Top Blogger Gallery atau Blogger Public Gallery adalah kumpulan tutorial tentang blogger, youtober, seo, optimalisasi blog serta web yang dikumpulkan jadi 1 dalam blog ini

Jasa Pengiriman

Ads Here

5 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Para Pebisnis


5 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Para Pebisnis

5 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Para Pebisnis

Ada banyak pertanyaan dari calon pebisnis, pebisnis pemula, atau bahkan pebisnis yang sudah sukses sekali pun. Dan biasanya pertanyaannya selalu sama:

1. Saya mau buka urusan ekonomi tapi ga punya Ide.
2. Saya mau wirausaha tapi takut gagal.
3. Saya mau buka perjuangan tapi ga punya modal.
4. Saya sudah Action, tapi koq belum berhasil ya ?
5. Saya sudah berhasil, tapi kenapa berasa ada yang kurang ?

Jika diantara ke 5 pertanyaan diatas ada yang sesuai dengan pertanyaan Anda, maka Anda perlu membaca ini hingga selesai.

Berikut yaitu tanggapan untuk ke 5 pertanyaan diatas:

1. Ga Punya Ide.

Coba pergilah ke pasar, mal, sentra keramaian, lihatlah sosial media, atau searching di google. Apa yang orang-orang perlukan atau apa yang sedang tren ketika ini ? Ikuti, Amati, Tiru dan Modifikasi.
Bisnis pertama jangan terlalu idealis, nanti hilang momentumnya. Cari urusan ekonomi yang bisa direalisasikan segera. Jangan memilih jenis urusan ekonomi yang membuat Anda banyak alasan untuk menunda atau tak memulainya.

2. Takut Gagal.

Takut klo perjuangan bangkrut, takut klo jualannya ga laku, takut klo bisnisnya rugi.
Tenang saja rejeki Tuhan PASTI CUKUP.
“Dan tidak ada satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Tuhan rezekinya.” [QS Hud (11): 6].

Bagi Anda yang ketika ini belum mulai jadi pengusaha, Kunci dari membuka perjuangan hanya 1, yaitu BERANI. Ditahap ini Anda tidak perlu membekali diri Anda dengan banyak ilmu, kecuali KEBERANIAN.

3. Ga Punya Modal.

Setiap pengusaha pemula kalau ingin membuka perjuangan biasanya masalahnya cuma 3, modal, modal dan modal. Klasik ya.

Kita selalu menganggap MODAL itu berupa UANG. Padahal IDE, KEAHLIAN, bahkan KREDIBILITAS pun bisa jadi MODAL.

Oke, sekarang misal Anda sudah punya ide, keahlian, dan kredibilitas yang baik. Lalu anda masih mengatakan butuh modal uang untuk membuka bisnis. Maka saran saya yaitu mulailah membuka urusan ekonomi dari apa yang Anda punya sekarang. Anda bisa mulai dari halaman rumah, garasi, mulai dengan laptop dan handphone yang ada ditangan, apa pun modal yang Anda punya.

Selanjutnya kalau Anda ingin membesarkan bisnis, Anda bisa memilih diantara 2 cara ini, 1) Besarkan dengan kemampuan urusan ekonomi Anda sendiri (pelan tapi pasti) atau 2) cari investor. Saya sama sekali tidak menyarankan untuk hutang bank atau pun riba. Jika Anda butuh modal uang untuk membuatkan bisnis, Anda bisa mencari investor. Buat dengan sistem bagi hasil. Ingat, bahwa bagi hasil itu dari profit, bukan dari modal.

4. Sudah Action, tapi Kenapa Belum Berhasil.

Banyak sekali Motivator mengatakan bahwa kunci dari sukses yaitu ACTION! Kurang lebih, begini bunyinya…

- "Udah, jangan kebanyakan mikir, action aja!"
- "Alah, kau nanya mulu. Udah action belum?"
- "Buka urusan ekonomi tuh gak usah banyak teori, yang penting action!!"
- " dan sejenisnya".

Apakah salah?

Tidak.

Kenapa?
Pertama, salah satu peran mereka yaitu MENGOMPORI. Tak apa, emang tugasnya begitu. Tinggal kitanya saja sebagai akseptor pesan semoga lebih bijak dalam merespon: apakah pribadi ujug-ujug terkompori atau bagaimana?

Kedua, khusus untuk yang belum mulai urusan ekonomi sama sekali, mereka memang harus didorong untuk ACTION. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, untuk membuka urusan ekonomi kuncinya yaitu di KEBERANIAN. Kalau kebanyakan rencana dan itung-itungan, nanti malah nggak buka-buka. Karena banyak kekhawatiran dan ketakutan.

Ketiga, untuk membesarkan urusan ekonomi diperlukan ILMU. Disinilah pentingnya mencar ilmu dari orang yang berpengalaman, entah itu melalui Seminar atau Training, maupun dari buku. Buka urusan ekonomi itu dengan keberanian, kemudian besarkanlah dengan ILMU.

Keempat, sukses tidaknya kita bukan dari apa yang kita mulai, melainkan dari apa yang kita selesaikan.

Guru Saya pernah bilang, bahwa kunci utama semoga urusan ekonomi itu berhasil yaitu DISIPLIN. Maksudnya?

- Disiplin dengan target atau goal yang sudah ditetapkan
- Disiplin dengan tugas-tugas yang harus dikerjakan
- Disiplin dalam menjalankan Strategi yang digunakan
- dan lain-lain

“Keberanianlah yang akan membuka jalan. Tapi KONSISTENSILAH yang akan MENYELESAIKANNY
A.”

5. Sudah Sukses, tapi Kenapa Hidup Masih Belum Tenang.

Bisnis itu hanya sekedar jalan (wasilah) supaya kita bisa lebih erat kepada Allah, dan bermanfaat lebih besar untuk ummat.
Segala sesuatu yang mendekatkan kita kepada Allah, itu yaitu anugrah. Tapi segala sesuatu yang menjauhkan kita dari Allah, itu yaitu musibah.

Lalu, urusan ekonomi kita ini anugrah atau petaka ?

Jika urusan ekonomi membuat kita lalai dalam shalat, tidak sempat membaca Al-Qur’an, selalu merasa kurang, sibuk mengejar dunia dan lupa mempersiapkan akhirat, maka itu tandanya kita sedang tertimpa musibah.

Tapi kalau urusan ekonomi membuat kita makin erat kepad Allah, makin erat dengan keluarga, semakin bermanfaat untuk ummat, itu artinya kita sedang menerima anugrah.

Bukan soal banyaknya harta, tapi berkahnya. Tanda dari rezeki yang berkah yaitu bertambah kebaikannya. smile emotikon

No comments:

Post a Comment