Cara Menciptakan Form Contact Us Yang Menarik Pada Blog

Cara Membuat Form Contact Us Menarik pada Blog - Contact Us atau Hubungi Kami merupakan sebuah form yang disematkan pada situs atau blog yang berfungsi untuk menjalin komunikasi antara admin dengan para readernya. 

Selain itu, keberadaan halaman khusus yang menyediakan Contact Us pada blog merupakan syarat suplemen guna disetujuinya akun google adsense. Maka, kesempatan kali ini saya gunakan untuk membagikan cara menciptakan form Contact Us yang simple namun menarik dilihat. Berikut tahap-tahap caranya.

Untuk form demonya silakan lihat pada tautan berikut.

Cara Membuat Form Contact Us Menarik pada Blog

1. Silakan menuju ke Jotform. Lalu klik tanda silang di kanan atas untuk memulai menciptakan form. Buat nama filenya. Perlu diketahui, bahwa situs ini tidak mengharuskan penggunanya untuk mendaftar terlebih dahulu. Namun saya sarankan untuk mendaftar biar mendapatkan fasilitas dalam mengelola form-form yang telah jadi.
2. Klik Themes untuk mencari pilihan tema form. Sahabat akan diarahkan ke tab baru. Silakan pilih tema yang sahabat inginkan. Sample tutorial ini memakai tema Extendable envelope. Lalu klik Save changes untuk menyimpannya.
3. Lalu buat formnya. Silakan berkreasi semenarik mungkin pada area pembuatan form ini. Atau sahabat sanggup memalsukan pada gambar berikut.
ara Membuat Form Contact Us Menarik pada Blog Cara Membuat Form Contact Us yang Menarik pada Blog
4. Kemudian style Submit button-nya juga sanggup dirubah ibarat pola berikut.
ara Membuat Form Contact Us Menarik pada Blog Cara Membuat Form Contact Us yang Menarik pada Blog
5. Buat email recipient atau email akseptor pesan pada form tersebut dengan klik sajian Emails pada Setup and Embed. Klik Add new email. Lalu pilih Notifier untuk pemberitahuan email masuk kalau ada yang berkirim pesan.
6. Tulis email penerima. Silakan tulis email sahabat atau email yang nantinya mendapatkan pesan melalui form ini.
7. Gambar di bawah ialah hasil pengaturan pesan email yang masuk. Lalu sehabis semua sudah sesuai yang diinginkan, silakan akhiri dengan Finish.
ara Membuat Form Contact Us Menarik pada Blog Cara Membuat Form Contact Us yang Menarik pada Blog
8. Buat ucapan terima kasih kepada pengunjung sehabis pengisian pesan teks terkirim. Klik sajian Thank You. Lalu akan muncul jendela baru. Silakan buat kata-kata sahabat sendiri melalui Edit Text.
9. Sampai disini bergotong-royong form sudah jadi, namun belum tersemat ke dalam blog. Langkah selanjutnya ialah klik Publish.
ara Membuat Form Contact Us Menarik pada Blog Cara Membuat Form Contact Us yang Menarik pada Blog

10. Pilih Embed. Lalu copy instruksi yang tersedia. Kemudian buka dasboard blogger. Buat halaman gres pada Creat a new page. Paste instruksi yang didapatkan pada area HTML pembuatan halaman. Lalu Publish.

Selamat, sekarang blog sahabat telah mempunyai halaman khusus untuk mendapatkan pesan dari para pengunjung dalam bentuk Form Contact Us.

Demikian tutorial cara menciptakan form contact us pada blog. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika ada yang ingin ditanyakan, sialakan tulis dalam komentar.

0 Response to "Cara Menciptakan Form Contact Us Yang Menarik Pada Blog"