Jasa Pengiriman

Ads Here

Saturday, November 4, 2017

Panduan Membuat Formulir Online dengan Google Form : Lengkap

Formulir atau Form Online yakni sebuah tampilan halaman web berupa akomodasi input yang dapat digunakan untuk memudahkan pengguna dalam menginput atau memasukan data tertentu untuk dikelola dan diproses supaya menghasilkan output yang diingin.

Dulu sebelum adanya google form membuat formulir online barangkali tidaklah mudah, setidaknya anda harus memahami script HTML dan mungkin saja hanya orang-orang tertentu saja yang sanggup membuatnya, namun setelah kehadiran google form, membuat formulir mampu dilakukan dengan sangat mudah sekali, hanya dengan klik sana, klik sini  kemudian ketik, tampilan sebuah halaman form sudah dapat dibuat dengan sangat cepat tanpa harus melibatkan script atau bahasa pemrograman sama sekali.

Google memang sangat luar biasa, alasannya yakni hampir semua yang dibutuhkan oleh pengguna didunia online semuanya sudah disediakan oleh google dan hampir semuanya gratis, salah satu yang keberadaannya benar-benar sangat bermanfaat yakni kehadiran google form sebagai sebuah tool online yang dapat memfasilitasi pengguna untuk memudahkan membuat formulir online secara gratis sekaligus mengelola data input untuk diproses lebih lanjut.

Apa Saja Yang mampu Kita buat dengan Google Form

Banyak sekali manfaat dari google form ini, salah satunya yakni membuat sebuah tampilan input dan memelihara data hasil inputnya untuk diproses lebih lanjut, berikut beberapa hal yang mampu kita buat dengan google form:

a. Membuat Form Contact Us untuk halaman contact Us Blog.

Kebanyakan blog ketika ini selalu menyediakan halaman contact us, halaman ini gunanya untuk memfasilitas pengunjung blog supaya mampu dengan mudah menghubungi pemilik blog, memberikan masukan, kritik atau pertanyaan.

Jika pengunjung ingin menghubungi si empunya blog mereka dapat menggunakan akomodasi form contact us yang sengaja disediakan di halaman contact us blog tersebut. mengisinya kemudian mengirimkannya.

Data yang dimasukan oleh pengunjung blog akan tersimpan dan akan diketahui oleh si empunya blog baik itu melalui email notifikasi yang diintegrasikan atau di baca secara manual.

Banyak sekali tool online untuk membuat contact form ini, dan ternyata google fom mampu kita gunakan untuk membuat formulir contact us kemudian diletakan pada halaman blog yang bersangkutan.

b. Membuat Formulir pendaftaran / Registrasi Online

Untuk, bidang akademisi mungkin kehadiran google form ini mampu digunakan untuk membuat formulir pendaftaran online, daripada harus mendata calon siswa gres satu persatu secara manual, alangkah baiknya membuat sebuah formulir khusus yang dapat mendapatkan masukan data calon siswa baru, kemudian di share di media umum atau di tempel di halaman oficial website sekolah, sehingga menunjukkan kesempatan kepada calon siswa gres untuk daftar secara online.

Dengan google form setiap data yang masuk tersimpan dalam format ibarat microsoft excel, mampu di download, kemudian dibuaka secara offline menggunakan ms excel sehingga akan lebih mudah untuk mengelolanya.

c. Membuat Formulir Order Untuk Toko Onlie

Untuk Situs ECommerce eksistensi google form mampu kta gunakan untuk membuat sebuah formulir khusus yang dapat digunakan untuk order barang.

Ini yang pernah saya buat sebelumnya, pada salah satu situs online saya, kebetulan saya membangun situs toko online menggunakan blog berflatform blogspot dan untuk keranjang belanja menggunakan Frame work simple cart, satu yang menjadi problem adalah, ternyata simple cart hanya menyediakan akomodasi Cehckout yang terintegrasi dengan Paypal, dan sangat sulit sekali jikalau kita menginginkan checkout dengan notifikasi ke email, namun dengan google form akibatnya permasalahan tersebut mampu teratasi, sehingga ketika pengunjung melaksanakan belanja dan checkout kemudian mengisi data order menggunakan formulir order, maka data akan tersimpan, kemudian si pemilik blog dan juga pembeli mendapatkan notifikasi order via email yang dikelola oleh google form.

Demo anda mampu lihat di salah satu situs online saya.

d. Dan form-form lainnya.

Sebenarnya  masih banyak lagi yang mampu dibuat menggunakan google form ibarat quisioner dan formulir lainnya.

Cara Membuat Formulir Online Dengan Google Form

Lantas bagaimanakan cara membuat sebuah formulir berbasis web dengan google form ?
Membuat formulir online dengan google form tidak lah terlalu sulit, syarat utamnya yakni anda harus memiliki email google.

Melalui Artikel kali ini kita akan coba bahas bagaimana membuat sebuah formulir sederhana dengan google form.

a. Akses halaman google drive anda

Silahkan susukan halaman google drive anda (drive.google.com), kemudian login dengan menggunakan email dan password gmail anda, tidak usah registrasi, alasannya yakni dengan satu email google, semua produk google mampu kita gunakan tanpa harus melaksanakan pendaftaran lagi.

b.  Aktifkan Google Forms

Untuk mengaktifkan halaman google forms, pada halaman utama google drive, tekan tombol New warna merah kemudian pilih Menu terlihat ibarat gambar dibawah ini:
Cara Membuat Formulir Online menggunakan google Form

Anda akan menuju editor form dan akan disajikan akomodasi untuk membuat form ibarat gambar dibawah ini:

google form layout


c.Buat Form Anda Sesuai dengan tampilan yang diinginkan

Untuk Contoh Kasus kita akan coba membuat formulir Contact Us Sederhana yang terdiri dari input Nama, Email dan Pesan, langkah-langkahnya yakni sebagai berikut:

Langkah #1 
pertama Membuat Judul Form, Deskripsi dan Input Nama
Masukan Judul untuk Form anda, kemudaian Deskripsi form anda dan juga buatlah komponen input untuk nama ibarat terlihat pada gambar dibawah ini:


No 1 Klik dan masukan Judul Form anda misal "CONTACT FORM".
No. 2, Klik dan Masukan Deskripsi Form Anda, misal "Input Formulir dibawah ini untuk menghubungi saya"
No. 3, Masukan Label Misal Nama Anda,
No. 4, Pilih komponen text untuk memasukan Nama,
No. 5, Centang Requered Question, Tujuannya yakni Input Untuk Nama tidak boleh dikosongkan.
No 6, Tekan tombol Done, jikalau pengaturan sudah selseai dibuat.
 

Langkah #2
Buat Juga Komponen input untuk Mengisi Email.
Untuk membuat Komponen input untuk Email, silahkan Klik Tombol Add Item letaknya di sudut bawah sebelah kiripilih text, kemudian lakukan pengaturan ibarat dibawah ini:


Keterangan:

Question Title, Silahkan Masukan Email
Question Type, Pilih Text
Advanced Setting, Silahkan Centang Data Validation, kemudaian pilih Regular Expresion, kemudian Pilih Matches, kemudian masukan regular Ekpression dibawah ini:
^([a-zA-Z0-9_\-\.]+)@((\[[0-9]{1,3}\.[0-9]{1,3}\.[0-9]{1,3}\.)|(([a-zA-Z0-9\-]+\.)+))([a-zA-Z]{2,4}|[0-9]{1,3})(\]?)$
Regular expression fungsinya yakni membatasi supaya data email yang dapat dimasukan hanya data sesuai dengan format email (harus mengandung @ dan .), jikalau format email yang dimasukan salah maka tidak mampu diterima.

ada banyak tersedia regular expression untuk email dari yang sederhana hingga yang lengkap, anda mampu cari dan pilih di internet, salah satunya ibarat pola diatas.

Jika sudah selesai silahkan tekan Tombol Done.

Langkah #3
Membuat Komponen input untuk Pesan
Silahkan tekan lagi tombol Add Item di sudut bawah Sebelah kiri, kemudian pilih Paragraph Text Seperti tampilan gambar dibawah ini:


Membuat Paragraph text pada google form

Pada Tampilan Paragrap text, kemudian atur sepert gambar dibawah ini:

Keterangan:

Question Title, Silahkan Masukan Pesan Anda
Question Type, Pilih Paragraph text
Advanced Setting, Silahkan Centang Data Validation, kemudaian pilih Maximum Character Count, kemudian masukan 140, kemudian Masukan juga goresan pena "Pesan tidak boleh lebih dari 140 karakter,

Ini tujuannya yakni membatasi pesan supaya tidak lebih dari 140 karakter, jikalau lebih maka akan ditampilan pesan "Pesan tidak boleh lebih dari 140 karakter" silahkan Anda sesuaikan sesuai keinginan.

Jika Sudah tekan tombol Done untuk Mengakhiri.

Langkah #4
Setting Pengaturan Sebelum di publish
Tampilan setelah Semuan Komponen yang dibutuhkan sudah dibuat akan terlihat ibarat gambar dibawah ini:

Cara Membuat Formulir dengan Google Docs Form

# No 1, Form Setting, terdiri dari:
  • Show progress kafe at the bottom of form pages, ceklis untuk menampilkan progress kafe dibawah form.
  • Shuffle question order, Jika di ceklis, susunan urutan input akan berbeda setiap kali halaman ditampil.
  • Only allow one response per person (requires login), Jika diceklis berarti hanya mengizinkan satu orang hanya boleh 1 kali nginput, dan harus login

# No 2, Confirmation Page, atau Halaman Konfirmasi
Halaman konfirmasi yakni halaman yang muncul setiap kali input selesai di simpan, tampilannya mampu diadaptasi dan diatur dengan pilihan-pilihan yang tersedia sebagai berikut:
  • Pesan Konfirmasi, misal mampu diisi " Terima kasih Pesan Anda sudah berhasil disimpan"
  • Show link to submit another response, jikalau di ceklis maka akan muncul link untuk kembali ke halaman formulir input.
  • Publish and show a public link to form results, Jika di ceklis berarti kita mengizinkan Forulir Input mampu diakses secara publik, anda mampu share link formulir di media sosial, sehingga setiap orang mampu mengakses dan menjadi responder untuk ikut memasukan data.
  •  Allow responders to edit responses after submitting, Mengijinkan rsponder untuk mengedit data yang sudah mereka input.

Lagkah #5
Selesaikan Membuat Form untuk mendapatkan link share, silahkan tekan tombol Send Form, akan menuju tampilan ibarat gambar dibawah ini:

Jika anda menginginkan Form ingin disebar misalnya di facebook dan sosial media lainnya, maka silahkan copy link untuk share  kemudian tekan Tombol Done,

Akan muncul tampilan Seperti gambar dibawah ini:

new spreadsheet

Fasilitas ini membantu berbagi spreadsheet sebagai media untuk menyimpan data, data yang diinpun melalui form akan tersimpan di spreadsheet yang kita buat.

Silahkan pilih new Spreadsheet, kemudian masukan nama spreadsheet data, misal Data Respondes, kemudian silahkan ceklis Always create a new Spreadsheet. dan tekan tombol create.


Cara Melihat Hasilnya

Untuk melihat hasilnya anda mampu copykan kemudian susukan link untuk share ibarat pada langkah #5 diatas,

atau pada tampilan editor form, silahkan anda klik send form, kemudian kopikan link share ibarat pada langkah #5 diatas.

panduan membuat formulir online dengan google form


kemudian pada browser anda, silahkan anda paste link tersebut pada address kafe browser anda lalu tekan enter.

Untuk melihat formulir yang sudah saya buat, anda mampu klik link ini.

Tampilannya kurang lebih ibarat gambar dibawah ini:

tampilan formulir google form drive


Demikian artikel tentang  Panduan Membuat Formulir Online dengan Google Form : Lengkap, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment