3 Jenis Pelanggan Yang Harus Anda Ketahui !

3 Jenis Pelanggan Yang Harus Anda Ketahui !

3 Jenis Pelanggan Yang Harus Anda Ketahui !

Pelayanan ialah bab paling penting dalam sebuah aktivitas pemasaran dan setiap pemasaran keberhasilannya diukur dari kemampuan menghadapi perubahan pasar. Rahasia terpenting dalam urusan ekonomi ialah bagaimana kita menangkap keinginan konsumen lalu membantu memperlihatkan solusi yang terbaik untuknya. Semuanya akan menjadi mudah kalau kita memiliki wawasan dan ide.
Pentingnya wawasan dan pemahaman akan pelanggan menjadi suatu keharusan yang wajib diketahui oleh penjual. Nah, berikut ini ialah 3 jenis pelanggan yang wajib Anda ketahui.

PERTAMA PELANGGAN INTERNAL ( INTERNAL CUSTOMER )

Pelanggan internal ialah orang-orang yang berada di dalam perusahaan maupun organisasi itu sendiri. Misal, customer service ialah pelanggan bagi perusahaan yang harus dipuaskan dengan memperlihatkan gaji, penghargaan serta menerima kesempatan untuk berkembang dan berprestasi.
Supaya bisa memperlihatkan pelayanan yang prima, kepentingan karyawan harus diperhatikan. Mereka tidak mungkin bisa memperlihatkan yang terbaik dan melaksanakan pekerjaan dengan segenap hati, sementara mereka menerima perlakuan yang tidak baik dan tidak menyenangkan dari perusahaan daerah ia bekerja. Sama menyerupai end user, karyawan juga memiliki kebutuhan, keinginan dan impian akan pelayanan yang baik dari perusahaan.

KEDUA PELANGGAN ANTARA ( INTERMEDIATE CUSTOMER )

Pelanggan ini hanya bertugas sebagai perantara sebagai mediator pemakaian user, menyerupai dokter, dokter gigi dan apoteker. Dalam hal ini kapasitasnya hanya memperlihatkan saran dan memengaruhi dan penentu utama yang terbaik bagi end user.

KETIGA PELANGGAN EKSTERNAL ( EXTERNAL CUSTOMER )

Pelanggan ini ada pembeli atau pemakai simpulan dari suatu produk. Misal dalam dunia clothing, mereka ialah pembeli yang akan membayar tshirt yang akan digunakannya. Ada kemungkinan juga pelanggan eksternal dilayani oleh teman, saudara, sahabat yang bekerja di distro clothing tersebut yang bertindak sebagai buyer untuknya.

Tujuan urusan ekonomi ialah untuk kepentingan pelanggan diatas dan mereka harus terpuaskan dengan layanan produk Anda. Anda juga harus memiliki kemampuan untuk menempatkan diri pada posisi pelanggan ( empati ). Mereka yang mengabaikan perubahan dan terus mengulangi cara lama akan mudah sekali mengalami kegagalan. Sukses di dapat alasannya ialah adanya pembiasaan internal terhadap perubahan yang ada.

Pelanggan yang merasa terpuaskan ialah pengiklan yang paling efektif. , Philip Kotler


1 Orang yang puas dengan layanan produk Anda akan menceritakan kepada 5 orang di sekitarnya, begitu juga dengan 1 orang yang kecewa dengan layanan produk Anda, ia akan menceritakannya kepada 10 orang terdekatnya. Dengan demikian, layanan yang buruk akan berjalan lebih cepat dibandingkan dengan layanan yang baik.

0 Response to "3 Jenis Pelanggan Yang Harus Anda Ketahui !"