Fungsi Meta Tags Berdasarkan Google


Meta Tags yakni arahan HTML yang berisi label terkait isu sebuah halaman web (web page), website, atau blog. 

Webopedia.com mendefinisikan Meta Tags sebagai label HTML yang menyajikan isu perihal sebuah laman situs, contohnya siapa yang menciptakan laman, seberapa sering diperbarui, laman perihal apa (konten/isi), dan kata kunci apa yang merepresentasikan isi laman. Banyak mesin pencari memakai isu tersebut saat membangun indeks mereka.

Meta Tags, dengan demikian, merupakan "identitas" sebuah website/blog sekaligus "tanda pengenal" bagi mesin pencari. Meta Tags bukan untuk dikonsumsi user (pengguna), visitor (pengunjung), atau reader (pembaca) blog, tapi untuk mesin pencari. 

Pembaca dapat saja mengenali sebuah blog dari sisi Meta Tags, yaitu dengan "klik kanan" dan "view page source" dan/atau "view page info" --kecuali blog yang klik kanannya "dikunci" (disable right click).

Fungsi Meta Tags Menurut Google
Banyak tips, kiat, atau teknik soal Meta Tags ini. Intinya menyebutkan betapa penting Meta Tags bagi popularitas, ranking, atau fasilitas terindeks mesin pencari, khususnya Google.

Benarkah Meta Tags dapat menaikkan traffic pengunjung blog? Mari kita simak kata Google.

Menurut GoogleMeta Tags merupakan "cara hebat" (great way) bagi para pembuat web atau blogger untuk memperlihatkan isu kepada mesin pencari perihal situs mereka. 

Cara memakai atau menambahkan Meta Tags yakni dengan memasukkan arahan di seksi <head> laman HTML blog dan umumnya tampak ibarat ini:

<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Transitional//EN"
"http://www.w3.org/TR/html4/loose.dtd">
<html>
<head>
<META NAME="Description" CONTENT="Author: A.N. Author, Illustrator: P. Picture,
Category: Books, Price: £9.24, Length: 784 pages">
<META http-equiv="Content-Type" CONTENT="text/html; charset=iso-8859-1">
<META NAME="google-site-verification" CONTENT="+nxGUDJ4QpAZ5l9Bsjdi102tLVC21AIh5d1Nl23908vVuFHs34="/>
<title>Example Books - high-quality used books for children</title>
<META NAME="robots" CONTENT="noindex,nofollow">



Dari pola Meta Tags Google tersebut, kita melihat tidak ada "Meta Keywords/Keywords Tag" (kata kunci). Mengapa? Karena sudah usang Google menyatakan "tidak memakai kata kunci untuk mengindek/memeringkat sebuah blog". 

Kabarnya, Google tidak lagi menghiraukan kata kunci alasannya yakni banyak terjadi "penyalahgunaan kata kunci" oleh para blogger, contohnya blog perihal "jualan jam tangan" malah berisi kata kunci "download film terbaru" sehingga "jaka sembung" (gak nyambung!).

Jadi? Ya kalo kata Google begitu mah, Meta Tags blog kita cukup ini saja:
1. Title Tag
2. Description Tag
3. Google Site Verification
4. Robots Tag

Masih Perlu Kata Kunci?
Mau tetep gunakan Keyword Tag? Pake aja, asal jangan kebanyakan! Maksimum 10 kata, misalnya: "Komunikasi, Jurnalistik, Public Speaking, Siaran Radio, Blogging, Media, Teknik MC". Ini pola kata kunci dengan 10 kata, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Komunikasi
  2. Jurnalistik
  3. Public 
  4. Speaking
  5. Siaran 
  6. Radio
  7. Blogging
  8. Media
  9. Teknik
  10. MC


0 Response to "Fungsi Meta Tags Berdasarkan Google"