidak ?

Sebenarnya banyak cara yang mampu kita gunakan untuk mengecek apakah laman web blog yang anda miliki sudah mobile friendly atau belum, salah satu cara yang cukup efektif untuk mengetahui template blog yang anda gunakan sudah support versi mobile atau mobile friendly atau belum anda bisa  menggunakan tool gratisan yang sudah disediakan oleh google  yang dibuat khusus untuk mengecek situs mobile friendly, dengan memasukan alamat url blog anda anda mampu mengtahui mengenai situs anda apakah sudah support versi mobile atau belum. kalau diketahui bahwa blog anda belum support mobile friendly maka anda harus segera memperbaikinya.

Ciri-ciri template blog mobile friendly

Berikut ialah beberapa ciri-ciri template blog anda sudah mobile friendly
1.  Blog yang sudah mobile friendly akan di beri label Mobile Friendly di hasil pencarian google yang yang menggunakan perangkat mobile.
Untuk ketika ini kalau anda kebetulan menggunakan perangkat mobile menyerupai misalnya hp, tab atau perangkat mobile lainnya untuk melaksanakan pencarian google, maka kalau anda menemukan label mobile friendly di hasil pencarian, berarti itu mengambarkan situs atau blog tersebut sudah support perangkat mobile dan sudah memenuhi algoritma mobile geddon. tidak kalau sebaliknya.

2.  Tampilan blog atau situs yang support mobile friendly akan mampu menyesuaikan dengan lebar layar perangkat mobile yang digunakan
Tampilan blog mobile friendly akan menyesuaikan dengan lebar layar perangkat mobile, sehingga anda tidak perlu scroll secara horizontal kekiri dan kekanan.

3. Ukuran text mampu dibaca tanpa harus memperbesar halaman, kemudian ukuran gambar dan menu dapat menyesuaikan dengan lebar layar dari perangkat yang digunakan.

4. Jika di cek menggukanan tool google mobile friendly, didapat info "Bahwa blog yang anda gunakan support mobile friendly"

Cara membuat template blog semoga mobile friendly dan SEO

Apapun yang anda lakukan untuk mengatahui template blog anda apakah mobile friendly atau belum, kemudian anda menerima info bahwa template  blog yang anda gunakan kebetulan tidak mobile friendly maka cara berikut mampu anda lakukan untuk membuat semoga template blog anda mobile friendly dan lebih seo:

Cara 1: Dengan Mengaktifkan Laman versi seluler yang disediakan oleh blogger

Cara ini merupakan cara termudah membuat blog menjadi mobile friendly, caranya ialah dengan mengaktifkan akomodasi laman seluler default yang sudah disediakan oleh blogger itu sendiri, cara ini sangat cocok untuk anda yang menggunakan template blog yang tidak responsive, dengan cara ini anda tidak perlu repot-repot harus memodifikasi template blog anda menjadi responsive, cukup dengan mengaktifkan versi seluler bawaan blogger maka template blog anda akan menjadi mobile friendly, untuk mengkatifkan template blog mobile friendly bawaan blogger langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

a. Silahkan anda masuk ke akun blogger anda

b. Pilih blog anda, kemudian pada bilah menu samping kiri, pilih menu tampilan atau template, maka akan tampil menyerupai gambar dibawah ini:


mengaktifkan template blog selular pada blog

c. pada tampilan template menyerupai gambar diatas, silahkan anda klik tombol bergambar roda gigi yang terletak dibawah tampilan pratinjau seluler, maka akan tampil menyerupai gambar dibawah ini:

Cara mengaktifkan dan memilih template blog seluler bawaan blogger

d. Pada gambar diatas silahkan anda pilih "Ya, Tampilan template seluler di perangkat seluler", kemudian pada pilihan Template seluler, anda mampu memilih template yang tersedia, awas jangan memilih Khusus sebab pilihan itu hanya untuk template yang sudah responsive, kalau sudah jangan lupa tekan tombol "Simpan".

Sampai tahap diatas berarti anda sudah berhasil mengaktifkan template seluler bawaan blogger untuk blog anda, dengan cara ini sekali lagi anda tidak perlu memiliki template blog responsive, sebab semuanya sudah diataur oleh blog itu sendiri.

Cara 2: Dengan menggunakan template blog responsive

Sebelumnya barangkali anda pernah mendengan atau bahkan sudah mengenal mengenai template blog responsive, Ya template blog responsive ialah template blog dimana tampilannya mampu menyesuaikan dengan lebar layar perangkat yang menggunakannya, template blog responsive merupakan template blog seo friendly, namun tetap ketika anda menggunakan template blog responsive maka anda harus mengaktifkan template blog tersebut semoga mampu diakses dan aktif ketika blog di susukan menggunakan perangkat mobile, untuk mengaktifkan template blog responsive pada blog anda langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

a. Silahkan anda masuk ke akun blogger anda

b. Pilih blog anda, kemudian pada bilah menu samping kiri, pilih menu tampilan atau template, maka akan tampil menyerupai gambar dibawah ini:


cara membuat laman menjadi mobile friendly

c. pada tampilan template menyerupai gambar diatas, silahkan anda klik tombol bergambar roda gigi yang terletak dibawah tampilan pratinjau seluler, maka akan tampil menyerupai gambar dibawah ini:

Cara mengaktifkan template responsive blog

d. Pada gambar diatas silahkan anda pilih "Ya, Tampilan template seluler di perangkat seluler", kemudian pada pilihan Template seluler,  silahkan anda pilih khusus kemudian simpan.

Sampai tahap diatas berarti anda sudah berhasil mengaktifkan template blog responsive pada blog anda.

Untuk cara ini ada beberapa blogger yang menyarankan untuk memilih "Tidak, tampilkan template seluler pada perangkat seluler", kalau anda memilih cara tersebut saya kira kurang efektif sebab akan mengakibatkan perintah-perintah yang berkaitan dengan instruksi template untuk seluler pada blog yang anda gunakan yang mungkin diharapkan untuk kemudian hari akan menjadi tidak aktif.

Oleh sebab itu maka pilihlah pilihan "Ya tampilkan template blog seluler pada perangkat seluler" kemudian pada pilihan "Pilih template seluler" silahkan anda pilih "Khusus", dengan cara ini template blog responsive yang anda gunakan akan semakin dinamis, artinya template blog anda akan mengenal perintah-perintah instruksi template untuk seluler sehingga akan lebih mudah untuk memodifikasinya.

Demikian artikel sederhana tentang  Cara Membuat Blog Agar Mobile Friendly dan lebih SEO, dengan cara tersebut akan membuat blog anda yang tadinya tidak mobile friendly akan menjadi mobile friendly  sehingga akan tampil indah di layar ponsel dan selain tampilan blog anda semakin menarik, indah dan keren, juga akan semakin SEO , selamat mencoba.

0 Response to "Cara Membuat Blog Agar Mobile Friendly dan lebih SEO"