Tahapan memasuki dunia internet marketing

Tahapan memasuki dunia internet marketing

Tahapan memasuki dunia internet marketing

Dirangkum oleh Soekowati Dwi Fitrianthi dari Webinar Langkah Awal Memasuki Dunia Internet Marketing.

Ketika memilih untuk terjun ke dunia internet marketing, banyak orang yang kebingungan harus mulai mempelajarinya darimana. Bramantya Farid Prakosa selaku owner SEO Academy dan Founder J-Fleece akan menyebarkan ilmu mengenai bagaimana langkah awal untuk memasuki dunia internet marketing.

LATAR BELAKANG 

Bram mulai berkecimpung di dunia internet marketing semenjak November 2009. Asam garam dunia internet marketing telah ia rasakan. Awalnya, Bram tertarik untuk masuk ke dunia internet marketing sebab ia memiliki warnet.

Saat itu, Bram telah aktif mengikuti aneka macam seminar. Suatu saat, ia menerima email dari Tung Desem Waringin untuk mengikuti seminar perihal Global Internet Seminar (GIS). Setelah mengikuti seminar itu, ia pun menyadari bahwa hal pertama yang harus dilakukan oleh pemula ialah mencari ilmunya. Akhirnya beliau pun membeli dua course yang bekerjasama dengan SEO dan Twitter. Namun, ia lebih fokus pada bidang SEO.

Keinginannya untuk terjun di dunia internet marketing semakin menggebu, Bram pun meminta pinjaman kepada orangtuanya untuk meminjam modal. Ia menerima pinjaman dari orangtuanya sebanyak 80 juta, hasil dari menjaminkan ruko. Namun balasannya malah terlilit hutang lebih dari 100 juta pada bank.

Itu yang membuat Bram terpicu. Selama 2 tahun pertama, ia berguru SEO selama 15 jam sehari. Target awalnya ialah menerima $100 pertama. Ia berniat untuk pergi ke Singapura setelah targetnya tercapai. Ternyata setelah 22 hari, targetnya pun tercapai. Ia menerima $70 pertamanya dari Pay.com.

Meskipun sering mengalami jatuh bangkit pada tahun-tahun pertama, Bram bertekad untuk tidak akan pergi dari jalur SEO sebelum sukses. Dalam masa-masa itu, Bram pernah mengikuti freelancing untuk menerima uang secara konsisten. Pada waktu itu, ia bekerja secara online di vworker (sekarang freelance.com).

Di waktu senggangnya, Bram selalu menyaksikan video-video Asian Brain milik Anne Ahira. Di dunia internet marketing, Anne Ahira ialah orang yang paling berjasa. Anne Ahira meletakkan fondasi yang sangat basic. Itulah sesungguhnya kunci utama untuk memasuki dunia internet marketing, pelajari dari hal yang paling dasar.

Beberapa bulan setelah itu, Bram membuat perusahaan pertamanya yang bergerak di bidang penjualan jaket online. Perusahaan online yang didirikan pada 22 Mei 2010 itu diberi nama J-Fleece. J-Fleece didirikan oleh Bram bersama dengan teman-temannya. Dari situ Bram gres mencicipi kenikmatan terjun ke dalam dunia internet marketing. Dari sana juga Bram mulai fokus mendalami dunia SEO expert. Mulai tahun 2011 Bram mulai mengikuti kontes-kontes SEO online, baik di dalam maupun luar negeri. Bahkan pada tahun 2012, ia menjuarai SEO tingkat dunia yang diadakan Shiree Odiz, Amerika Serikat.

PELAJARAN TRAFFIC Traffic generation ialah cara mendatangkan pengunjung. Setiap bisnis, baik online maupun offline tentu membutuhkan pengunjung. Prinsip dasarnya, tanpa kehadiran pengunjung, urusan ekonomi apapun pasti akan mati.

Cara mendatangkan pengunjung terbagi menjadi dua bagian, yaitu free traffic dan paid traffic. Free traffic ialah cara mendatangkan pengunjung tanpa membutuhkan modal, alias gratis.

Sementara paid traffic ialah cara mendatangkan pengunjung dengan cara bayar. Beberapa free traffic diantaranya ialah SEO, iklan di iklan baris gratis, promo di grup facebook gratisan, dan listing di marketplace gratisan. Ada kelemahan dan kelebihan yang ditawarkan oleh free traffic. Kelemahannya ialah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menghasilkan. Namun kelebihan menggunakan free traffic ialah menghasilkan long lasting traffic. Artinya, ketika telah menjadi nomor 1 di Google, Anda mampu bertahan lama, hitungan bulan atau bahkan tahun. Berbeda dengan paid traffic. Ketika Anda menghentikan iklan, otomatis trafficnya pun akan berhenti. Intinya, Anda akan menerima passive income dari free traffic.

Sejauh ini, belum ada free traffic yang memiliki Return On Investment (ROI) lebih dari SEO. Di dalam SEO, ada yang ROInya lebih dari 1000% bahkan lebih. Misalnya, Anda mengeluarkan modal 5 juta. lalu Anda mampu menerima 5 juta per bulan. Maka ROInya ialah 12x lipat dari modal yang diinvestasikan. Namun, prosesnya akan jauh lebih lambat. Karena Anda perlu mengolah artikel terlebih dahulu untuk mampu ‘nangkring’ di Google. Sementara untuk paid traffic, yang paling popular ialah Facebook Ads dan Google Adwords. Kelebihan dari paid traffic ialah speed. Misalnya di Facebook Ads Anda perlu membayar Rp 100.000 untuk iklan dan Anda mampu menerima 1.000 visitor selama satu hari atau bahkan mampu lebih dari itu. Lebih cepat bila dibandingkan dengan SEO.

Kedua ialah scalable atau mampu dibesarkan secara mudah.
Walaupun masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, jangan coba-coba untuk menggabungkan keduanya untuk menerima hasil yang maksimal. Karena semua itu totally not work. Apalagi untuk para pemula. Lebih baik, pilih salah satu dan fokuskan hingga menjadi master.

PELAJARAN MONETIZING Monetizing ialah cara menerima uang. Di dalam monetizing ada yang disebut dengan penawaran. Biasanya orang yang mempelajari internet marketing berharap untuk mampu menerima uang dari apa yang ia kerjakan. Berikut ini ada beberapa jenis-jenis monetizing yang mampu Anda pilih.

Jenis-Jenis Monetizing

1. Afiliasi Pay Per Click Afiliasi Pay Per Click ialah agenda afiliasi yang akan dibayar setiap ada orang yang klik iklan. Adsense merupakan salah satu monetizing paling popular bahkan hingga sekarang. Sebuah website biasanya menyediakan space iklan untuk disewa. Pemilik web akan menerima royalty ketika ada orang yang mengklik iklan tersebut. Tapi di Indonesia, bayaran masih sangat murah. Misalnya untuk menerima Rp 100.000, Anda harus menerima 1.000 klik. Artinya, traffic yang harus Anda peroleh kurang lebih sebanyak 10.000 per hari.

2. Afiliasi Pay Per Sale Afiliasi pay per sale salah satunya mampu Anda dapatkan di Click Bank ialah sebuah marketplace untuk produk digital. Produk yang dijual sangat beragam, menyerupai kursus gitar, kursus untuk mengecilkan perut, tutorial menari, tutorial semoga kekal muda dan masih banyak lagi. Ada juga yang hanya sebagai affiliate, tugasnya ialah mendatangkan pengunjung (traffic) ke website. Anda akan menerima payment ketika ada orang yang membeli produk tersebut.

3. Afiliasi Pay Per Lead Booking.com ialah salah satu website yang menunjukkan agenda pay per lead. Anda akan dibayar ketika ada pengunjung yang valid. Maksud valid di sini ialah ketika pengunjung mendaftar atau melaksanakan booking pada website tersebut.

4. Jual produk fisik Banyak produk fisik yang mampu Anda jual, menyerupai di lokal indo. Di sini Anda mampu menjual baju, jam, atau produk fisik lainnya.

5. Jual jasa lewat marketplace Fiverr merupakan salah satu website outsourching yang menjual jasa. Jasa atau barang yang dijual di sini biasanya minimal berharga $5. Anda mampu menjual skill Anda di sini.

6. Jual produk digital Produk digital yang dimaksud ialah software. Beberapa website yang menjual produk-produk digital antara lain jvzoo, ratakan (dari Indonesia), dan warriorplus.

CARA MENENTUKAN PILIHAN 

Setelah mempelajari perihal traffic dan monetizing, kini saatnya bagi Anda untuk menentukan pilihan. Bagaimana cara menentukan pilihan? Ada 4 hal utama yang mampu Anda tanyakan pada diri sendiri atau Anda juga mampu membuat modul pertanyaan sendiri.

1. Skill Pertanyaan pertama yang perlu Anda jawab ialah “Skill apa yang ingin Anda kuasai?”. Hakikatnya, insan ingin mampu mempelajari segala hal. Namun, akan lebih baik jikalau Anda fokus pada satu bidang dan memperdalam ilmunya pada bidang itu sehingga Anda menjadi expert dalam bidang tersebut.

2. Resource Setelah Anda menentukan skill apa yang ingin Anda kuasai, Anda perlu mencari orang yang hebat di bidang tersebut. “Adakah orang di sekitar Anda yang hebat di bidang tersebut?” Mengapa Anda harus mempelajari hal tersebut dari ahlinya? Karena the best way is learn from the expert. Anda akan menerima sesuatu yang lebih cepat ketika Anda mempelajari suatu bidang eksklusif dari ahlinya.

Jika Anda sulit menemukan orang yang expert di bidang tersebut, mulailah dengan mencarinya di Google atau Youtube. Dari sana Anda akan menerima jawabannya. Anda mampu menemukan orang yang Anda cari. Selain itu, Anda juga mampu mulai memasuki komunitas yang memiliki passion yang sama dengan Anda. Saat bergabung dengan komunitas ‘sejenis’, Anda mampu menimba banyak ilmu bermanfaat yang mampu membantu Anda meningkatkan skill di bidang yang ingin Anda masuki tersebut.

3. Waktu Pertanyaannya ialah “Berapa lama waktu yang Anda punya untuk mempelajari hal tersebut?” Waktu tentu sangat kuat terhadap cepat lambatnya Anda memahami sesuatu. Sebaiknya Anda luangkan setidaknya 2 jam sehari untuk mempelajari bidang yang telah Anda pilih tersebut.

4. Budget Jika ingin menjadi expert, tentu Anda harus mengeluarkan budget yang besar. Pertanyaannya ialah “Berapa banyak budget yang Anda miliki?” Karena budget mampu menyesuaikan dengan kebutuhan dan harapan Anda.

PILIHAN UNTUK TRAFFIC GENERATION

Dari sekian banyak pilihan bidang internet marketing, menyerupai SEO, iklan baris, listing marketplace, Facebook Ads dan Google Adwords, pilihlah salah satu bidang dalam satu waktu dan fokus pada bidang tersebut. Anda mampu memilihnya berdasarkan beberapa pilihan berikut.

1. Pilih berdasarkan waktu Jika Anda memiliki banyak waktu luang, Anda mampu memilih untuk menjalankan free traffic atau paid traffic sesuai dengan harapan Anda. Namun, ketika budget tidak mendukung, sebaiknya Anda mulai dari free traffic, menyerupai SEO, iklan baris, atau listing marketplace.

2. Pilih berdasarkan budget Jika Anda memiliki budget yang cukup, sebaiknya Anda memilih bidang internet marketing paid traffic. Dengan demikian, Anda akan menerima hasil yang lebih cepat.

3. Pilih berdasarkan kenyamanan Ketika dari awal Anda sudah tertarik pada satu bidang internet marketing tertentu, maka dalami bidang tersebut. Biasanya ketika Anda telah merasa nyaman pada bidang tersebut, maka Anda akan menjalankannya dengan maksimal.

4. Pilih berdasarkan resource yang ada Jika Anda ingin memanfaatkan resource yang ada, Anda mampu menyesuaikan pilihan Anda dengan resource tersebut. Misalnya, ada sahabat Anda yang hebat di bidang Facebook Ads, maka Anda mampu memilih Facebook Ads sebagai bidang yang Anda selami.

PILIHAN UNTUK MONETIZING

1. Pilih berdasarkan profit margin Di awal, pilihlah produk yang keuntungan minimalnya Rp 50.000. Dengan demikian, Anda tidak perlu menjual produk terlalu banyak. Misalnya, target Anda ialah menerima Rp 10 juta. Dengan menjual 200 produk saja, Anda akan menerima keuntungan Rp 10 juta. Namun, jikalau Anda menjual produk dengan keuntungan Rp 1.000, berapa banyak produk yang harus Anda jual?

2. Pilih berdasarkan stok Banyak orang yang mengawali monetizing dari sistem dropshipping. Permasalahan yang seringkali timbul dari sini ialah kehabisan stok. Misalnya order sedang meningkat, awalnya 20 pieces sehari menjadi 50 pieces. Namun stok barang tersebut habis, tentu pelanggan Anda akan kecewa. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menanyakan dulu kepada vendor apakah mereka memiliki stok yang banyak atau tidak.

3. Pilih berdasarkan market Seberapa besar market yang dituju? Sebaiknya pilih produk yang memiliki market yang luas. Hal ini tentu akan membuka peluang yang lebih besar.

4. Pilih berdasarkan resource Siapa yang Anda kenal? Misalnya Anda akrab dengan orang yang menguasai Click Bank, maka Anda mampu masuk ke dalam komunitas Click Bank dan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan Click Bank. Meskipun pada balasannya Anda mampu mencoba aneka macam monetizing lainnya.

CARA MEMPERCEPAT LEARNING CURVE

1. Pilih guru yang tepat.
2. Memperbanyak jam terbang di 1 traffic generation dan 1 monetizing dalam 1 waktu. Pada umumnya hal ini identik dengan spend banyak waktu atau spend banyak uang atau keduanya.
3. Berkumpul dengan orang-orang yang 1 visi atau expert.
4. Praktek lalu direview - Praktek lalu direview - Praktek lalu direview – hingga berhasil. “Ga ada magic tricks, yang ada hanya kerja keras dan cerdas” – Bramantya Farid

Kalau bermanfaat silahkan dishare.

0 Response to "Tahapan memasuki dunia internet marketing"