4 Tips Mendapatkan Backlink dengan Blogwalking

4 Tips Mendapatkan Backlink dengan Blogwalking untuk pemula - Backlink merupakan bab dari 200+ google ranking faktor yang hingga ketika ini masih menjadi salah satu faktor penentu yang cukup significan untuk meningkatkan rangking halaman situs dihasil pencarian, untuk mendaptkan backlink memang bukan perkara mudah, perlu waktu, tenaga dan tentunya strategi, aneka macam cara yang bisa kita tempuh supaya blog memiliki backlink salah satu cara yang boleh dibilang paling mudah diantara banyak cara  yaitu melalui blogwalking yang benar.

Sebenarnya banyak manfaat yang kita peroleh dengan blog walking, beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Menjalin kekerabatan atau silaturahmi antar sesama blogger sehingga bisa saling mengenal dan saling berkunjung.
2. Mendapatkan backlink
3. Meningkatkan trafik
4. Meningkatkan sitebranding

Jika cara blog walking yang kita tempuh sempurna maka bukan hanya backlink saja yang akan kita peroleh namun melalui blogwalking kita dapat menjalin kekerabatan dengan sesama bloger sehinga berpotensi meningkatkan trafik ke blog yang kita meliki baik dari sipemilik blog yang bersangkutan maupun blogger lain yang kebetulan tertarik dengan komentar bernilai anda sehingga trafik blog anda juga akan lebih baik.

Cara menerima backlink melalui blogwalking


Lantas blog walking menyerupai apakah yang harus kita lakukan supaya menerima ke 3 manfaat diatas?

Perlu anda ketahui taktik blog walking untuk menerima backlink, bukan hanya sekedar berkomentar saja pada blog yang anda kunjungi kemudian meletakan link didalam komentar maupun di nama komenterator, namun satu hal yang paling penting yaitu anda harus memperhatikan kualitas artikel postingan yang anda kunjungi, juga yang tidak boleh dilupakan yaitu anda harus memperhatikan kualitas komentar yang anda masukan.

Ketika anda memutuskan untuk melaksanakan blogwalking untuk menerima backlink satu hal yang harus anda prioritaskan yaitu relevansi artikel yang disajikan, sebaiknya anda mencari blog-blog yang memiliki topik yang sama dengan blog anda, untuk menemukan blog yang relevan dengan artikel blog anda, sehingga kualitas backlink dan juga potensi anda terjaring spam bisa diminimalisir.

Tips Cara Melakukan blog walking untuk menerima baclink

Melalui artikel kali ini saya akan coba berikan tips bagaimana cara menerima backlink melalui blog walking dengan cara komentar di blog (blog commenting) sehingga anda menerima backlink dari blog tersebut.

Jika anda kebetulan belum memahami apa itu backlink, silahkan anda baca:
Apa itu backlink dan bagaimana cara membangunnya

1.  Cari Blog yang berkualitas baik untuk berkomentar

Langkah pertama yaitu anda harus bisa menemukan blog yang relevan dengan blog anda, kalau blog yang anda bahas memiliki topik wacana keuangan dan bisnis online maka anda juga harus menemukan blog dengan reputasi yang baik untuk anda komentarai sekaligus menerima backlink dari blog tersebut.

Semakin relevan blog yang anda komentari semakin baik backlink yang akan anda dapatkan.
Beberapa karakteristik blog yang mengagumkan untuk dikometari selain memiliki relevansi yaitu sebagai berikut:

a. Bisa dikomentari
Iya dong,....Yang utama yaitu blog tersebut harus bisa dikomentari.

b. Memberlakukan Moderasi Komentar,
Blog yang memberlakukan moderasi komentar biasanya selektif dan selalu menghindari komentar spam, sehingga blog tersebuttidak berpotensi dianggap blog spam oleh google.

c. Di dominasi oleh komentar bermakna dan relevan
Anda bisa lihat apakah kmentar yang diterbitkan pada blog tersebut berkualitas, kalau komentar relevan dan memiliki kualitas aka blog tersebut yaitu blog yang baik untuk menanam backlink.

d. Memiliki pagerank yang baik
Salah satu pilihan yaitu blog tersebut memiliki page rank yang baik, anda bisa gunakan plugin seoquake toolbar  atau mozbar plugin untuk menerima informasi lebih mudah mengenai pagerank blog tersebut ketika anda mengunjungi blog yang bersangkutan.

Pagerank ketika ini memang sudah mati dan tidak diupdate lagi oleh google, namun blog yang sudah memiliki pagerank sebelumya akan tetap memiliki pagerank.

e. Dofollow atau nofollow tidak masalah.
Anda bisa memprioritaskan blog yang memberlakukan link dofollow namun kalau nofollow pun tidak duduk perkara backlink dari blog dofollow maupun nofollow keduanya ikut andil menghipnotis rangking halaman dihasil pencarian google.

f. Pemilik blog masih aktif
Yang berikutnya yaitu pemilik blog masih aktif, bisa kita lihat dengan postingan secara berkala, dan komentar yang selalu direspon.

Bagaimana cara mudah menemukan blog yang sempurna untuk dikomentari?
 
Untuk menemukan blog dengan kriteria tertentu kalau dilakukan secara manual tentu akan memakan waktu yang lama, cara terbaik yaitu menggunakan tool khusus, salah satu tool yang cukup populer yaitu dropmylink, tool ini akan membantu anda menemukan blog-blog yang sempurna dan sesuai dengan kriteria blog yang diingkan secara lebih mudah.

Silahkan anda kunjungi situs dropmylink.com
Kemudian lakukan registrasi dengan memasukan email anda
kemudian buat password.
Setelah masuk anda akan melihat tampilan kurang lebih menyerupai gambar dibawah ini:

Untuk menerima blog yang ingin anda komentari untuk meletakan backlink, silakan anda masukan  kata kunci di kotak "Enter yout keyword or Nice...", pilih kategori pilih juga footprint, kemudian tekan tombol "Search", drop mylink akan membantu anda menemukan blog yang cocok dengan kriteria pencarian yang anda inginkan untuk anda komentari.

2. Jadilah kometator pertama

Jadilah komentator pertama pada setiap artikel relevan yang anda kunjungi, meskipun tidak selalu harus, namun ini bisa menjadi salah satu cara untuk menerima peluang komentar bernilai yang anda tanam selalu terbaca oleh pemilik blog maupun pengunjung blog yang bersangkutan, semakin sering terbaca maka kemungkinan pembaca mengunjungi blog anda akan semakin baik, apalagi komentar anda berharga dan mengandung pesan yang membuat penasaran pembaca untuk mengunjungi blog anda.

Ada beberapa cara supaya anda menjadi komentator pertama, yang pertama anda harus rajin mengunjungi blog-blog yang se niche dengan blog anda, atau anda bisa berlangganan pada blog yang relevan dengan blog anda melalui akomodasi email subcriber yang disediakan oleh blog tersebut, dengan menjadi subcriber blog tersebut maka setiap kali artikel gres diterbitkan maka informasinya bisa eksklusif hingga kepada anda melalui pemberitahuan email.

dari kedua cara diatas salah satu cara yang cukup efektif yaitu menggunakan google alert, terlihat menyerupai gambar dibawah ini:

google alert index artikel

 Anda bisa memasukan beberapa kata kunci relevan dengan blog anda pada kotak isian "Create an alert about...."  anda bisa menekan enter untuk melihat blog-blog yang memiliki artikel dengan kata kunci tersebut, atau tekan tombol create Alert, untuk menyimpan kata kunci tersebut.

Anda juga bisa menyetel pilihan opsi disamping tombol create alert, silahkan anda coba otak-atik sendiri untuk memanfaatkan akomodasi pada google alert.

google alert akan membantu menemukan blog dengan kata kunci yang anda masukan, kalau dikemudian hari bot google melaksanakan index terhadap artikel gres dan artikel tersebut memiliki kata kunci sesuai dengan yang anda seting di google alert, maka google alert akan menawarkan informasi melalui email.

3. Letakan link di komentar yang anda buat

Langkah berikutnya, supaya blog walking yang anda lakukan bisa membuahkan backlink maka anda harus meletakan komentar pada komentar yang anda buat.

Ada beberapa alternatif untuk meletakan link pada komentar, diantaranya :

-Bisa diletakan didalam komenter dan bisa diletakan di nama komentator, namun sayangnya backlink yang diletakan didalam komentar kadang tidak dikehendaki oleh si pemilik blog alasannya selalu dijadikan ajang spam oleh blogger yang kurang bertanggung jawab,

-Bisa meletakan link didalam nama komentator pada blog tersebut, untuk blogspot bisa memilih jenis komentar openId atau Name/URL, untuk wordpress anda bisa letakan link di input untuk website.

a. Berkomentar di Blog berflatform Blogspot

Untuk meletakan link di komentar blogspot anda bisa menggunakan jenis komentar, Name/URL dan juga OpenID, kedua tipe komentar tesebut bisa anda gunakan untuk meletakan link ke blog anda yang relevan dengan topik pada blog yang anda baca.

Mendapatkan backlink dari blogspot

Kok ketika berkomentar menggunakan open ID selalu error, kalau terjadi error solusinya anda bisa baca:
Solusi Error komentar OpenID

Apakah tidak akan dianggap spam oleh google?

Bisa iya bisa juga tidak, blogger menyediakan akomodasi tersebut untuk digunakan bukan!, spam dan tidaknya tergantung dari si penggunanya, untuk meminimalisir terjadinya spam, jangan terlalu sering menggunakan teknik menyerupai ini,  cari artikel yang memang relevan dengan blog yang anda bahas, kemudian masukan komentar sangat relevan, informatif dan bernilai , silahkan masukan komentar usahakan lebih dari 2 baris dengan isi yang informatif, bisa berupa saran, tambahan, masukan, tanggapan, pernyataan atau pertanyaan itu akan lebih baik.

Hindari berkomentar basa busuk yang tidak ada nilainya sama sekali, alasannya komentar menyerupai itu bisa dianggap spam, baik oleh pemilik blog maupun oleh google.

b. Berkomentar di Blog Berflatform Wordpress.

Cara paling mudah membangun backlink melalui blogwalking yaitu berkomentar di blog berflatform wordpress.

Secara default atau bawaan komentar wordpress selalu menyertakan isi komentar, nama, email dan alamat situs, anda bisa mamanfaatkan akomodasi tersebut untuk sekaligus melatakan link ke blog anda melalui input alamat situs pada fasiltias komentar wordpress.

cara menerima backlink dari wordpress


Wah sulit dong kalau harus selalu menginput nama, email dan alamat situs setiap kali berkomentar?

Betul sekali tentu akan memakan waktu, namun kalau ingin lebih efektif anda bisa gunakan plugin browser untuk membantu mempermudah ketika berkomentar di blog berflatform wordpress anda bisa menggunakan plguin easycomment.

Silahkan instalkan di browser anda, kemudian lakukan konfigurasi, dengan memasukan nama, email dan situs anda, setiap kali anda ingin berkomentar di blog wordpress anda bisa aktifkan easycomment maka secara otomatis, nama, email dan website tidak perlu lagi anda isi.

Dengan cara diatas, kalau anda berhasil maka pada umumnya anda akan menerima backlink dari situs yang bersangkutan dan juga dari wordpress.com, backlink yang akan anda dapatkan biasanya nofollow , alasannya kebanyakan blog biasanya memberlakukan link nofollow, ada juga dofollow namun tidak banyak, tetapi jangan khawatir meskipun backlink yang anda dapatkan nofollow, tetap masih bisa menghipnotis peringkat halaman situs dihasil pencarian google.

4. Masukan komentar yang bernilai dan relevan

Tips berikutnya adalah, jangan sekali-kali anda asal-asalan berkomentar misal komentar basa basi  yang tidak bernilai menyerupai " Nice info gan...kunjungi balik" atau menyerupai "Wah sangat informatif sekali gan...berkunjung juga ya"  atau komentar-komentar sejenis lainnya, apalagi ditambah dengan link yang anda sertakan, baik itu di nama komentar maupun di dalam komentar menuju situs yang tidak relevan dengan artikel yang dibahas.

Komentar menyerupai itu akan berpotensi dianggap sebagai komentar spam baik oleh sipemilik blog maupun oleh google dan kemungkinan besar tidak akan dipublish atau diterbitkan sehingga tujuan anda menerima backlink akan sia-sia.


Silahkan buat komentar relevan yang benar-benar bernilai dan informatif, baik untuk si pembaca blog maupun si pemilik blog, silahkan buat komentar lebih dari 2 baris, bisa berupa masukan, tambahan, tanggapan, kritik saran, pernyataan atau pertanyaan, buat serelevan mungkin dan kalau anda menyertakan link didalamnya buat link yang menuju artikel yang memiliki topik yang relevan.

Apakah Dengan Meletakan Link Mati Pada Komentar akan dianggap backlink?

Banyak cara yang ditempuh para blogger ketika berkomentar melalui blogwalking, salah satunya ada yang menggunakan link mati yang dimasukan didalam komentar (hanya sebuah text url dan tidak bisa diklik),  mungkin ada yang beranggapan bahwa itu yaitu cara mereka membangun baclink, timbul pertanyaan apakah link mati yang kita letakan dikomentar akan menjadi backlink?

Menurut saya tidak, alasannya backlink harus bersumber dari sebuah link, kalau bukan sebuah link maka tidak akan dianggap backlink oleh google.

Link mati yang diletakan didalam komentar mungkin tidak akan menjadi sebuah backlink, namun masih tetap memiliki manfaat bisa menjadi sumber trafik dari blog dimana komentar tersebut diletakan.

Saya khawatir dianggap Spam Jika menggunakan Cara ini?

Satu-satunya backlink legal yang dianggap natural dan berkualitas menurut google yaitu backlink yang diletakan didalam artikel relevan oleh sipemilik blog tertentu dan tidak anda minta sama sekali, pemilik blog tertentu meletakan backlink ke artikel anda alasannya mereka menganggap artikel yang anda sajikan bermanfaat, backlink menyerupai itu merupakan backlink natural yang benar-benar berkualitas, namun tentu cara menerima backlink menyerupai itu sangat sulit dan perlu waktu yang lama.

Cara tercepat yaitu membangunnya secara manual.

Semua cara membangun backlink secara manual memiliki potensi spam kalau dilakukan dengan salah dan tidak hati-hati, oleh alasannya itu apapun cara membangun backlink yang anda buat sebaiknya memeperhatikan hal-hal dibawah ini:

a.  Jangan terlalu Sering

Misal dalam 1 hari anda membangun 1.000 backlink ke blog anda, kalau cara membangun backlink anda menyerupai itu sebaiknya dihindari alasannya bisa memicu webspam google.

Saya sendiri membangun backlink menyerupai ini kadang 10 backlink x dalam 1 bulan dan karenanya lumayan.

b. Gunakan Anchor text yang bermacam-macam.

Untuk membangun backlink melalui komentar blog anda bisa gunakan name url atau name email website untuk wordpress, nama akan menjadi anchor text sebagai komentator kalau diklik maka akan menuju situs anda, sebaiknya anda menggunakan nama yang berbeda setiap kali meletakan link ke artikel anda.

c. Variasikan Jenis Link Dofollow juga Nofollow.

Ada 2 jenis backlink, dofollow dan nofollow, sebaiknya anda jangan hanya memburu backlink dofllow saja, coba variasikan dofollow dan nofollow menerima porsi yang sama, ini untuk meningkatkan ke naturalan backlink yang anda bangun.

d. Cari Blog Relevan

Ini yang harus selalu anda ingat, untuk membangun backlink melalui blog walking dengan blog commenting, selalu cari blog-blog yang relevan dengan blog anda.

e. Berikan komentar bernilai dan relevan

Ingat untuk selalu menawarkan komentar bernilai dan relevan, komentar menyerupai ini akan mudah sekali dipublish oleh siempunya blog, sehingga peluang anda menerima backlink melalui blogcomenting akan semakin baik

Bolehkah saya menggunakan Tool Backlink Otomatis 

Ada satu cara untuk memudahkan anda membangun backlink secara otomatis, yaitu dengan menggunakan tool tertentu.

Apakah boleh menggunakan tool semacam itu untuk membangun bacnklink?.

Untuk saya pribadi benar-benar tidak disarankan, alasannya tool menyerupai itu bisa membangun backlink dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang cepat, apalagi tidak memperhatikan relativias blog atau artikel dimana backlink tersebut diletakan, sehingga akan berbahaya dan sangat berpotensi dianggap spam.

Apapun cara membangun backlink secara otomatis lebih baik dihindari.

Penutup

Memang banyak cara yang bisa kita tempuh untuk membangun backlink, salah satu cara yang biasa saya tempuh dan mungkin ini akan berkhasiat sekali untuk blogger pemula alasannya caranya cukup mudah yaitu melalui blogwalking dengan komentar di blog baik blog berflatform blogspot, wordpress atau blog-blog lainnya yang memiliki comment luv.

Demikian 4 Tips Mendapatkan Backlink dengan Blog Walking, semoga bermanfaat.

1 Response to "4 Tips Mendapatkan Backlink dengan Blogwalking"

  1. saya sering melakukan blogwalking ini untuk mendapatkan backlink bahkan mungkin hampir semua backlink saya berasal dari cara ini, yang saya ingin tau apakah mendapatkan backlink dengan satu cara yakni blogwlking saja, baik atau buruk pada peringkat blog kita si SE ?

    ReplyDelete