Proses Propagasi domain - penyebab blog gres tidak mampu diakses

Pernahkan anda mengalami masa-masa dikala alamat website gres anda masih tidak bisa diakses?, padahal domain anda sudah aktif dan anda gres saja final melaksanakan seting atau pengaturan custom domain dan anda sudah melaksanakan konfigurasi Name Server (NS) atau DNS untuk CNAME dan ANAME di domain gres anda dengan benar?

Saya yakin anda akan sedikit merasa kecewa, resah dan merasa ada yang salah dengan apa yang anda lakukan, bahkan bisa saja anda menyalahkan penyedia registrasi domain, padahal bila anda tau sesungguhnya itu yaitu hal yang lumrah dan normal untuk domain gres dikala final di konfigurasi, itu dapat diartikan alamat webstie gres anda sedang melaksanakan proses propagasi domain atau istilah lainnya disebut juga dengan Pointing atau integrasi atau mengarahkan.

proses propagasi domain

Saya pribadi dulu pernah mengalami hal serupa, sempat merasa bingung, panik dan merasa ada sesuatu yang salah dengan apa yang sudah saya lakukan, dikarenakan setelah final melaksanakan konfigurasi custom domain alamat blog gres saya ternyata masih tidak mau diakses.

Selidik punya selidik setelah mencari banyak sekali referensi, saya gres paham bahwa apa yang terjadi pada website saya pada waktu itu yaitu sebuah proses yang dinamakan propagasi domain. dan ternyata proses propagasi selalu terjadi dikala kita gres saja final melaksanakan seting konfgurasi pada domain baru.

Kaprikornus jangan heran dikala anda mengakses alamat domain gres anda yang gres saja final di konfigurasi dengan benar masih menampilkan halaman "This page is Under Construction" atau halaman lainnya itu artinya blog anda sedang dalam masa propagasi domain.

Mengenal Apa itu Propagasi domain?

Lantas apa sesungguhnya proses propagasi domain itu?

Propagasi waktu yang diharapkan sebuah nama domain untuk terhubung ke server hosting, proses ini biasanya dapat memakan waktu, 3 menit hingga dengan 72 jam (3 hari) dikarenakan DNS internet  lokasinya tidak terpusat sehingga untuk memahami pergantian tersebut memerlukan waktu tertentu.

Pada dasarnya dikala final melaksanakan konfigurasi domain  semoga alamat domain bisa terhubung server hosting blog anda, sesungguhnya domain sudah bisa pribadi terpointing atau terarahkan ke server hosting blog anda, namun alasannya yaitu sistem DNS (Domain Name Server) internet tidak terpusat maka DNS tidak bisa mengetahui perubahan/update yang terjadi pada domain anda dalam waktu yang cepat, sehingga dikala domain anda diakses seperti masih menampilkan halaman lama.

Apa Ciri Blog Sedang Proses Provagasi domain?

Beberapa ciri blog anda sedang proses propagasi domain salah satunya yaitu anda tidak bisa mengakses halaman blog anda, dan halaman yang muncul hanya tampilan sebuah gosip ibarat "Managed DNS", "This Page Is Under Construction", atau tampilan serupa lainnya, salah satunya ibarat tampilan di bawah ini:
 
Halaman sedang propagasi domain

Artinya dikala anda final melaksanakan konfigurasi pada domain blog anda, dan anda masih belum bisa mengakses halaman utama blog anda itu artinya domain anda sedang dalam proses propagasi, untuk terhubung ke server hosting blog anda.

Apa yang menimbulkan Proses Propagasi domain Lama?

Ada banyak penyebab lama tidaknya proses propagasi domain diantaranya yaitu sebagai berikut:

a. ISP Lambat Melakukan Update Table DNS

Salah satu penyebab lamanya proses propagasi domain yaitu dikarenakan ISP (internet service provider) belum melaksanakan update pada table data DNS mereka sehingga untuk setiap ISP akan menghasilkan halaman yang berbeda dikala mengakses domain kita.

Bisa jadi dikala diakses oleh sobat anda di kota tertentu blog anda bisa diakses dengan baik sedangkan dikala anda saluran ditempat anda masih proses propagasi alasannya yaitu ISP nya berbeda dan update table DNS yang dilakukan oleh setiap ISP juga berbeda.

b. Pengaruh Umur Domain

Pengaruh umur domain juga bisa menentukan lambat tidaknya sebuah proses propagasi, bila domain yang anda gunakan yaitu domain lama maka pada umumnya proses pointing atau mengarahkan akan cendrung lama, sedangkan bila domain yang anda miliki yaitu domain fresh atau domain yang sebelumnya belum digunakan maka proses pointing akan cepat.

c. Lambatnya Register Domain melaksanakan pointing

Yang ketiga yaitu alasannya yaitu pengaruh lambatnya register domain mengarahkan domain anda ke server hosting sehingga baik domain anda gres maupun domain lama tetap proses propagasi akan memakan waktu yang lama.

Apakah Ada Cara Untuk mempercepat Proses Propagasi Domain?

Itu tentu saja di luar kendali kita, namun ada cara cepat untuk memastikan bahwa domain anda sudah terpointing atau terarahkan dengan baik pada server hosting anda, langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

#1. Dapatkan IP Address untuk Domain Anda.

Untuk menerima IP Addrss domain, anda bisa menggunakan situs http://whois.domaintools.com, silahkan anda buka situs tersebut kemudian ketikan alamat situs anda, misal domainsaya.com

Pada data whois record, silahkan anda cari IP Address untuk melihat IP Address domain anda, akan terlihat ibarat gambar dibawah ini:

IP Address domain Whois

Silahkan anda Catat IP Address tersebut, pola diatas ip address adalah: 206.239.32.21

#2. Buka file host pada komputer Anda

Silahkan klik tombol start menu pada windows anda, kemudian lakukan pencarian dengan text berikut
wordpad C:windows\system32\drivers\etc\host

Kemudian enter.

Akan terbuka aplikasi wordpad dengan goresan pena tertentu, silahkan anda tambahkan di wordpad di baris paling bawah dengan format IP Address domain anda [spasi]  Nama Domain Anda, ibarat berikut:
 206.239.32.21    namablog.com
ibarat terlihat pada gambar di bawah ini:


Jangan lupa, silahkan anda simpan

Setelah tersimpan silahkan anda refresh browser yang anda gunakan, kemudian saluran kembali nama domain gres anda, misal namadomain.com, bila seting atau konfigurasi domain benar, anda akan bisa mengakses situs ada.

Cara diatas hanyalah salah satu cara untuk memastikan bahwa domain sudah terarahkan dengan baik, bila sudah di cek anda bisa menghaspus kembali IP address yang anda tambahkan di sebelumnya.

Itulah artikel tentang  Proses Propagasi domain (kenapa blog tidak bisa diakses), semoga bermanfaat.


0 Response to "Proses Propagasi domain - penyebab blog gres tidak mampu diakses"