Fitur Https blogspot resmi akan diaktifkan simpulan april 2016

Untuk pengguna internet istilah HTTP juga  HTTPS barangkali bukanlah hal yang gres alasannya yaitu kedua istilah ini sering sekali kita lihat manakala kita mengakses halaman situs, ya apapun halaman situs yang kita akses, maka url halaman situs tersebut akan diawali dengan http:// atau https://. keduanya merupakan sebuah layanan protokol yang digunakan oleh web browser menyerupai mozila firefox, google chrome, microsoft edge dan web browser lainnya  untuk berkomunikasi antara komputer client dengan server melalui jaringan internet.

Baik http maupun https tolong-menolong memiliki fungsi yang sama perbedaannya hanyalah terletak pada sisi keamanan, artinya HTTPS (hypertext transfer protocol Scure) lebih aman kalau dibandingkan dengan http (hypertext transfer protocol), sehingga situs-situs yang menggunakan fitur tersebut akan terjamin keamanannya, alasannya yaitu data akan di encripsi terlebih dahulu sebelum data tersebut dikirim atau diterima antara client dan server.

aktifkan fitur https pada blogspot

Apakah blog perlu menggunakan Layanan HTTPS

Blog terutama blog berflatform blogspot memang secara default awalnya hanya menggunakan fitur http saja, menurut saya sudah cukup kalau blog hanya digunakan untuk hanya sekedar menyebarkan artikel, beda halnya dengan situs yang khusus digunakan untuk bertransaksi secara online menyerupai situs perbankan dan situs situs semacamnya yang selalu melibatkan otorisasi  (user login) https akan sangat diperlukan, alasannya yaitu kalau tidak user dan password yang digunakan mampu jadi akan mudah sekali disadap oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Jika kita menilik dari sisi seo https memang sudah menajadi salah satu faktor penentu peringkat halaman di hasil pencarian artinye fitur https memiliki andil untuk meningkatkan rangking halaman situs di hasil pencarian. sehingga blog dengan https akan sangat baik, selain mampu meningkatkan otoritas situs di mata pengunjung juga akan sangat baik di mata mesin pencari. namun setidaknya anda harus merogoh kocek untuk menggunakan layanan https pada situs anda.


Fitur HTTPS sudah tersedia di blog berflatform blogspot

Ada kabar bangga untuk pengguna blogspot, alasannya yaitu beberapa bulan yang lalu google gres saja menambahkan fitur gres blog berflatform blogspot yaitu fitur HTTPS, fitur tersebut sifatnya masih optional dan gratis, artinya anda mampu mengaktifkan fitur tersebut kalau memang perlu danpa harus mengeluarkan biaya, anda juga mampu tidak mengaktifkannya kalau memang belum perlu.

Saya sendiri beberapa bulan yang lalu pernah mengaktifkan fitir https ini pada blog saya ini, alasan utamanya alasannya yaitu fitur https sudah menjadi bab dari google ranking faktor yang dapat mensugesti halaman situs dihasil pencarian, saya mengambil kesimpulan dengan blog menggunakan layanan https maka selain blog lebih aman, memiliki otoritas yang baik di mata pengunjung blog juga akan lebih seo.

Setelah mencoba beberapa bulan alhasil saya memutuskan untuk tidak menggunakan https lagi, alasannya yaitu ternyata kalau menggunakan fitur ini anda juga harus memaksimalkan fitur tersebut dengan memastikan juga bahwa sumber daya menyerupai sumber url gambar diambil, sumber daya yang menyusun halaman situs menyerupai script css, javascript juga harus dipastikan menggunakan https, kalau tidak halaman tersebut meskipun menggunakan layanan https tetap belum mampu dikatakan aman.

awalnya saya memastikan dan mengupayakan bahwa setiap sumber daya situs menggunakan saluran aman, namun sayangnya setelah dicoba saya melihat tampilan blog ada yang tidak berfungsi dan beberapa widget terlihat acak-acakan, tolong-menolong mampu saja diperbaiki, namun alasannya yaitu akan memakan waktu untuk memperbaikinya saya putuskan untuk kembali hanya menggunakan layanan http saja.

Di Awal april google resmi memberlakukan fitur https pada blogspot

Beberapa hari yang lalu saya melihat sebuah notifikasi gres dikala membuka tampilan halaman utama akun blogspot yang terlihat menyerupai gambar dibawah ini:

fitur-baru-https-di-blogspot


Bunyinya kurang lebih:
Hadir di simpulan April!
Semua pengunjung akan dapat melihat blog domain Blogspot Anda melalui sambungan terenkripsi dengan mengunjungi https://<your-blog>.blogspot.com. Tautan dan bookmark yang ada ke blog Anda akan terus bekerja. Sebagai bab dari perubahan ini, Ketersediaan HTTPS akan ditiadakan, dan blog Anda akan selalu memiliki versi HTTPS.
Saya yakin anda juga menerima pesan serupa di akun blogspot anda.

Pesan tersebut menginformasikan bahwa di simpulan april google memberlakukan fitur https untuk semua blog berflatform blogspot secara otomatis, sehingga blog anda akan mampu dilihat melalui sambunagan aman (https://), artinya dikala ada pengguna blog anda mengakses blog anda menggunakan https:// maka blog anda masih tetap mampu diakses.

sebelumnya saya pernah menyajikan bagaimana cara mengaktifkan fitur https pada blog, artikel tersebut disajikan alasannya yaitu memang beberapa bulan yang lalu penggunaan fitur https sifatnya masih optional (bisa digunakandan juga mampu tidak), kalau ingin menggunakan fitur https pada blog maka anda harus mengaktifkan saluran aman tersebut di pengaturan blogspot, namun nanti di simpulan april, mau tidak mau blog kita akan menggunakan fitur https secara otomatis tanpa harus melaksanakan seting.

Persiapan Apa yang harus kita lakukan?

Tentu dengan menggunakan https blog tolong-menolong akan berkinerja lebih baik terutama di mata seo, namun kita harus memastikan bahwa fitur tersebut bekerja dengan baik untuk template blog yang kita gunakan, jangan hingga dikala ada pengunjung yang mengakses lewat saluran aman https, halaman blog tidak mampu bekerja dengan baik, menyerupai yang pernah saya alami, setelah mengaktifkan fitur https pada blog ada bebera link yang tidak berfungsi dan tidak mampu diklik sama sekali dan ada beberapa widget yang tampilannya menjadi acak-acakan. mungkin itu mampu saja terjadi pada blog anda. oleh alasannya yaitu itu beberapa hal harus kita lakukan:

- Cek blog anda menggunakan saluran aman (silahkan aktifkan fitur https yang lama di blog anda)
- Pastikan bahwa semua widget, link pada komentar bekerja dengan baik
- Maksimalkan penggunaan https pada blog anda (bisa dibaca: tips maksimalkan fitur https pada blog)
-cek juga tampilan mobile blog anda menggunakan https, pastikan tampilan dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Jika anda menemukan ada tampilan yang tidak dapat bekerja dengan baik dikala diakses melalui fitur HTTPS sebaiknya anda segera perbaiki.

Jika hal-hal diatas sudah anda pastikan mampu bekerja dengan baik, anda tidak perlu khawatir dikala fitur https diaktifkan oleh google di simpulan april nanti.


Itulah barangkali artikel wacana Fitur Https blogspot akan aktif di awal april 2016, biar mampu menambah wawasan anda.

0 Response to "Fitur Https blogspot resmi akan diaktifkan simpulan april 2016"