Dari waktu ke waktu teknik seo selalu berubah-ubah sesuai dengan berkembangnya teknologi mesin pencari, seiring dengan perkembangan jaman teknologi mesin pencari akan terus bermetamorfosis lebih baik dan terkadang menghadirkan teknolgi terbaru, tujuannya yakni untuk menemukan secara cepat sempurna dan relevan setiap artikel yang dibutuhkan oleh pengguna internet ketika pengguna melaksanakan pencarian melalui mesin pencari goole. sehingga bisa saja beberapa teknik seo tahun 2014 tidak sama dan tidak akan cocok diguakan di tahun 2015 begitu juga dengan tahun 2016 sebab seo akan terus berubah sesuai dengan berubahnya teknolgi mesin pencari.
Untuk para blogger yang sangat peduli akan manfaat seo, harus selalu berupaya untuk selalu menerima informasi terbaru mengenai perkembangan mesin pencari, sehingga dengan mengetahui perkembangan mesin pencari, anda sebagai praktisi seo akan selalu menggunakan teknik seo pada blog anda dengan cara yang sempurna dan tidak kadaluarsa sehingga artikel blog yang anda buat tetap populer tidak kekang dimakan zaman.
Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk selalu menerima informasi terbaru wacana perkembangan seo yakni dengan sering membaca blog-blog yang memang khusus membahas wacana seo, ada banyak rujukan yang bisa anda baca baik di dalam negeri maupun di luar negeri, biar anda tidak kerepotan anda bisa menjadi subcriber pada blog-blog tersebut sehingga setiap kali ada artikel terbaru yang diterbitkan di blog tersebut anda akan menerima informasinya secara cepat melalui email anda.
Kabar terbaru dari google wacana Faktor seo yang paling penting 2016
Akhir-akhir ini saya juga kebetulan menerima kabar terbaru wacana seo melalui email yang saya terima dari salah satu pemilik blog populer yang banyak membahas wacana seo yang kebetulan saya ikuti, pemilik blog tersebut melalui email memberitahukan bahwa google mengumunkan tetang faktor seo terpenting di tahun 2016, kita sudah mengetahui sebelumnya bahwa mesin pencari sekelas google memberlakukan 200+ google rangking faktor untuk menentukan pantas tidaknya artikel blog menerima posisi terbaik di hasil pencarian google,Kabar wacana seo yang disampaikan oleh Andrey Lipattsev (Search Quality Senior Strategist at Google) menyatakan bahwa di tahun 2016 dari 200+ google ranking faktor ada 2 kategori yang paling lebih banyak didominasi dalam menentukan peringkat situs di hasil pencarian.
Pernyataan #1 - Link dan Konten merupakan faktor ke #1 dan ke #2 yang paling menentukan peringkat situs di hasil pencarian
Ternyata link atau eksistensi backlink yang dimiliki oleh sebuah situs merupakan faktor yang paling penting yang dapat menentukan posisi artikel di hasil perbaikan, oleh sebab itu kita harus selalu mengupayakan untuk membangun backlink untuk blog anda.Pengaruh link terhadap posisi artikel di hasil pencarian sangat dipengaruhi oleh beberapa hal sebagai berikut:
a. Jumlah backlink
Semakin banyak jumlah backlink maka itu akan semakin baik.
b. Anchor text atau text jangkar yang digunakan untuk backlink tersebut
Gunakan text jangkar senatural mungkin, artinya tidak serta merta membuat anchor text selalu menggunakan kata kunci yang di target tapi gunakan anchor text beragam yang bisa meningkatkan kenaturalan link tersebut.
c. Otoritas situs Sumber backlink
Otoritas artinya dogma situs di mata mesin pencari, situs yang memiliki reputasi baik bukan situs yang dianggap sebagai situs spam atau situs yang kurang berkualitas, bila sumber backlink bersumber dari situs yang memiliki otoritas yang baik maka dapat dipastikan backlink yang didapat yakni backlink berkualitas yang benar-benar akan memiliki pengaruh luar biasa untuk menerima posisi terbaik di hasil pencarian.
Pernyataan #2 - Google Resmi Memasukan User CTR dan user Experince (UX faktor) di algoritma mesin pencari
Google enginer, Paul Haahr menyatakan bahwa ketika ini google sudah memasukan google ranking faktor baru menjadi episode dari 200+ google ranking faktor yang paling lebih banyak didominasi dapat menentukan pantas tidaknya artikel postingan muncul di posisi terbaik mesin pencari, dua faktor tersebut yakni User CTR dan User Experince (UX).Apa itu User CTR?
User CTR yakni User (Click Trought Rate), yaitu nilai persentase seberapa banyak penguna internet melaksanakan klik pada judul artikel blog anda ketika mereka menemukan artikel blog anda di hasil pencarian. semakin besar persentase nilai ctr judul artikel blog anda maka itu artinya judul artikel yang anda sajikan itu sangat baik.
Untuk melihat nilai CTR artikel blog anda, anda bisa lihat di google search console atau google webmaster tool untuk blog anda, silahkan menuju menu lalulintas penelusuran > Telusuri Analitic, terlihat ibarat gambar dibawah ini:
Silahkan anda lihat data queri penelusuran untuk blog anda, anda akan melihat informasi kata kunci yang digunakan oleh pengguna blog anda untuk menemukan artikel blog anda, ada aneka macam artikel blog anda anda akan melihat jumlah klik, jumlah tayang dan persentase RKT artikel blog anda yang ditemukan bila persentase RKT itu nilainya tinggi itu lebih baik.
Tahukah anda ketika artikel blog anda dianggap pantas untuk muncul di posisi pertama mesin pencari dilihat dari optimasi seo onpage yang anda libatkan dan kualitas artikel yang buat, maka google akan memberlakukan A/B test pada artikel blog anda di hasil pencarian mesin pencari.
Ketika mesin pencari menjalankan tes pada artikel blog anda, maka di satu ketika artikel anda akan bisa muncul di halaman pertama google mungkin di posisi pertama atau kedua, ketika artikel muncul di posisi dan pengguna tidak melaksanakan klik pada judul artikel blog anda, maka judul tersebut bisa dianggap kurang relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna internet, bila artikel anda menerima klik oleh pengguna dan masuk ke halaman artikel anda, namun kurang dari 2 menit mereka pribadi keluar dari halaman blog anda, itu bisa menunjukkan sinyal pada google bahwa artikel yang anda sajikan kurang berkualitas, itu artinya sudah cukup memberitahukan kepada mesin pencari google bahwa artikel anda kurang berkualitas dan kurang informatif, lambat laun artikel anda akan karam di hasil pencarian dan akan sulit ditemukan di posisi terbaik
Kesimpulan yang bisa kita peroleh adalah, nilai CTR akan sangat berperan sekali bila di kolaborasikan dengan penyajian artikel yang berkualitas, manakala judul artikel blog yang anda sajikan sering menerima klik dari pengunjung dan artikel yang anda sajikan informatif dan benar-benar berkualitas itu sudah cukup menunjukkan informasi pada google bahwa artikel anda yakni artikel berkualitas dan pantas untuk menerima posisi terbaik di hasil pencarian google.
#Apa yang harus anda lakukan?
Tentu saja yang harus anda lakukan yakni membuat judul artikel se unik dan semenarik mungkin sehingga bisa mendapatan perhatian pengunjung dan membuat mereka penasaran untuk mengunjungi blog anda, tapi bukan hanya itu anda juga harus bisa menyajikan isi artikel yang benar-benar relevan dan berkualitas untuk judul yang dimaksud sehingga para pengunjung blog anda merasa puas dengan artikel yang anda sajikan.
Lantas apa itu User Experience (UX)?
UX ini jauh-jauh hari sudah di perkirakan bahwa faktor pengalaman pengguna ini akan menjadi google ranking faktor dan memang terbukti ketika ini UX sudah menjadi episode dari google ranking faktor yang harus kita perhatikan.
Artinya apa, google benar-benar ingin menunjukkan hasil pencarian relevan dan informatif kepada para pengguna internet, beberapa tahun yang lalu mungkin anda aneka macam menemukan yang bisa muncul di hasil pencarian yakni blog yang abal-abal saja bahkan blog ilegal AGC (auto generate konten bisa bersaing di posisi terbaik), namun seiring waktu google akan bisa menampilkan artikel blog yang memang benar-benar sangat relevan dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh peengguna sebagai pencari informasi.
Google memberlakukan User experince untuk menunjukkan signal bahwa artikel yang dimaksud yakni artikel yang memang menunjukkan ifnroamsi yang sangat berkhasiat dan informatif, sehingga pengunjung merasa puas.
Jika pengunjung betah berlama-lama pada artikel yang mereka kunjungi maka itu cukup menunjukkan informasi kepada google bahwa artikel tersebut memang benar-benar berkualitas, bila pengunjung melaksanakan borkmark terhadap artikel yang dimaksud maka cukup untuk google bahwa artikel tersebut berkualitas dan bisa menerima perhatian pengunjung. bila banyak pengguna yang mengunjungi blog anda secara pribadi dengan cara mengetikan alamat homepage blog anda di browser yang mereka gunakan maka itu artinya bahwa blog anda didominasi dengan artikel yang memang bermanfaat dan aneka macam faktor-faktor pengalaman pengguna yang mungkin google gunakan sebagai faktor penentu pantas tidaknya blog anda di prioritaskan di hasil pencarian google (SERP).
Demikian informasi wacana 2 Kategori Faktor Seo Paling penting tahun 2016, semoga bermanfaat.
0 Response to "2 Kategori Faktor SEO Paling penting tahun 2016"