Menghadapi Algoritma Terbaru Google Mobilegeddon 2015

Sebelumnya google sudah beberapa kali merubah algoritma mesin pencarinya, kemudian tanggal 21 april 2015 lalu, untuk kesekian kalinya google resmi meluncurkan kembali algortima terbaru dengan nama mobile-geddon, dari namanya sudah dapat dipastikan bahwa algoritma ini sepertinya ada sangkut pautnya dengan perangkat mobile, ternyata memang benar algoritma ini memang dikhususkan untuk memberi label perangkat mobile suatu halaman blog atau situs, dengan cara memasukan faktor mobile friendly sebagai salah satu google rangking faktor yang dapat menilai pantas tidaknya situs anda menempati posisi terbaik mesin pencari.

Menghadapi Algoritma Terbaru Google Mobile-geddon bagi seorang blogger yakni sebuah tantangan yang harus dihadapi supaya blog mampu tetap bertahan di posisi terbaik hasil pencarian mesin pencari google (SERP), Informasi yang beredar kabarnya efek yang ditimbulkan algoritma terbaru google ini cukup terasa, beberapa situs yang tadinya mampu menempati posisi pertama mesin pencari hilang atau beralih ke urutan posisi bawah sampai tidak sedikit yang mengalami penurunan trafik blog atau situs sampai 11%-25%.

Sebenarnya google sendiri sudah mempersiapkan ini semenjak jauh-jauh hari, ini jawaban dampak dari banyaknya pengguna perangkat mobile yang menggunakan perangkat mobile untuk berinternet, bahkan ketika ini penggunaan perangkat mobile hampir sebanyak pengguna personal komputer, untuk menunjukkan pengalaman terbaik, kemudian menunjukkan hasil pencarian terbaik, relevan dan sesuai dengan perangkat yang mereka gunakan pada balasannya google meluncurkan algoritma terbarunya. tujuannya tentu saja untuk memaksa supaya setiap blog atau situs menjadi mobile friendly, jikalau tidak maka dapat dipastikan blog atau situs tersebut akan sulit ditemukan mesin pencari.

Berbicara mengenai mobile friendly, apa bahwasanya mobile friendly, mungkin saja tidak sedikit dari anda belum memahami apa itu mobile friendly? mobile friendly yakni situs responsive dimana tampilan halaman situs atau blog dapat menyesuaikan dengan lebar layar perangkat penggunanya, jikalau pengguna menggunakan perangkat mobile ibarat hp, tablet dan perangkat mobile lainnya yang notabene memiliki lebar layar yang sempit dan terbatas, maka halaman situs harus mampu menyesuaikan dengan lebar layar perangkat tersebut, jadi jikalau situs anda sudah memenuhi kriteria tersebut berarti situs anda sudah memenuhi situs mobile friendly.

Menghadapi Algoritma Google mobile-geddon

Bagaimana kita menghadapi algoritma mobile-geddon? Cara terbaik untuk menghadapi google mobile-geddon yakni menyiapkan  tampilan blog responsive atau mobile friendly, bahwasanya sebelum diluncurkannya algoritma mobile-geddon, template blog terutama template blog untuk flatform blogspot maupun wordpress rata-rata sudah didesain responsive sehingga  memiliki sifat mobile friendly, tujuannya yakni alasannya yakni banyak pengguna internet yang menggunakan perangkat mobile, sehingga jikalau situs atau blog diakses menggunakan perangkat mobile, maka tampilan blog atau situs mampu menyesuaikan dengan lebar layar perangkat mobile tersebut, ternyata inovasi para blogger tidak sia-sia setelah diluncurkannya algoritma terbaru google mobile-geddon ini.

Jika template blog anda sudah responsive atau mendukung perangkat mobile, berarti anda mampu bernapas lega, anda tidak usah repot-repot untuk memodifikasi template blog atau situs yang anda miliki dan dapat dipastikan template blog anda akan sesuai dengan prosedur algoritma mobile-geddon terbaru ketika ini, namun jikalau belum segeralah untuk mengaktifkan tampilan mobile friendly untuk blog atau situs anda, jikalau dibiarkan mampu dipastikan trafik blog anda lambat laun akan merosot.

Apakah Blog anda sudah mobile friendly?

Untuk dapat memastikan blog anda sudah mendukung perangkat mobile, salah satu caranya yakni silahkan jalan masuk menggunakan perangkat mobile yang anda miliki, apakah tampilan blog sudah mampu menyesuaikan dengan layar perangkat mobile yang anda gunakan.

Atau anda mampu menggunakan cara praktis, yaitu silahkan anda cek menggunakan tool khusus milik google untuk mendeteksi blog mobile friendly. Silahkan gunakan situs dibawah ini:
https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/
 Jika blog anda tidak mendukung mobile friendly, maka segeralah beralih ke template responsive dengan cara memodifikasi atau mengganti template blog anda supaya blog anda mobile friendly, sehingga mampu bertahan diposisi terbaik mesin pencari google.

Demikian isu sederhana tentang  Cara Menghadapi Algoritma Terbaru Google Mobilegeddon 2015, semoga mampu menambah pengetahuan anda yang membacanya.


0 Response to "Menghadapi Algoritma Terbaru Google Mobilegeddon 2015"