#7 Rahasia Mempromosikan Konten blog terbaik

Sebenarnya sudah banyak para blogger yang membahas mengenai Rahasia Mempromosikan Konten blog, dan sebagian dari isi yang diuraikan di artikel ini bisa jadi sering anda baca di beberapa blog, dan mungkin anda akan sedikit complain wacana judul artikel yang saya buat, yang menyisipkan kata "jarang terbaik", padahal isi yang disajikan sudah pasti banyak para blogger yang sudah membahasnya.

Itulah sedikit dari taktik sederhana konten marketing dari si pemula, yaitu dengan menyajikan judul artikel semenarik dan bisa membuat orang penasaran untuk berkunjung, jikalau anda berkunjung ke blog ini sebab ada rasa penasaran dengan judul yang saya buat, berarti taktik awal saya untuk mempromosikan blog berhasil, cara ibarat ini tentu saja jangan anda lewatkan sebagai tahap awal untuk mempromosikan konten blog anda.



Promosi yakni salah satu acara yang sebaiknya jangan anda lewatkan, sebab melalui promosilah blog anda bisa dikenal orang dan menjadi populer, bahkan salah satu artikel di  social trigger mengungkapkan bahwa waktu yang digunakan untuk promosi sebaiknya yakni 80% dan untuk membuat konten yakni 20% artinya promosi harus menerima porsi 4 x lebih banyak jikalau dibandingkan dengan waktu yang dihabiskan untuk membuat konten, jikalau dalam satu ahad anda bisa membuat 1 konten maka 4 hari pada ahad tersebut harus anda gunakan untuk mempromosikan konten anda.

Lantas apa saja yang harus kita lakukan untuk mempromosikan konten semoga blog menjadi terkenal ?

Berikut beberapa acara yang harus anda coba untuk mempromosikan konten blog anda:

#1. Siapkan Pondasi Blog anda

Ini merupakan langkah awal yang harus anda lakukan sebelum anda mempromosikan blog anda, anda harus bisa menyajikan pondasi blog anda, yaitu konten blog atau artikel, dan anda harus bisa menyajikannya secara baik sehingga konten anda yakni konten terlengkap dan menjadi konten terbaik jikalau dibandingkan dengan konten kompetitor. jikalau konten kompetitor hanya menjelaskan dari A hingga C, maka konten anda sebisa mungkin harus anda sajikan dari A hingga Z, sebab untuk dikala ini salah satu faktor penentu kesuksesan sebuah blog yakni konten

Berikut beberapa hal yang harus anda persiapkan yang berkaitan dengan pondasi blog anda:

a. Menyajikan Konten berkualitas
Artikel yakni salah satu pondasi yang sangat penting untuk mempromosikan blog semoga blog anda cepat populer, satu hal yang jangan anda lupakan yakni jangan sekali-kali menyajikan artikel asal-asalan.

Makara langkah pertama yang harus anda lakukan sebelum mempromosikan blog anda yakni menyajikan artikel se informatif, se menarik dan se berkualitasmungkin, artikel informatif yang anda sajikan pada blog anda akan membuat setiap pengunjung rela menshare blog anda, rela melaksanakan bokmark artikel blog anda serta mereka akan betah berlama-lama di blog anda dan mereka berpeluang menjadi pengunjung setia blog anda.

Ingat jikalau artikel blog anda banyak yang bokmark terutama menggunakan google croome serta pengunjung semakin betah berlama-lama di blog anda, maka akan memperbaiki kualitas bounce rate blog anda, dan secara tidak pribadi akan menunjukkan sinyal pada mesin pencari bahwa blog anda yakni blog berkualitas.

# Bagaimanakah ciri-ciri konten berkualitas?
Memang banyak sekali yang membahas mengenai konten berkualitas, namun tidak sedikit yang mungkin masih bertanya-tanya ibarat apa sebetulnya konten berkualitas itu ?, jikalau anda masih resah mengenai konten berkualitas, berikut beberapa ciri yang bisa anda jadikan rujukan untuk membuat konten berkualitas menurut google:
  • Konten selalu dilengkapi dengan data dan fakta yang diambil dari sumber terpercaya.
  • Selalu membahas secara lengkap dan tuntas sehingga setiap pengunjung akan merasa sangat puas dengan hanya membaca artikel blog yang anda sajikan.
  • Lebih berguna, lengkap dan bermanfaat jikalau dibandingkan engan konten lain sejenis
  • Dibuat untuk insan bukan untuk mesin pencari.
  • Isinya sangat informatif, menarik dan original

b. Buat judul blog yang menarik dan bisa membuat pengunjung blog penasaran
Ini merupakan salah satu taktik konten marketing, judul blog yang baik yakni judul blog yang dapat memancing rasa penasaran, sehingga mereka rela untuk mengunjungi blog anda.

Jika anda mengandalkan google untuk menjaring visitor blog anda, untuk menerima banyak pengunjung ke blog anda, judul artikel tidak perlu ada di posisi satu google, cukup ada dihalaman pertama dengan judul yang menarik akan membuat konten anda kebanjiran pengunjung.

Untuk dikala ini algoritma google sudah berevolusi, satu yang mungkin dikala ini sudah menjadi faktor penentu rangking halaman situs yakni faktor UX atau faktor user experience, bahkan wacana UX faktor ini jauh-jauh hari pernah dibahas di situs searchmarketingexpo.com, ("Salah satu engginer google Garry Illyes pernah membahas mengenai UX faktor ini secara panjang lebar dan beliau  menyarankan semoga setiap webmaster memperhatikan dan lebih focus pada UX faktor).

Dan memang terbukti, ternyata untuk artikel tanpa backlink, jika  persentase CTR (Click throught rate, atau persentase klik judul blog di hasil pencarian) suatu artikel blog tinggi dan dwell time atau waktu yang dihabiskan pengunjung di artikel tersebut cukup lama, maka secara tidak pribadi akan menunjukkan sinyal pada mesin pencari bahwa artikel blog anda berkualitas, seiring waktu sedikit demi sedikit namun pasti judul artikel blog anda bisa bertengger di posisi terbaik.

Memang banyak sekali yang menjadi kategori UX faktor, intinya yakni bagaimana membuat artikel blog menunjukkan sinyal pada mesin pencari bahwa artikel tersebut berkualitas, membuat pengunjung betah berlama-lama dan faktor-faktor lainya.

#Bagaimanakah cara membuat judul blog yang menarik?
Dan shure dari situs moz mengungkapkan wacana bagaimana cara membuat judul semoga bisa viral untuk meningkatan ctr konten blog anda dihasil pencarian, anda setidaknya harus melibatkan beberapa faktor dibawah ini:
  • a. Dapat memancing keingin tahuan dan membuat penasaran pembaca, anda bisa melibatkan kata kata unik dan tidak biasa pada judul blog.
  • b. Mengandung pesan manfaat, misal mengandung kata, 7 cara.., 10 tips, bagaimana cara... dll
  • c. Melibatkan Sentuhan Emosional, misal mngandung kata terbaik, terjitu, paling dicari dlll...
  • d. Upayakan judul dapat muncul penuh di hasil pencarian, anda bisa menggunakan paling tidak 65 hingga 70 abjad untuk judul artikel, jikalau lebih dari itu mesin pencari akan memotongnya sehingga hanya hingga 70 abjad saja yang muncul.dll.

 #2. Promosi Menggunakan Mesin pencari (Search Enggine)

Tidak sedikit para pemilik situs yang rela merogoh kocek untuk mempromosikan situs miliknya semoga lebih populer, namun satu diantara banyak taktik promosi paling murah dan gratis yakni promosi melalu mesin pencari, berikut beberapa pint yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan konten blog anda di mesin pencari:
 

a. Daftarkan blog anda di mesin pencari populer
Kenapa blog harus didaftarkan ke mesin pencari, alasannya yakni semoga blog lebih cepat dikenali oleh mesin pencari, jikalau sudah dikenal maka konten artikel blog anda akan memiliki peluang lebih cepat ditemukan di hasil pencarian mesin pencari, sehingga bisa mendongkrak trafik, ini merupakan salah satu jenis promosi konten blog paling efektif dan  gratis.

Tahap awal untuk mempromosikan blog di mesin pencari yakni mendaftarkan blog di mesin pencari populer ibarat yahoo, bing dan google.
Artikel terkait: Cara mendaftarkan blog ke bing dan google


b. Libatkan SEO pada artikel blog anda
Agar usaha anda optimal anda harus melibatkan SEO didalam artikel yang anda buat, baik itu optimasi seo onpage maupun seo offpage, sehingga blog anda akan mudah sekali ditemukan dihasil pencarian google di posisi terbaik.

Sebagai rujukan anda bisa baca artikel berikut:
Agar judul blog ditemukan dihasil pencarian.

#3. Promosi menggunakan Email

Salah satu taktik konten marketing yang sering digunakan oleh hampir sebagian besar internet marketer dunia yakni promosi menggunakan email list, daftar email yang orang-orang yang tertarik dengan blog anda.

Strategi ini sangat ampuh dan efektif sekali untuk meningkatkan trafic atau mendatangkan pengunjung ke blog anda, dan pengunjung anda akan menjadi pengunjung yang paling tau wacana update blog anda, email marketing akan membuat  informasi artikel terbaru akan mudah hingga pada pembaca melalui informasi yang dikirim ke email mereka secara otomatis.

Tugas anda yakni bagaimana email mereka bisa anda koleksi, banyak cara yang bisa dilakukan, beberapa diantaranya yakni sebagai berikut:

a. Menyajikan kotak subcriber pada blog - sehingga setiap pembaca memiliki kesempatan untuk berlanggganan artikel, dengan cara memasukan email aktif mereka. sebagai pola anda bisa lihat bentuk kotak subcribe sederhana pada blog saya:

Cara promosi konten blog melalui email subcribe

Meskipun terlihat sederhana tapi ampuh, sayangnya hanya 699 orang yang sudah melaksanakan aktivasi lewat email, padahal total ada 15.000 subcriber, namun kebanyakan tidak diaktivasi.

b. Memaksa mereka secara tidak pribadi untuk memasukan email mereka untuk di koleksi, caranya anda bisa menyajikan artikel dalam bentuk pdf pada blog anda yang bisa didownload oleh siapapun, namun syaratnya mereka harus memasukan email mereka sebelum bisa mendownload. cara ini banyak di gunakan di situs-situs besar yang bisa anda contoh. mereka menyertakan sebuah tautan unduh yang disipkan dalam artikel yang mereka buat ibarat contoh:

rahasia mempromosikan konten blog
JIka link "click here to unduh the PDF" di-klik oleh pengunjung, maka anda akan diminta untuk memasukan email. unduh akan berjalan setelah anda memasukan email.


c. Menadakan seminar dan setiap akseptor harus memasukan bio data email salah satunya, jikalau melaksanakan cara ini anda sebaiknya meminta izin kepada mereka bahwa sewaktu-waktu anda akan mengirimkan informasi tertentu melalui email yang  mereka daftarkan. ini cara ini anda setidaknya harus sudah punya personal brand yang kuat.

# Bagaimana cara promosi melalui email?
Promosi melalui email bisa berupa pemberitahuan melalui email mereka bahwa ada update terbaru pada blog anda, jikalau dilakukan secara manual satu persatu tentu akan kerepotan. caranya yaitu menggunakan tool khusus

beberapa tool khusus yang bisa digunakan sebagai media promosi via email diantaranya:

a. Feed burner, sebuah tool gratis milik google yang dapat membantu menunjukkan informasi update terbaru pada pelanggan (subcriber) melalui email.

Artikel terkait: cara setting feed burner di blogspot

b. Aweber, tool berbayar yang dapat digunakan untuk otomisasi promosi lewat email, cukup lengkap salah satunya anda bisa membuat tampilan custom email dengan desain sesuai dengan yang anda inginkan.

#4 Promosi di media sosial

Promosi di media umum yakni salah satu taktik efektif untuk dikala ini guna menjaring visitor ke blog anda, namun ternyata banyak yang masih salah menerapkannya, sebab tidak sedikit yang melaksanakan promosi dengan cara-cara yang bisa dianggap spam, misal dalam waktu yang singkat anda mempomosikan blog anda secara manual ke aneka macam sosial media tanpa melihat minat pembaca, bahkan asal share saja, boleh saja jikalau memang tidak berdampak buruk namun tindakan ibarat itu akan membuat anda dan juga reputasi blog anda buruk dimata calon pembaca, sehingga bisa membuat mereka enggan untuk mengunjungi blog anda.

Apapun media umum yang anda gunakan untuk share sebaiknya tetap harus menjaga adab dan jangan hingga anda dianggap sebagai spammer, beberapa point  penting ketika share dimedia sosial:
a. Perhatikan minat pembaca.
b. Tahap awal lakukan promosi secara halus dan pelan-pelan.

Berikut beberapa sosial media yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan blog anda di media sosial:

#a. Promosi di media social facebook

 Media sosial facebook, siapapun pasti mengenalnya dan sosial media yang satu ini yakni sosial media yang paling banyak memiliki anggota, kesempatan ini tentu bisa kita manfaatkan dengan baik untuk media promosi konten, namun anda harus tau persis bagaimana taktik yang sempurna untuk promosi konten blog di sosial media, berikut beberapa tips cara promosi di sosial media facebook:

-Mencari group bersih yang memiliki minat terhadap artikel blog anda.
Jika blog anda merupakan blog yang membahas topik sepatu olahraga, anda harus mencari group-group yang berkaitan dengan olah raga, misalnya group joging, sepeda santai, penyuka basket  dan semacamnya, dan ingat ikuti aturan-aturan yang dibuat pada group tersebut.

- Membuat fanspage facebook
Buatlah fanspage yang mewakili artikel yang anda bahas pada blog anda, lakukan share otomatis pada fanspage facebook anda, sehingga setiap kali anda menerbitkan artikel, artikel anda muncul juga terbit di fanspage blog anda. promosikan fanspage anda di group-group yang memiliki minat terhadap blog anda.

-Share artikel anda di group facebook
Lakukan beberapa tips dibawah ini :
  • Monitor terus percakapan pada group anda, sehingga jikalau ada yang mengajukan pertanyaan yang anda bisa anda bisa kontribusi menunjukkan tanggapan yang baik dan informatif untuk meningkatkan reputasi anda pada group tersebut.
  • Jawablah setiap pertanyaan yang diajukan oleh anggota group tersebut dengan baik, buatlah beberapa status pada group tersebut yang sifatnya mendidik dan tanpa backlink.
  • Jika anda ingin melaksanakan sharelink pada status yang anda buat, sharelah link dari situs apapun yang bermanfaat bagi mereka dengan menunjukkan sedikit kutipan yang informatif.
  • Sekali-kali anda bisa share link yang menuju artikel yang anda buat yang menuju artikel blog anda, jangan gunakan judul, dan libatkan seruan semoga mereka tertarik untuk mengklik link yang anda share tersebut.
  • Sekali-kali buatlah status yang sifatnya mendidik dan informatif yang bisa dinikmati oleh para anggota group tersebut. 
  • dengan teknik ibarat itu, secara tidak pribadi anda sudah melaksanakan soft promosi (promosi secara halus) dan anda tidak akan dianggap sebagai spammer yang hanya bertujuan ingin mempromosikan blog anda.

#b. Promosi di twitter

Di twitter sama halnya dengan di facebook anda bisa melaksanakan hal yang sama ibarat promosi di sosial media facebook

#c. Promosi di Google+

Google + yakni salah satu media umum milik google dan ibarat dengan facebook,  google + memiliki administrasi spam yang baik, untuk promosi sebelumnya anda harus mengaitkan blog anda dengan profil google +milik anda, jadi setiap kali anda menerbitkan artikel, artikel tersbut akan muncul juga di halaman google+anda, jikalau di klik maka akan menuju ke konten artikel blog anda.

Anda bisa bergabung dengan beberapa group google+ yang memiliki minat terhadap blog anda, misal jikalau blog anda membahas wacana adsense, maka anda bisa bergabung dengan group adsense, carilah group yang bersih, moderator yang terus aktif dan taati aturan yang berlaku pada group tersebut.

Promosi di Google+ yang paling efektif yakni selalu memonitor percakapan pada group tersebut, dan anda harus berkonteribusi menunjukkan tanggapan terhadap setiap permasalahan yang anggota group tanyakan, jikalau tanggapan anda cerdas baik dan menunjukkan solusi, mereka secara sukarela akan mengunjungi blog anda melalui profil google+ anda tanpa harus anda minta dan tanpa perlu anda memasang link pada status yang anda buat.

#d. Promosi di forum Online

Carilah forum-forum yang bersih, anda bisa bergabung pada forum tersebut, forum untuk dikala ini ada yang menyajikan akomodasi signatur, sehingga anda bisa menerima backlink dari forum tersebut dari signatur, namun signatur biasanya akan aktif jikalau anda sudah memposting beberapa artikel.

Manfaatkan forum sebaik-baiknya, buatlah artikel berkualitaspada forum tersebut dan letakan backlink didalamnya, sebaiknya hindari menyajikan artikel yang sama persis dengan artikel blog anda yang ingin anda promosikan, dan gunakan juga judul yang berbeda dengan judul artikel yang dipromosikan.

Visitor bisa datang dari link yang anda letakan atau dari signatur yang anda pasang di forum tersebut.

#5. Promosikan konten blog anda dalam bentuk berbeda

Konten tidak harus kita sajikan hanya dalam bentuk goresan pena panjang yang hanya kita sajikan di blog, namun kita bisa merubah konten tersebut dalam aneka macam format semoga lebih mudah untuk dipromosikan dengan cara di-share diberbagai tempat, anda bisa menyajikan konten anda dalam bentuk portable ibarat PDF, atau dalam bentuk video, atau dalam bentuk infografis.

Dengan menyajikan konten dalam bentuk yang berbeda, akan mempermudah anda untuk membagikan koten tersebut di aneka macam tempat.

  • Jika konten anda dalam bentuk video, anda bisa membagika atau mempromosikannya melalui situs-situs menyebarkan video gratis seperti  youtube, vameo atau dailymotion dan ingat sebisa mungkin anda bisa mencantumkan link menuju artikel blog anda untuk video tersebut.

  • Jika konten anda sajikan dalam bentuk (e-book) atau dalam bentuk dokumen potable ibarat PDF, atau Document MS Word, anda bisa share disitus scribd  Jangan lupa untuk meletakan link menuju artikel pada blog anda.
  •  Jika anda menyajikannya dalam bentuk infografis anda bisa promosikan di situs visual.ly
  •  Anda juga bisa share dalam bentuk artikel di beberapa forum online yang sudah memiliki banyak anggota dan sudah populer.
Konten yang kita sajikan di situs-situs populer yang sudah memiliki reputasi yang baik di mata mesin pencari akan mudah sekali diindex dan ditemukan di hasil pencarian, sehingga trafik akan anda dapatkan selain dari member di situs-situs tersebut juga dari mesin pencari sehingga blog anda tidak sepi pengunjung.

#6. Blog Walking

Blog walking merupakan teknik klasik paling mudah yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan dan mempopulerkan konten blog anda guna meningkatkan trafic, dan memang benar acara ini bisa berpotensi untuk mendongkrak trafik atau dapat meningkatkan visitor ke blog anda, namun anda harus tau tekniknya.

Caranya, silahkan lakukan blog walking dengan benar, cari blog-blog populer yang memiliki topik yang sama dengan artikel yang anda bahas dan sudah memiliki banyak pembaca setia, kemudian berkomentarlah secara cerdas dengan komentar relevan dan informatif pada blog yang anda kunjungi, komentar cerdas akan membuat pengunjung lain mengunjungi blog anda bahkan si pemilik blog yang bersangkutan, meskipun tanpa anda minta.

Mengenai bagaimana cara blogwalking yang baik, silahkan anda baca disini

#7. Melibatkan pembaca blog anda untuk mempromosikan

Teknik mempromosikan konten berikutnya yakni dengan cara melibatkan pembaca blog anda untuk ikut mempromosikan, cara ini akan membuat konten anda cepat dikenal, ini merupakan peluang yang paling baik yang bisa anda gunakan, lantas bagaimana caranya semoga pembaca blog anda rela melaksanakan share terhadap konten yang anda buat?

Sajikan tombol share ke aneka macam media umum pada artikel blog anda, adanya tombol share akan mempermudah mereka mendistribusikan artikel blog anda.

Sajikan konten berkualitas.

Sajikan Artikel panjang - Penelitian yang dilakukan oleh buzzsumo terhadap 1 juta artikel, bahwa artikel dengan jumlah kata lebih dari  2000 kata, memiliki peluang dishare lebih banyak.
cara mempromosikan konten blog


Sedangkan menurut analisa serp IQ, untuk posisi 1 hingga 10 dihasil pencairan dengan 20, 000 kata kunci mengambarkan baha rata-rata yang banyak ditemukan dihasil pencarian di posisi 1 hingga 10 atau halaman pertama hasil pencarian yakni artikel yang terdiri dari  2.000 kata lebih,

panjang artikel meningkatkan share

Ternyata memang banyak sekali keunggulan membuat artikel panjang, selain meningkatkan share juga memiliki peluang untuk ditemukan di hasil pencarian pada posisi terbaik.


Promosi konten yakni episode dari acara blogging yang tidak bisa dipisahkan, semakin baik promosi yang anda lakukan maka dampaknya akan baik untuk blog anda, meningkatnya jumlah visitor ke blog sehingga akan lebih mudah mempopulerkan blog anda dan blog anda akan dikenal.

Sebenarnya Banyak sekali teknik promosi yang bisa anda lakukan, baik promosi secara online maupun offline, baik berbayar maupun gratis, namun apapun cara promosi yang anda pilih langkah awal yang harus anda prioritaskan yakni konten yang berkualitas.

Demikian uraian mengenai #7 Rahasia Mempromosikan Konten blog yang jarang diketahui, semoga bermanfaat.


0 Response to "#7 Rahasia Mempromosikan Konten blog terbaik"