Template Blog Seo Untuk Akademisi - Blog Dosen Dan Mahasiswa

Optimalisasi TIK Blog untuk Menunjang Perkuliahan Template Blog SEO untuk Akademisi - Blog Dosen dan Mahasiswa
Template Blog SEO untuk Akademisi - Blog Dosen dan Mahasiswa

USAI menawarkan "pelatihan" wacana blogging di sebuah kampus, bertema "Optimalisasi TIK Blog untuk Menunjang Perkuliahan", aku tertantang mencarikan sebuah template blog yang kira-kira "mantes" buat kalangan akademisi --buat blog dosen dan mahasiswa.

Kriteria umum template blognya yaitu simple, elegant, clean, fast loading, SEO Friendly, dan User Friendly. Kalangan akademisi (dosen dan mahasiswa) biasanya mengutamakan konten (isi), bukan tampilan. Apalagi memang konten masih merupakan "raja" dalam dunia blogging (Content is King).

Untuk sementara, aku gres menemukan template blog Denim Series dari Blogcrowds. Saya pilih yang warna biru alasannya yaitu biru yaitu Persib dan Persib yaitu "Nu Aing" ^_^.

Setelah dicek di GT Metrix, skor loadingnya luarrrr biasa:

  • Page Speed Grade 93% (A) 
  • YSlow Grade: dan 76% (C)
Lalu aku cek skor SEO-nya di Chkme. Skornya juga luarrrr biadab, eh, luar biasa! Cuma 36%! Itu utamanya alasannya yaitu Template Blog demo Denim ini belum dilengkapi Website Description dan Website Keywords. Lagi pula, skor SEO tidak terlalu penting, apalagi sehabis Google mengubah algoritma-nya menjadi "ke awal", yakni mengutamakan blog/website yang berisi konten (tulisan) berkualitas, orisinal alias orisinil alias bukan posting Copy Paste.

Academia Template: Template Blog SEO untuk Akademisi
Saya modifikasi Denim Template tersebut, sekaligus mengubah namanya menjadi Academia Template. Demonya dapat dilihat di Academia Blogger Template dan dapat didownload di sana juga.

Setelah aku modifikasi dan berbagi demonya, data GT Metrix dan Chkme-nya berubah. Loadingnya jadi  83%/83% (B/B) dan Skor SEO-nya meningkat tajam menjadi 93%.
Academia Blogger Template sudah aku lengkapi dengan Menu Navigasi, Social Share, dan Breadcrumbs supaya lebih SEO dan User Friendly. 


Jika Anda berminat memakai template ini, silakan download dan install di blog Anda. It's free! Good Luck!

0 Response to "Template Blog Seo Untuk Akademisi - Blog Dosen Dan Mahasiswa"