Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca, Calon Penulis Masuk

 Hari ini saya tertarik untuk membahas persoalan artikel yang menarik Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca, Calon Penulis Masuk
Hari ini saya tertarik untuk membahas persoalan artikel yang menarik.

...cara membuat artikel menarik yang enak dibaca.

Sebelum dilanjutkan, saya beritahu terlebih dahulu, di bawah tidak ada teknik SEO yang dibagikan dengan sengaja.

Jadi, konten ini khusus bagi Anda yang ingin berguru membuat artikel yang menarik di niche Anda.

Membuat Artikel Menarik


Artikel yakni konten berupa teks.

Lalu, kenapa diperlukan artikel apalagi artikel yang menarik?

Karena artikel semacam ini bisa viral dan meningkatkan traffic.

Cara membuatnya sederhana. Anda hanya perlu bermain-main dengan kata-kata.

Anda harus bisa memainkan perasaan pengunjung, menyerupai yang sudah saya sebutkan dalam konten saya, Konten Viral: Prinsip dan Cara Membuat Konten Viral.

Belum paham?

Baiklah saya jabarkan.

1. Berikan Judul dan Deskripsi yang Menarik


 Hari ini saya tertarik untuk membahas persoalan artikel yang menarik Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca, Calon Penulis Masuk

Taukah Anda, judul yang baik itu yakni judul yang memuat subject, object, dan predikat yang jelas?

Tapi hal ini sering diacuhkan, alasannya dianggap tidak SEO Friendly (terlalu panjang).

Contoh judul dengan prinsip ini bisa kita lihat melalui artikel-artikel yang diterbitkan oleh Hipwee.

...atau bisa juga menjiplak gaya situs ini.

"3 Pekerjaan Ini Cocok Buat Kamu yang Doyan Keliling Dunia"

Lalu untuk deskripsi, isikan juga hal yang sama, sesuatu yang menarik.

Karena biasanya, selain membaca judul, para warganet juga akan membaca deskripsinya.

Kalau deskripsinya menarik dan meyakinkan, pasti dibuka situsnya, kalau tidak menarik ya tidak akan dibuka.

Untuk permalink, yang penting bisa dibaca.

2. Berikan Gambar Thumbnail yang Menggoda


 Hari ini saya tertarik untuk membahas persoalan artikel yang menarik Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca, Calon Penulis Masuk

Saya rasa Anda paham ihwal persoalan ini.

Intinya, Anda hanya perlu mencari gambar yang cocok dengan artikel yang Anda angkat.

Pesan-pesan dari saya:

  • Berikan gambar beresolusi tinggi (kalau pengen SEO harus dikompres)
  • Berikan gambar yang tidak "murahan"
  • Berikan gambar yang sesuai dengan artikel
  • Jangan membohongi pembaca
  • Usahakan pakai gambar bebas lisensi
  • Mengenai ukuran, terserah pada Anda. (Sederhananya coba-coba sendiri; kalau saya lebih suka ukuran medium)

3. Buka dengan Kalimat yang Bagus


 Hari ini saya tertarik untuk membahas persoalan artikel yang menarik Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca, Calon Penulis Masuk

Pembukaan yang mengagumkan yakni pembukaan yang bisa membuat pembaca melanjutkan men-scroll menuju inti artikel.

Semenjak saya mengenal internet, hanya sedikit situs yang bisa membuat pembukaan yang mengagumkan dan membuat saya menggulir halaman.

...sisanya hanya basa-basi kesana-kemari.

Karena cuma basa-basi tidak terang ujungnya, saya tidak pernah membaca pembukaan.

Bosan.

Lantas bagaimana cara membuka artikel yang bagus?

Ada beberapa prinsip yang bisa Anda coba untuk membuka artikel, tapi Anda perlu berguru biar bahasanya pas.

Apa saja itu?

  • Pertanyaan yang membuat kepo
  • Pernyataan yang menggemparkan
  • Penjelasan singkat ihwal inti artikel

Ingat: pembukaan jangan terlalu panjang, buka dengan memperhatikan prinsip konten viral, thumbnail jangan terlalu besar sehingga pembaca eksklusif membaca kalimat pembukaan artikel.

...agar bounch rate-nya turun.

Contohnya bisa dilihat di artikel-artikel blog ini.

4. Ini Soal Inti Artikel


 Hari ini saya tertarik untuk membahas persoalan artikel yang menarik Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca, Calon Penulis Masuk

Anda perlu tau, ada banyak orang yang butuh sesuatu selalu bertanya ke Google.

Dan alasannya saya sudah tau, yang membuat jawaban-jawaban mereka yakni para blogger, saya menjadi tidak terlalu simpatik untuk bertanya ke Google.

Karena banyak artikel yang sudah ada di halaman pertama membuat kecewa.

Isinya panjang tapi cuma mbulet-mbulet mengejar keyword.

(Salah satu alasan saya terjun ke dunia blogging yakni untuk mengubah gaya penyampaian artikel semacam ini.)

Saran-saran dari saya antara lain:

  • Berikan data dan fakta
  • Jangan buat artikel bertema sama dengan cara penyampaian yang sama
  • Artikel tidak harus panjang yang penting hingga titik
  • Gunakan kata "Saya" dan "Anda" atau sejenisnya biar lebih akrab.

5. Tutup dengan Sesuatu yang Berkesan


 Hari ini saya tertarik untuk membahas persoalan artikel yang menarik Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca, Calon Penulis Masuk

Banyak artikel di luar sana yang tidak ditutup dengan kesan yang WAH.

Itu lubangnya.

Ketika tidak bisa mencapai puncak di bab akhir, Anda sia-sia membuat artikel.

(Hal ini tidak berlaku bagi situs isu alasannya situs isu harus netral)

Sebenarnya, Anda sudah tau prinsip ini di poin ke-3. Tinggal dibalik saja.

Jika di awal memberi pertanyaan di selesai memberi jawaban, bila di awal memberi pernyataan di belakang berilah pertanyaan, bila di awal sudah ada penjelasan maka akhiri dengan pertanyaan menyerupai "Apakah sudah jelas?"

Bonus: Berikan Call-to-Action dengan kalimat semacam ini "TOLONG BAGIKAN GAN!" biar makin banyak yang tertarik. :)

Ayo Mulai Buat!


Sekarang, Anda sudah tau bagaimana caranya membuat artikel menarik untuk dibaca.

Ada baiknya Anda mengembangkan kebaikan ini biar orang-orang menyerupai saya tidak semakin banyak.

Selamat berjuang menyeimbangkan SEO dan kemenarikan artikel. :)

Tapi kalau ada pertanyaan, silakan ditanyakan. Saya akan menanggapinya.

...dan kalau ada pernyataan, saya akan berterima kasih atas tanggapan Anda itu.

Terima kasih.

0 Response to "Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca, Calon Penulis Masuk"